Jangan Panik! Jika Cedera Lutut, Lakukan ini Biar Cepat Sembuh

Pernahkah Anda merasakan cedera lutut saat melakukan aktivitas, entah itu cedera ringan atau cedera berat, tentu sangat tidak nyaman bukan? Bahkan Anda akan merasa kesulitan untuk beraktivitas kembali, karena rasa sakit dan nyeri yang muncul.

Biasanya cedera lutut ini akan terjadi, ketika aktivitas yang dilakukan sangat berat. Misalnya saja, mengangkat beban atau saat melakukan olahraga berat seperti Anterior Cruiciate Ligament atau disebut ACL. Umumnya cedera lutut ini selalu terjadi pada bagian ligament, tulang keras, maupun tulang rawan. Jika diabaikan dalam waktu yang lama, kemungkinan besar akan menimbulkan masalah yang serius di kemudian hari.

Jika Anda, saudara, teman atau lainnya mengalami cedera lutut, jangan panik. Berikut ini Cermati.com memberikan ulasan dari berbagai sumber mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan agar cedera lutut bisa ditangani dengan baik dan bisa cepat sembuh. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Dampak Cedera Lutut

lutut
Dampak cedera lutut

Cedera lutut akan langsung menunjukkan dampaknya hanya selang beberapa menit saja. Lutut yang cedera akan mulai membengkak, nyeri, dan berwarna merah di daerah yang cedera. Adanya kondisi seperti itu adalah efek dari jaringan urat atau saraf yang terjepit, adanya keretakan maupun pergeseran tulang dari tempat asalnya, atau bisa juga karena robeknya urat yang berada di lutut. Semua ini bisa Anda ketahui setelah melakukan pemeriksaan dokter. 

Akibat yang paling sering terjadi dari cedera lutut antaranya mati rasa atau kebas pada bagian tungkai, merasakan dingin, lemah, merah, kesemutan, dan pucat pada kaki bawah. Sebagian bahkan ada yang merasakan kebas dan panas. Oleh sebab itu, hindari melakukan aktivitas berat yang bertumpu pada lutut. Benturan yang terjadi secara mendadak juga bisa mengakibatkan cedera lutut akut.

Melakukan olahraga dengan tidak berhati-hati juga bisa memperburuk keadaan Anda.  Jika berolahraga sebaiknya gunakan pelindung lutut atau decker agar lutut aman.

Ada beberapa jenis cedera lutut yang paling sering dialami oleh masyarakat, antaranya seperti keseleo, ketegangan pada otot lutut, bursitis, dislokasi atau pergeseran tempurung lutut serta nadi, kerusakan meniscus, dan juga fraktur lutut.

Baca Juga: Agar Biaya Pengobatan Tidak Membesar, Lakukan Hal Ini

Tindakan Jika Cedera Lutut Ringan

kompres lutut
Tindakan jika cedera lutut ringan

Jika sudah terlanjur terkena cedera lutut ringan, sebaiknya segera lakukan beberapa tindakan berikut ini, di antaranya: 

  1. Hentikan semua aktivitas meskipun hanya aktivitas ringan seperti berjalan pelan. Ini akan tetap memperparah cedera lutut.
  2. Sebaiknya segera kompres menggunakan air es selama lebih kurang 15 menit setiap dua jam sekali. Ini bertujuan mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi di sekitar area cedera. Serta menghentikan pendarahan internal yang kemungkinan terjadi.
  3. Jika terdapat luka yang terbuka segera bersihkan dan perban dengan baik. Agar kuman dan bakteri tidak dapat masuk ke dalam luka.
  4. Hindari memberikan kompres atau air hangat pada bagian yang cedera. Ini akan memperparah pendarahan yang terjadi. Balsem atau krim panas lainnya juga tidak dianjurkan dalam menangani cedera lutut.
  5. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol hingga cedera lutut sembuh total. Ini bisa mengakibatkan pembengkakan dan pendarahan yang cukup serius.
  6. Hindari melakukan pemijatan terutama di bagian lutut yang mengalami cedera. Pemijatan hanya akan memperparah cedera lutut karena bisa menyebabkan pendarahan.
  7. Sebaiknya berbaring dan istirahatlah tanpa melakukan aktivitas apapun ini akan mengurangi rasa nyeri akibat sendi yang terluka.
  8. Segera cek ke dokter jika rasa nyeri lutut semakin muncul secara berlebihan.

Baca Juga: Kenapa Olahraga di Gym Itu Menguntungkan? Ini Jawabannya

Tindakan Jika Cedera Lutut Berat

operasi lutut
Tindakan jika cedera lutut berat

Jika cedera lutut merupakan cedera lutut  yang tergolong berat atau parah, ada kemungkinan Anda harus menjalani beberapa perawatan seperti di bawah ini:

1. Operasi Arthroskopi

Operasi ini diberikan untuk Anda yang mengalami cedera tulang rawan. Sama seperti operasi lainnya, dokter akan membuat sayatan kecil di bagian lutut, kemudian memasukkan beberapa alat operasi melalui sayatan tersebut. Tidak perlu kawatir karena selama proses operasi, Anda akan diberi obat bius sehingga Anda tidak akan merasa sakit.

2. Operasi Terbuka

Operasi ini untuk cedera lutut yang cukup parah, sehingga dokter perlu membuka daerah yang cedera secara menyeluruh. Ini dilakukan agar perbaikan lutut bisa lebih optimal. Contohnya seperti lutut yang remuk akibat tertimpa benda berat, terjadi kecelakan dan lain-lain.

3. Fisioterapi

Fisioterapi biasa dilakukan setelah masa operasi dan menuju masa penyembuhan. Biasanya terapi ini dilakukan setiap hari dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan lutut dalam berjalan serta  mengurangi rasa sakit sedikit demi sedikit akibat cedera tersebut.

4. Pembuangan Cairan

Jika cedera lutut mengalami pembengkakan yang cukup parah atau terdapat cairan di dalamnya, Anda harus segera mengeluarkan cairan tersebut. Biasanya dokter akan menggunakan jarum yang cukup besar untuk menyedot habis cairan tersebut. Setelah cairan dikeluarkan, Anda akan merasa lebih nyaman karena lutut bisa digerakkan kembali setelah melewati masa penyembuhan. 

Kenali Penyebabnya dan Lakukan Tindakan yang Tepat

Meremehkan ragam kegiatan tentunya hanya akan menimbulkan cedera pada tubuh karena kurangnya kehati-hatian, misalnya saja pada lutut. Maka dari itu, sangat dianjurkan, bagi siapapun baik anak hingga kalangan dewasa sebaiknya lakukan setiap aktivitasnya dengan hati-hati. Selalu memperhatikan keselamatan, menggunakan pelindung lutut dan siku jika mengendarai sepeda dan melakukan olahraga ringan tetapi rutin atau berat. Apabila sudah terlanjur mengalami cedera lutut maka segera kenali penyebabnya dan lakukan tindakan medis yang tepat untuk mengurangi rasa sakit hingga sembuh total.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Cepat Sembuhkan Luka