Kartu Kredit dan 7 Manfaatnya bagi para Single Mom!

Bagi seorang single mom, mengurus masalah rumah tangga sendirian tentunya bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika si kecil masih balita, tentu ada banyak sekali kebutuhan yang harus dibeli. Belum lagi, kamu juga harus menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendadak.

Nah, memiliki kartu kredit bisa jadi sangat membantu, lho. Terutama di saat-saat yang mendesak, dan tentu ada banyak sekali keuntungan lainnya asalkan dimanfaatkan dengan benar. Berikut ini ada beberapa manfaat memiliki kartu kredit untuk para single mom!

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manfaat Memiliki Kartu Kredit untuk Single Mom

loader

Single Mom

  1. Ubah Transaksi Menjadi Cicilan

    Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari kartu kredit yakni bisa mengubah transaksi menjadi cicilan. Tentunya, hal ini akan membuat proses manajemen keuangan keluarga jadi lebih mudah. 

    Kamu bisa mengubah pengeluaran untuk membeli suatu barang atau membayar tagihan menjadi pengeluaran tetap yang dibayar bulanan. Contoh gampangnya nih, kamu ingin membeli kulkas baru seharga Rp2.500.000. 

    Tanpa kartu kredit, kamu harus mengeluarkan dana untuk pembelian kulkas tersebut secara tunai senilai Rp2.500.000. Dengan kartu kredit, transaksi tersebut bisa dialihkan dan diubah menjadi cicilan, 3, 6, atau 12 bulan.

    Dengan begitu arus kas tetap terjaga sehingga kondisi keuangan tetap stabil, kebutuhan lainnya juga tetap bisa terpenuhi. Jika ada pengeluaran-pengeluaran harian, misal beli makanan di restoran atau supermarket, juga bisa menggunakan kartu kredit alih-alih bayar cash.

    Semua pengeluaran tersebut akan terakumulasi jadi satu dan bisa dibayar setelah tanggal cetak tagihan atau maksimal pada saat tanggal jatuh tempo. Dengan catatan yang lengkap, tentunya hal ini akan semakin mempermudah proses tracking pengeluaran.

  2. Bisa Tarik Tunai

    Keuntungan bagi single mom selanjutnya dalam penggunaan kartu kredit adalah memungkinkan transaksi tarik tunai. Hal ini bisa dilakukan jika sewaktu-waktu butuh uang sementara tanggal gajian masih lama atau belum terima pembayaran dari klien.

    Hal ini tentunya akan menjadi penolong di kondisi-kondisi yang darurat atau saat sedang butuh uang cepat.

  3. Dapat Banyak Promo

    Untuk menarik minat nasabah baru, bank penerbit biasanya akan memberikan banyak promo khusus dengan berbagai benefit menarik. Salah satunya adalah cicilan 0%.

    Cicilan 0% ini tentunya sangat menggiurkan mengingat akan semakin memperingan kondisi keuanganmu. Tapi ingat ya, untuk promo ini biasanya memiliki tenor terbatas misalnya 3 atau 6 bulan.

    Selain promo cicilan 0%, masih ada banyak lagi promo lain yang bisa dimanfaatkan, lho. Misalnya saja, promo cashback, reward poin, voucher khusus, hingga diskon. Sebab itulah para single mom yang kerap melakukan transaksi wajib punya credit card ini.

  4. Membantu Mengontrol Pengeluaran

    Kartu kredit dapat membantu single mom mengontrol pengeluaran dengan lebih baik. Dengan adanya fitur rincian pengeluaran pada tagihan kartu kredit, single mom dapat memantau dan mengontrol pengeluaran dengan lebih efektif.

    Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit, kamu dapat melacak pengeluaran dan mengetahui di mana saja uangnya digunakan. Dari catatan ini, coba lakukan evaluasi kira-kira pengeluaran manakah yang sebenarnya bisa diminimalisir supaya lebih hemat.

  5. Meningkatkan Skor Kredit

    Buat para single mom yang ingin mengajukan pinjaman lainnya yang plafonnya lebih besar seperti KPR, KTA, dan sejenisnya, credit score tentunya akan jadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. 

    Bank tidak akan menyetujui pinjaman yang diajukan jika skor kreditmu buruk. Sebaliknya pengajuan pinjaman akan lebih mudah disetujui jika skor kreditmu bagus.

    Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan skor kredit seorang single mom adalah dengan menggunakan credit card. Pastikan untuk sering-sering menggunakan credit card tersebut dan membayarnya tepat waktu.

    Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

    Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

  6. Mempermudah Proses Pembayaran untuk Belanja Secara Online

    Selanjutnya, untuk single mom yang suka berbelanja secara online, pastikan sudah punya credit card ya. Kartu kredit ini akan sangat mempermudah pembayaran untuk transaksi online. Sebagai seorang single mom yang sibuk dengan pekerjaan dan anak-anak, kemudahan transaksi online bisa sangat berguna. Dengan menggunakan kartu kredit, pembayaran tagihan atau pembelian barang secara online bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

    Kamu tak perlu lagi bolak-balik top up saldo e-wallet atau e-commerce secara online atau menggunakan sistem COD. Semuanya bisa jadi lebih praktis dan simple dengan adanya credit card.

  7. Jadi Modal Usaha Tambahan

    Bagi single mom yang butuh modal tambahan untuk usaha tapi tak ingin mengajukan kredit baru, coba deh gunakan kartu kredit. Tentunya jumlah modal yang didapatkan akan terbatas tergantung dari limit masing-masing kartu kredit, tapi cara ini terbilang ampuh karena prosesnya cepat dan tidak perlu membuka “lubang” lagi.

Baca Juga: 7 Tips Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Cerdas Agar Dapat Cashback

Optimalkan Manfaatnya agar Sesuai dengan Kebutuhan

Itulah beberapa manfaat credit card bagi single mom yang bisa jadi sangat membantu di saat-saat darurat, terutama ketika tanggal gajian masih lama atau fee dari klien belum turun.

Tapi, penggunaan kartu kredit juga harus dilakukan dengan bijak. Mengingat ini adalah pinjaman yang harus dilunasi di kemudian hari. Pastikan penggunaan kartu kredit selalu sesuai dengan kemampuan finansial dan bayar tagihannya tepat waktu.

Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu hanya karena adanya program cashback atau diskon, tapi barang yang dibeli tak sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan kartu kredit dengan bijak, seorang single mom bisa memperoleh manfaat tambahan dan mengatasi kebutuhan finansial sehari-hari dengan lebih mudah.

Baca Juga: Tips Menggunakan Kartu Kredit Ala Orang Kaya