5 Kebutuhan Bulan Puasa yang Perlu Dipersiapkan di Rumah

Selain mempersiapkan mental dan fisik, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan selama bulan puasa nanti dengan baik. Hal ini penting, terutama untuk kamu yang senang memasak dan mempersiapkan menu sahur serta berbuka sendiri di rumah. Tidak perlu berlebihan, lengkapi bahan makanan  untuk kebutuhan satu atau dua minggu saja terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa kebutuhan penting yang perlu kamu persiapkan untuk menyambut bulan puasa:

1. Sembako

loader

Sembako merupakan kebutuhan pertama yang perlu dipersiapkan untuk menjelang bulan puasa nanti. Mulailah berbelanja berbagai kebutuhan pokok ini, agar stok makanan selama menjalankan puasa bisa terpenuhi dengan baik. Ada beberapa bahan makanan yang perlu dibeli, seperti: beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, dan yang lainnya. 

Jika senang menyiapkan takjil sendiri, beli juga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, seperti sirup dan yang lainnya. Jangan lupa menjaga kebutuhan protein selama bulan puasa, belilah daging, ikan segar dan juga telur.

Bahan makanan seperti daging maupun ikan segar bisa disimpan di dalam freezer terlebih dahulu sebelum digunakan. Siapkan stok sembako ini dalam jumlah yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

Baca Juga:  7 Trik Lawan Lapar saat Puasa

2. Buah dan Sayuran Segar

loader

Tubuh rentan mengalami perubahan metabolisme selama menjalani puasa. Resiko dehidrasi dan juga kulit kering merupakan kondisi yang lazim terjadi. Selain itu, kekurangan cairan dan serat juga bisa membuat pencernaan menjadi tidak lancar, termasuk mengalami resiko sembelit. Pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan vitamin dan juga serat baik dari makanan yang dikonsumsi. 

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga sangat dianjurkan selama menjalankan puasa. Beli buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan serat baik untuk tubuh, seperti: brokoli, kentang, sawi, jamur, semangka, mangga, alpukat, kurma dan yang lainnya. Konsumsi buah dan sayuran ini dalam jumlah yang cukup setiap kali sahur dan berbuka, sehingga daya tahan dan kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik selama menjalankan ibadah puasa.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Vitamin

loader

Pada dasarnya, tubuh sudah bisa mendapatkan beragam vitamin dan juga nutrisi baik dari buah serta sayuran, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan lebih ekstra. Selain mengkonsumsi sayuran dan buah, mengkonsumsi vitamin atau suplemen bisa menjadi langkah cerdas untuk menjaga sistem imun.

Pilihlah vitamin yang sesuai dengan kebutuhan, agar kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis vitamin ini dengan kondisi kesehatan tubuhmu. Hal ini penting, untuk memastikan vitamin tersebut tidak memiliki efek samping atau bahkan hal lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Aneka Camilan

loader

Menikmati camilan atau takjil merupakan hal yang biasa dilakukan saat berbuka puasa. Kebanyakan orang biasanya lebih senang dengan  camilan manis, seperti kue-kue basah maupun gorengan. Kolak pisang dan juga es buah termasuk camilan wajib yang paling banyak diminati saat berbuka puasa. Jika kamu senang membuat takjil sendiri di rumah, maka jangan lupa untuk membeli bahan-bahannya.

Selain takjil, beragam cemilan yang awet dan kering juga banyak nikmati selama bulan puasa seperti aneka keripik dan kerupuk. Beli camilan yang awet seperti ini untuk dinikmati selama bulan puasa nanti. Beberapa jenis camilan kering seperti ini juga bisa dijadikan sebagai lauk tambahan saat makan sahur atau berbuka puasa.

Baca Juga:  Bikin Sendiri Lebih Sehat, Ini 6 Resep Takjil Buka Puasa yang Manis dan Gurih

5. Makanan Instan yang Mudah Disajikan

loader

Siapkan juga berbagai jenis makanan instan untuk menjelang bulan puasa nanti. Ada banyak jenis makanan instan yang bisa dijadikan pilihan, seperti: bakso, nugget, mie instan, sarden, dan yang lainnya. Pilih makanan instan yang tepat dan tentunya kamu sukai, agar kelak stok makanan ini tidak mubazir atau terbuang dengan percuma.

Makanan instan seperti ini biasanya mudah disajikan dan tidak membutuhkan proses memasak yang panjang. Ini akan jadi pilihan yang tepat, jika sewaktu-waktu kamu terlambat bangun sahur atau bahkan sedang malas untuk memasak. Selain itu, makanan instan seperti ini juga cukup bisa diandalkan ketika kamu hanya memiliki budget terbatas untuk makan. 

Siapkan Kebutuhan Puasa dengan Baik

Membuat persediaan bahan makanan untuk menjelang bulan Ramadan merupakan langkah penting yang perlu kamu lakukan dalam waktu dekat ini. Buatlah daftar bahan makanan apa saja yang sekiranya dibutuhkan dan cocok dikonsumsi selama bulan puasa nanti. Penuhi semua kebutuhan bahan makananmu dengan baik, agar puasa nanti bisa berjalan dengan lebih nyaman dan lancar.

Baca Juga: Tantangan Umum di Bulan Ramadan dan Cara Menyelesaikannya