Dari Casting Jadi Aktor Hingga Sukses dengan BTS, Begini Kisah Sukses Kim Seok Jin

Sebagai bagian dari BTS yang menjadi idol nomor satu Korea Selatan, nama Jin alias Kim Seok-Jin telah memiliki banyak fans setia. Jin merupakan salah satu member BTS yang tak hanya menjadi visual, tapi juga vokalis dalam grup tersebut.

BangTan Boys alias BTS sendiri telah menorehkan nama besar mereka sejak tahun 2013. Sampai sekarang, Kim Seok Jin masih aktif bersama keenam member lainnya, yaitu Suga, V, RM, Jimin, Jungkook, dan J-Hope.

Bersama BTS, Jin telah mencetak banyak prestasi yang membanggakan di sepanjang sejarah perindustrian K-Pop. Mereka menjadi musisi Negeri Ginseng pertama yang tampil di sejumlah ajang musik bergengsi Amerika. Pada tahun 2020, konon total kekayaannya telah mencapai angka 20 juta Dollar AS atau sekitar Rp283 miliar.

Baca juga: Kisah Sukses RM BTS, Pernah Gagal Audisi Hingga Jadi Leader

Cita-Cita Menjadi Aktor

View this post on Instagram

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Sebelum akhirnya meraih sukses global bersama BTS, tak banyak yang tahu bahwa Kim Seok Jin sempat mengikuti sejumlah casting untuk menjadi aktor. Namun rupanya, ia mendapat undangan untuk turut serta dalam salah satu audisi yang diselenggarakan Big Hit Entertainment.

Sejak saat itu, Jin yang lahir di Anyang, Gyeonggi pada tanggal 4 Desember 1992 tak lagi melanjutkan pelajaran aktingnya. Sebaliknya, ia lalu menjadi trainee mulai tahun 2012. Setelah mendapatkan pelatihan, ia debut bersama BTS pada 2013.

Sukses Bersama BTS

View this post on Instagram

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Secara keseluruhan, BTS bersama Jin, mereka telah menelurkan rangkaian karya hebat sejak rilisnya "Dark & Wild" (2014). Karya debut ini tak hanya berhasil menduduki posisi kedua di chart Korea, tapi juga menjadi nomor 3 di chart Amerika.

Di tahun 2016, mereka kembali mengeluarkan "Wings". Album ini saat itu berhasil menjadi hits dan merajai puncak tangga lagu Korea, Amerika, serta meraih sukses global dengan masifnya.

Kemudian, mereka kembali meluncurkan "Love Yourself: Tear" (2018) yang meraih puncak chart Korea serta Billboard 200. Merajai tangga lagu dunia dan Amerika, album ini menempati posisi tiga besar di Jepang dan Kanada. Album ini juga menjadi Top 10 di sejumlah negara lainnya.

Pada Februari 2020, "Map of the Soul: 7" resmi dirilis. Adapun memasuki November 2020 ini, BTS kembali meluncurkan "Be" yang disambut meriah oleh Army.

Khusus untuk industri musik Jepang, mereka merilis album "Wake Up" di tahun 2014 yang meraih nomor tiga di chart Negeri Sakura. Dua tahun setelahnya, "Youth" kembali diluncurkan ke pasaran dan menempati posisi puncak di sana.

Di tahun 2018, "Face Yourself" eksis dan menjajal pasaran Jepang. Album tersebut menduduki posisi puncak tak hanya di Jepang tapi juga di chart Amerika dan dunia. Hingga kemudian "Map of the Soul: 7 – The Journey" juga ikut dirilis di Jepang.

Berbagai single andalan BTS termasuk "Blood Sweat & Tears", "Fire", "Chi Ase Namida", "Spring Day", "DNA", "Not Today", "For You", dan "Fake Love" selalu menjadi favorit para penggemar yang tersebar di berbagai negara. 

Punya Warna Vokal yang Khas

View this post on Instagram

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Sebagai salah satu vokalis andalan, Jin yang dijuluki Mr. Worldwide Handsome (WWH) karena ketampanannya ini dikenal dengan suaranya yang khas. Tak hanya jago bernyanyi, warna vokalnya pun terdengar lembut. Konon, itulah sebabnya sang Fake Maknae ini ditunjuk untuk menjadi salah satu vokalis.

Selain andal dalam tarik suara, faktanya Jin yang dikenal dengan kerja kerasnya ini juga sering mendapat tawaran untuk berakting. Pria tersebut pun makin menunjukkan kualitasnya.

Tak hanya mengasah kemampuannya dalam bernyanyi, ia juga mempertajam keahlian bermusiknya. Makin sering melatih olah vokalnya, suara Jin berkembang pesat dan terdengar kian menawan. Hal ini terbukti melalui performa solonya di lagu "Epiphany" dan "Abyss".

Cetak Rangkaian Prestasi Membanggakan

View this post on Instagram

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Bersama BTS, Jin meraih banyak prestasi. Single terbaru Bangtan Boys yang berjudul Yet To Come menjadi hiburan dan pelipur lara bagi para Army. Selain single ini, Jin bersama BTS juga menghasilkan prestasi ketika meluncurkan single pertama yang full English, yaitu Dynamite.

Di hari pertama rilis, Dynamite menjadi stream paling besar dan mencapai angka pemutaran hingga 7,78 juta di Spotify. Saking istimewanya, video musik Dynamite juga berhasil pecahkan rekor dan membius penonton paling banyak di hari pertama rilis. Video klip tersebut telah ditonton lebih dari 100 juta kali hanya dalam kurun waktu 24 jam.

Selain tampil dalam acara AMA (American Music Awards) 2020, BTS juga masuk nominasi "Favorite Social Artist" serta "Favorite Duo/ Group-Pop/Rock". Selain itu, BTS menjadi satu-satunya pemusik Korea Selatan yang merajai posisi #1 tangga lagu The Hot Chart Billboard 100, Billboard Artist 100, serta Billboard 200. Dengan demikian, Jin dan BTS menjadi satu-satunya musisi dari Asia yang berhasil menempati puncak Billboard Hot 100. 

Kedahsyatan mereka tak hanya berhenti sampai di situ. Keempat album BTS rupanya berhasil merajai tangga lagu Billboard 200. Rangkaian karya-karya epik tersebut terdiri dari Map of the Soul: 7, Love Yourself: Tear, Map of the Soul: Persona dan tak ketinggalan Love Yourself: Answer.

Selain itu, mereka menjadi pemusik Negeri Ginseng yang pertama kali tampil di empat ajang musik besar dan bergengsi. Tak hanya tampil di American Music Awards 2017. BTS tampil memukau dalam Billboard Music Awards 2018, BBMAs 2019 serta Grammy Awards 2020.

Belakangan, penampilan BTS yang menawan saat membawakan Dynamite juga memukau para fans dalam MTV Video Music Awards 2020. Menjadi sejarah tak terlupakan, Jin dan para Bangtan Boys berhasil memboyong penghargaan dari kategori Best Choreography, Best Group, Best K-Pop dan Best Pop.

Kehilangan Banyak Hal Demi Kesuksesan

View this post on Instagram

A post shared by Jin of BTS (@jin)

Jin bersama BTS telah sukses mencetak banyak rekor dan prestasi dalam sejarah permusikan Korea dan dunia. Mereka juga telah meraih popularitas tingkat masif dan sangat dicintai para fans fanatiknya, Army.

Namun rupanya, ada harga mahal lain selain kerja keras dan perjuangan tekun berlatih yang dijalaninya tahun demi tahun. Dalam penggalan film dokumenter BTS yang bertajuk Break The Silence, Jin mengaku bahagia atas kesuksesan yang telah diraihnya.

Meski begitu, ia mengungkapkan ada banyak hal yang harus menghilang dari kehidupannya. Sebagai Kim Seok Jin, tidak ada yang berubah dari dirinya. Namun, ia pun harus menjalani kehidupan barunya sebagai seorang bintang bernama Jin yang merupakan personil dari BTS.

Tak pelak, ia pun harus rela menelan pil pahit atas semua itu, termasuk kehilangan kehidupannya yang dulu hingga dijauhi para sahabatnya. Hal itu disebabkan karena para sahabatnya mulai merasa kesulitan untuk berada di dekat Jin seperti dulu. Terlepas dari semua kesedihannya itu, Jin mensyukuri bahwa sebagai gantinya, kini ia dikelilingi para fans yang selalu menjadi supporter setia bagi dirinya dan para anggota BTS yang lain.

Baca juga: Sempat Ingin Jadi Polisi, Park Jimin Malah Sukses Mendunia Bersama BTS

Kiat Sukses Ala Kim Seok Jin BTS

Seperti kisah Jin, menjalani kehidupan yang baru berarti harus rela melepaskan masa lalu. Sebuah perkataan bijak menyebutkan. Jika menginginkan kesuksesan yang belum pernah dimiliki sebelumnya, kamu harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan.

Patah tumbuh, hilang berganti. Mengosongkan gelas akan membuat kehidupan menghadiahi kamu dengan isian baru yang lebih sesuai dengan kapabilitas, kapasitas, kinerja dan relevansi pertumbuhan saat ini.