Punya Banyak Nutrisi Penting, Ini Deretan Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan

Dari kecil kamu mungkin sudah dibiasakan untuk rajin meminum susu sapi setiap hari agar tubuh senantiasa sehat. Bukan tanpa alasan, minum susu sapi memang mampu memberi banyak khasiat bagi kesehatan karena didalamnya terkandung banyak sekali nutrisi penting. Mulai dari kalsium, kalium, protein, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan banyak lagi yang lainnya merupakan sederet nutrisi yang terkandung pada susu sapi. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

15 Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan

loader

Tapi, apa saja sih sebenarnya manfaat susu sapi untuk kesehatan yang penting untuk tubuh kita? Mulai dari menguatkan tulang hingga mencerdaskan otak, yuk simak penjelasan lengkap tentang manfaat susu sapi berikut ini yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Menjadikan Tulang Lebih Kuat

Sudah umum diketahui oleh masyarakat jika kunci agar kesehatan tulang terjaga dan senantiasa kuat adalah dengan rajin minum susu sapi. Manfaat susu sapi ini memang tak perlu diragukan lagi karena dalam minuman tersebut terkandung berbagai macam mineral penting yang dibutuhkan tulang, seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Bagi yang belum tahu, ketiga nutrisi tersebut memiliki andil besar agar kepadatan tulang meningkat. 

Akan tetapi, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Cleveland Clinic, mengonsumsi susu secara berlebihan memiliki efek samping memicu tulang retak. Karenanya, tetap batasi jumlah susu sapi yang diminum sebanyak 1 gelas per hari agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. 

2. Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu sapi lainnya adalah menjadikan jantung lebih sehat dan meningkatkan kinerjanya. Asam lemak omega-3 pada minuman ini memang dikenal berkhasiat menjaga kesehatan organ vital manusia tersebut asal dikonsumsi dengan tepat. Jika terlalu banyak meminum susu sapi, efek samping yang ditimbulkan malah kadar kolesterol yang terlalu tinggi yang memicu masalah jantung. 

3. Berdampak Baik untuk Massa Otot

Selain untuk jantung, minum susu sapi berdampak baik pula pada massa otot berkat protein yang terkandung di dalamnya. Sebuah studi menjelaskan jika susu sapi dengan kadar lemak yang rendah memberi efek positif terhadap pertumbuhan massa otot pada tubuh. Bahkan, khasiat yang diberikan juga berupa pengurangan kadar lemak sehingga cocok untuk menjaga berat dan bentuk tubuh. 

4. Menekan Risiko Penyakit Kanker

Omega-3 yang terkandung di susu sapi juga memberi manfaat berupa penurunan risiko kanker. Manfaat susu sapi ini juga didukung oleh kandungan antioksidan yang kaya, misalnya beta karoten, sehingga mampu mencegah sel rusak karena radikal bebas dan menurunkan risiko kanker. 

5. Membuat Sistem Kekebalan Lebih Aktif

Manfaat susu sapi yang tak kalah menarik lainnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih kebal dari serangan bakteri dan virus. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat susu murni mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan prima. Ditambah kandungan omega-3 dan vitamin A, serta berbagai jenis antioksidan membuat manfaat susu sapi ini mampu menjadi solusi meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi dan kerusakan sel. 

6. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Beberapa dari kamu mungkin menganggap jika mengonsumsi susu kurang baik bagi pengidap diabetes. Padahal, mengacu dari penelitian di Journal of Dairy Science, dibuktikan jika meminum susu sapi setiap pagi ketika sarapan mampu memberi efek yang positif terhadap kadar gula darah. Dari penelitian tersebut dijelaskan jika manfaat susu sapi adalah menjadikan karbohidrat dicerna lebih lambat dalam tubuh dan membuat kadar gula tubuh terjaga. 

7. Menjauhkan dari Masalah Hipertensi

Jika kamu menderita hipertensi atau darah tinggi, ada baiknya biasakan diri untuk mengonsumsi susu sapi secara rutin. Pasalnya, susu sapi mengandung kalium yang berguna menjaga tekanan darah agar berada di batas normal. Kandungan kalium juga mampu meringankan tekanan di pembuluh darah dan membuat tensi darah mampu diturunkan dan dijaga. 

8. Menjadi Sumber Energi dan Membugarkan Tubuh

Sering merasa lemas atau tak bertenaga mungkin menjadi masalah yang dirasakan oleh tidak sedikit orang saat ini. Biasanya, solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan minum kopi berkafein tinggi atau minuman energi dengan kadar gula yang mengkhawatirkan. Padahal, kamu juga bisa mengatasi rasa lemas atau tak bertenaga ini dengan rutin minum susu sapi. 

Pasalnya, lemas atau kekurangan energi dalam tubuh bisa disebabkan oleh minimnya asupan magnesium. Untungnya, nutrisi tersebut terkandung pada susu sapi yang juga mampu membuat fungsi kerja otot dan saraf lebih terjaga. Di samping itu, susu juga mempunyai asam amino untuk meningkatkan stamina yang berguna saat ingin berolahraga. 

9. Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak

Manfaat susu sapi yang satu ini tentu mampu menarik perhatian banyak orang, khususnya para orang tua yang ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya. Ya, susu sapi jika dikonsumsi dengan jumlah yang pas mampu membuat fungsi otak menjadi lebih maksimal.

Tak hanya untuk anak, manfaat ini juga terbukti mampu dirasakan oleh lansia agar mampu mendorong aktivitas otaknya melalui peningkatan kadar glutathione. Bagi yang belum tahu, glutathione merupakan zat yang berperan penting untuk mencegah risiko penyakit otak, seperti Parkinson dan Alzheimer. 

10. Mampu Menjaga Kesehatan Mental

Tidak hanya memaksimalkan fungsi kerja otak, rutin minum susu sapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan menjauhkan risiko depresi. Manfaat susu sapi pada kondisi psikis ini dibuktikan melalui suatu studi di Jepang di mana hasilnya menunjukkan konsumsi susu rendah lemak serta yogurt mempunyai risiko mengalami masalah psikis dan depresi 4 kali lipat lebih rendah dibanding yang tidak. 

11. Jadi Rahasia Gigi dan Mulut yang Sehat

Khasiat ajaib lain yang diberikan oleh susu sapi adalah kemampuannya untuk menjaga mulut dan gigi agar tetap sehat. Tidak hanya dibutuhkan tulang, kandungan fosfor dan kalsium pada susu yang tinggi bisa mengembalikan mineral pada gigi yang hilang ketika mengonsumsi makanan. Ditambah lagi, enamel atau lapisan luar gigi juga bisa menjadi lebih kokok serta terlindungi dengan mengonsumsi susu sapi. 

12. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Meski jarang dipahami, tapi seng yang terkandung di susu sapi memiliki manfaat untuk membantu proses penyembuhan luka. Peran seng pada penyembuhan luka mencakup pembekuan darah sampai pembentukan jaringan sel yang baru. Sehingga, jika kamu ingin memastikan luka pada kulit bisa sembuh lebih cepat, tak ada salahnya untuk membiasakan diri rutin mengonsumsi susu sapi. 

13. Lebih Mudah Atur Berat Badan

Sempat dijelaskan sebelumnya jika susu sapi berguna untuk menambah massa otot serta menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Khasiatnya tersebut membuat minuman ini bisa menjadi cara menjaga berat tubuh yang ideal. 

Kandungan proteinnya yang tinggi juga membuat susu sapi menjadi minuman yang cocok dikonsumsi saat diet karena membuatmu kenyang lebih cepat. Yang penting, batasi jumlah konsumsinya dan pilih susu sapi rendah lemak agar mampu memaksimalkan manfaat yang satu ini. 

14. Memelihara Kondisi Kesehatan Mata

Kabar baik lain bagi kamu yang gemar mengonsumsi susu sapi ialah kesehatan mata lebih terjaga berkat manfaat kandungan omega-3 di dalamnya. Melalui sebuah penelitian, salah satu manfaat omega-3 adalah memastikan kemampuan penglihatan terjaga serta mencegah gejala peradangan mata. Selain itu, zat tersebut juga mampu meringankan masalah mata kering yang mampu membuat kesehatan mata lebih terjaga. 

15. Solusi Membuat Kulit Awet Muda

Manfaat susu sapi terakhir yang tak kalah menarik untuk kamu ketahui adalah membuat kulit lebih segar dan tampak awet muda. Khasiat susu sapi ini berasal dari kandungan protein dan asam amino yang mampu merangsang produksi kolagen pada tubuh. Kolagen ini yang membuat kulit menjadi lebih segar, sehat, dan terlihat bercahaya. 

Imbangi Manfaat Susu Sapi dengan Makan Sehat dan Rajin Olahraga

Menjadi penyempurna konsumsi harian manusia, tidak mengherankan jika ada segudang manfaat susu sapi yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya setiap hari. Walaupun begitu, agar khasiatnya bagi tubuh menjadi lebih maksimal, imbangi konsumsi susu ini dengan makanan sehat lain dan rajin berolahraga. Nah, setelah memahami penjelasan di atas, semoga kamu menjadi lebih gemar minum susu sapi setiap hari dan mendapatkan sederet manfaatnya untuk kesehatan, ya!