Mengapa NPWP Penting Saat Mengajukan Kredit ke Bank?

Mungkin Anda pernah mendengar pengajuan kredit ke bank rekan Anda ditolak. Lalu, apa sih permasalahannya? Ada banyak banyak faktor tentunya yang membuat pengajuan kredit ke bank itu ditolak. Salah satunya yang paling sederhana namun terkadang tidak disadari, yakni kepemilikan NPWP (Nomot Pokok Wajib Pajak).

Kendati status orang tersebut bersih alias tidak masuk dalam kategori blacklist di BI checking, namun hanya karena tidak memiliki NPWP, tetap saja pengajuan pinjaman ke bank gagal juga. Untuk itu, penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan agar upaya Anda untuk mengajukan kredit di bank tidak ada kendala.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pentingnya Seseorang Punya NPWP

Butuh Uang
Jika mengajukan pinjaman ke bank, NPWP wajib dilampirkan

Mungkin sebagian orang menanyakan kenapa NPWP ini begitu penting? Yup, keberadaan NPWP bagi setiap orang khususnya yang sudah memiliki penghasilan sendiri ini sangat penting. Sebab, hal ini terkait dengan kepatuhan seseorang terhadap kewajibannya membayar pajak.

Sebagai individu yang taat pajak, status tersebut bisa dibuktikan dengan kepemilikan NPWP di tangan. Bisa dibilang, keberadaan NPWP tak beda dengan kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Bila Anda tidak memiliki KTP, maka dalam mengurus segala sesuatunya juga tidak akan bisa berjalan lancar dan memperoleh apa yang dibutuhkan.

Sebab, semua administrasi di sebuah institusi nyaris selalu dibutuhkan adanya yang namanya identitas diri tersebut. Dengan KTP, maka informasi yang diperlukan mengenai diri Anda bisa diketahui. Hal ini tak ubahnya dengan NPWP, yang keberadaannya juga diperlukan sebagai cerminan dari diri bahwa Anda adalah warga negara yang baik.

Satu hal lagi, kewajiban memiliki NPWP dan membayar pajak juga telah diatur dalam UU No.28/2007 Pasal 39 Ayat 1, bahwa untuk warga negara Indonesia yang tidak membayar pajak akan dikenakan paling sedikit penjara 6 bulan dan paling lama 6 tahun. Selain itu, juga ada penerapan denda paling sedikit hingga dua kali lipat bagi mereka yang belum membayar kewajibannya tersebut.

Bicara mengenai pentingnya NPWP, bukan hanya berurusan dengan pihak perbankan, tapi wajib memiliki NPWP juga sebagai syarat untuk mengajukan berbagai dokumen yang dibutuhkan seperti pembuatan paspor, dan sebagainya. Apalagi bila Anda butuh dana cepat dari bank, syaratnya pasti melampirkan NPWP.

Baca Juga: Kredit Multiguna atau Kredit Renovasi Rumah, Mana yang Anda Pilih?

Lalu, Apa Kaitannya NPWP dengan Bank?

Bank
Bank selalu mensyaratkan kepemilikan NPWP pada calon nasabah yang mengajukan kredit

Ya, antara kepemilikan NPWP dengan administrasi perbankan tentunya sangat berkaitan erat. Karena hal ini sebagai salah satu acuan juga apakah sebagai individu, Anda bisa memenuhi tanggung jawab dan kewajiban dengan baik dan benar.

Gambaran sederhananya adalah tanpa dengan memiliki NPWP, maka pihak bank juga akan melihat seperti apa sosok pribadi Anda. Jika NPWP saja tidak punya, bagaimana bank percaya akan kemampuan Anda untuk membayar tagihan kredit nantinya?

Selain itu, kewajiban melampirkan NPWP juga sebagai bentuk kepatuhan perbankan yang telah diatur oleh pemerintah. Artinya, bila bank meloloskan berbagai urusan dengan nasabah yang tidak memiliki NPWP, maka bank tersebut juga menyalahi aturan yang ada. Tentu, bank juga tidak mau mengambil risiko yang sebenarnya bisa dihindari.

Ketahui Apa Saja yang Dipertimbangkan Credit Analyst

  Credit Analyst
Ilustrasi Credit Analyst

Setiap pengajuan kredit yang masuk dari dari calon nasabah, semua dokumen dan data pasti akan masuk ke bagian kredit Analis Kredit terlebih dahulu, hingga akhirnya kredit Anda bakal disetujui atau justru ditolak.

Dalam tugasnya, seorang Analis Kredit akan menganalisa permohonan pinjaman Anda dari persyaratan umum, persyaratan khusus, hingga prospek pengembangan uang tersebut akan dipakai untuk apa. Pada prinsipnya, seorang Analis Kredit memiliki tugas dalam memilih calon nasabah yang sekiranya tidak akan merepotkan Lembaga Bank tersebut. Artinya, kedua belah pihak, bank dan calon nasabah, sama-sama diuntungkan.

Biasanya pihak analis akan langsung menyetujui apabila dana yang calon debitur itu digunakan untuk sebuah usaha yang memiliki prospek baik. Prospek baik di sini adalah sebuah usaha yang sudah terstruktur dengan jelas perencanaannya.

Selanjutnya adalah perihal pembayaran. Seorang Analis Kredit juga menganalisa kemampuan pembayaran calon nasabah tersebut. Calon nasabah harus bisa dipastikan mampu membayar dengan lancar cicilan setiap bulannya hingga lunas.

Nah, dari semua itu, yang pertama jadi pertimbangan Analis Kredit untuk menilai atau meloloskan pengajuan pinjaman adalah dari segi kelengkapan dokuman. Kelengkapan dokumen ini tak lain adalah KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit

Jangan Enggan, Membuat NPWP itu Mudah kok!

NPWP
Buatlah NPWP sebelum Anda membutuhkan suatu saat nanti

Beberapa orang yang tidak memiliki NPWP mengaku bahwa mereka terlalu sibuk untuk pergi ke kantor pelayan pajak, selain itu juga karena proses pembuatannya yang terbilang sulit dan rumit. Faktanya, dengan kemajuan teknologi, kini sebenarnya tidak ada lagi alasan itu.

Sebab, pembuatan NPWP sekarang terbilang mudah. Anda bisa membuat NPWP secara online. Artinya, Anda tidak perlu susah-susah dan meluangkan waktu pergi ke kantor pajak hanya untuk membuat NPWP.

Berikut cara membuat NPWP:

  • Buka situs resmi pajak di https://ereg.pajak.go.id/login
  • Pilih atau klik ‘daftar’
  • Ketik alamat email Anda dan ikuti langkah selanjutnya
  • Pilih KKP terdekat dengan domosili Anda
  • Unggah KTP atau SIM/kartu identitas lain
  • Tunggu email konfirmasi yang dikirim ke Anda
  • Pihak Kantor Pajak akan mengirimkan nomor token
  • Masukkan token tersebut pada kolom yang tersedia di situs resmi pajak tersebut
  • Setelah berhasil, aka nada pemberitahuan bahwa NPWP Anda sedang dalam proses dan akan segera dikirimkan
  • Tunggu pengiriman nomor NPWP Anda dalam waktu paling lama 2 minggu

Miliki NPWP Agar Urusan dengan Perbankan Lancar

Dengan penjelasan di atas, maka tidak diragukan lagi betapa pentingnya memiliki NPWP. Lebih baik persiapkan dari sekarang untuk punya NPWP agar urusan Anda dengan bank sewaktu-waktu bila dibutuhkan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jadi, pentingnya memiliki NPWP tidak hanya saat berurusan dengan pihak bank saja, tapi juga sebagai bukti bahwa Anda sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Baca Juga: NPWP Hilang, Ini Cara Mudah Mengurusnya!