Miliki Disiplin Kerja dengan 5 Strategi Ini

Ada banyak hal yang akan mempengaruhi pencapaian Anda dalam kesuksesan, salah satunya adalah sikap disiplin dalam bekerja. Sikap disiplin yang Anda terapkan di dalam bekerja akan membentuk pola kerja yang teratur dan memberi dampak positif bagi hasil dan kualitas kerja Anda.

Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam menjalankan disiplin di dalam kesehariannya karena disiplin berkaitan dengan kebiasaan dan gaya hidup yang selama ini dijalankan di dalam diri masing-masing orang. Bila pada dasarnya Anda telah terbiasa disiplin di dalam keseharian Anda, maka secara otomatis Anda juga akan dengan sangat mudah menerapkannya di saat bekerja.

Namun bagi Anda yang selama ini tidak terbiasa menjalani segala sesuatunya dengan disiplin, bukan berarti Anda tidak dapat melaksanakan segala macam pekerjaan Anda dengan disiplin sejak sekarang. Anda dapat mulai menerapkan beberapa langkah di bawah ini untuk mendisiplinkan diri Anda dalam bekerja.

1. Membuat Jadwal Kerja dan Aktivitas Lainnya

Buat Jadwal Kerja dan Aktivitas Anda

Buat Jadwal Kerja dan Aktivitas Anda via wikihow.com 

 

Mulailah dengan cara menulis daftar tugas dan seluruh aktivitas keseharian Anda. Tentukan bagian-bagian yang menjadi prioritas di dalam daftar tersebut dan lakukan semuanya dengan terjadwal dan tepat waktu sehingga Anda dapat melalui hari dengan cara yang menyenangkan.

Memiliki jadwal harian akan membuat Anda lebih teratur dan mampu membagi waktu yang ada dengan sangat bijak sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan percuma. Anda perlu menerapkan aturan kerja dan aktivitas lainnya dengan baik, gunakan waktu yang ada dengan efisien sehingga pekerjaan Anda dapat selesai tepat waktu.

Hindari untuk berhenti bekerja dengan alasan apapun di saat pekerjaan Anda masih setengah jalan. Biasakan untuk melakukan pekerjaan Anda dengan tuntas dan sesuai dengan jadwal yang telah Anda buat sebelumnya. Bila di tengah jalan Anda merasa bosan atau jenuh, maka Anda dapat beristirahat sejenak dan melanjutkan kembali pekerjaan Anda hingga selesai.

Baca Juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

2. Menentukan Target

Tentukan Target Anda

Tentukan Target Anda via bytebacklaw.com

 

Setiap pekerjaan tentu saja dilakukan untuk mencapai target tertentu bukan? Karena itu, jangan lupa untuk menentukan target kerja yang akan Anda capai, cobalah untuk menyusun strategi yang akan Anda lakukan untuk mencapai target tersebut.

Anda dapat menentukan target yang tinggi dalam pekerjaan Anda, tapi jangan lupa untuk tetap membuatnya dalam batasan yang masuk akal dan tidak mustahil untuk dicapai. Oleh karena itu, tetap sesuaikan target Anda dengan kemampuan kerja yang Anda miliki. Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan segala usaha semaksimal mungkin, capai target tersebut dengan cara bekerja keras.

3. Bertanggung Jawab

Bertanggung Jawab atas Semua Tindakan yang Diambil

Bertanggung Jawab atas Semua Tindakan yang Diambil via milindjadhav.com

 

Di dalam bekerja, tanggung jawab adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tunjukkan kedewasaan Anda dalam bekerja dengan cara bertanggung jawab terhadap segala tindakan dan perilaku Anda selama bekerja. Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang Anda lakukan dalam pekerjaan, karena itu lakukan segala sesuatunya dengan disiplin sehingga kesalahan dapat diminimalisir.

Saat Anda melakukan sebuah kesalahan di dalam bekerja, selalu ingat untuk mempertanggungjawabkan kesalahan tersebut dengan cara mengakui kesalahan, meminta maaf, dan kemudian memperbaiki semua kesalahan yang telah dilakukan.

4. Mengurangi Kebiasaan Negatif

Hindari Kebiasaan Negatif Seperti Menunda-Nunda

Hindari Kebiasaan Negatif Seperti Menunda-Nunda via incrementa.ca

 

Lakukanlah hal-hal positif dan kurangi segala bentuk kebiasaan negatif Anda dalam bekerja. Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan negatif di dalam diri mereka, salah satunya adalah kebiasaan dalam menunda-nunda pekerjaan dan bermalas-malasan di saat jam kerja masih berlangsung. Anda tentu saja tidak ingin di-cap sebagai seorang pemalas bukan? Karena itu mulailah meninggalkan kebiasaan buruk dan negatif Anda dalam bekerja.

Baca Juga: Kerja dari Rumah, Apa Saja Kelebihannya?

5. Melatih Diri

Latih Diri Anda untuk Menjadi Pribadi Disiplin

Latih Diri Anda untuk Menjadi Pribadi Disiplin via morganintl.com

 

Disiplin bukanlah sebuah hal yang mudah untuk diterapkan di dalam keseharian, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa melakukannya. Namun Anda dapat melakukannya dengan rajin melatih diri dan memiliki keinginan yang kuat dalam mengubah kebiasaan Anda selama ini.

Pada awalnya latihan ini tentu akan sangat sulit untuk dilakukan, karena itu pastikan Anda memiliki sebuah motivasi yang kuat dalam memperbaiki diri sehingga Anda dapat menerapkan disiplin dengan cara yang menyenangkan dan tidak berat.

Memberikan Manfaat yang Baik

Disiplin dalam bekerja memberikan manfaat yang sangat baik bagi diri Anda. Salah satunya adalah membuat Anda menjadi lebih produktif dan tingkat produktivitas tersebut akan memberikan dampak positif seperti atasan akan memberikan penilaian yang lebih baik terhadap kinerja Anda. Dengan begitu, karir di perusahaan tempat Anda bekerja akan menjadi semakin cerah.

Baca Juga: Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Ini Cara Memaksimalkannya