Rayakan Lebaran: Jangan Lupa Tukar Uang Baru, ini Caranya!

Membagi-bagikan uang ke sanak saudara saat perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah jadi tradisi di Tanah Air. Tak heran bila banyak orang berbondong-bondong menukarkan uang baru pecahan kecil di bank, penukaran uang yang diselenggarakan Bank Indonesia, hingga “Tukang Receh” atau jasa penukaran uang baru yang dilakukan perorangan.

Tanpa membagikan uang baru saat Lebaran, rasanya seperti kurang afdol saja. Maka, jangan sampai lupa menukarkan uang baru receh sebelum Lebaran tiba. Jika kamu berniat menukarkan uang baru dari layanan BI, perhatikan cara dan ketentuan penukaran agar penukaran uang berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Dosa Keuangan yang Bisa Bikin Kamu Melarat Usai Lebaran

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Ketahui Syarat Penukaran Uang Baru Pecahan

loader

Uang Baru 2023

Penukaran uang baru pecahan yang diselenggaran Bank Indonesia merupakan ini cukup mudah dilakukan karena prosesnya gampang dan cepat, tergantung dari jumlah antrean. Jika Antrean panjang, tentu butuh waktu lama untuk menukarkan uang.

Namun, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mencermati ketentuan dan syarat yang berlaku untuk penukaran uang baru ini. Jangan sampai sudah mengantre lama, lalu giliran antrean kamu dipanggil, tapi ternyata ditolak atau tidak bisa menukar uang baru sesuai keinginan.

Lalu, apa saja ketentuan dan syarat penukaran uang baru di BI?

  1. Siapkan kartu identitas diri (KTP).
  2. Satu identitas diri hanya berlaku satu kali penukaran uang.
  3. Siapkan uang Rp2 juta untuk menukarkan pecahan Rp20.000.
  4. Siapkan uang Rp1 juta untuk menukarkan pecahan Rp10.000.
  5. Siapkan uang Rp500 ribu untuk menukarkan pecahan Rp5.000.
  6. Siapkan uang Rp200 ribu untuk menukarkan pecahan Rp2.000.
  7. Siapkan uang Rp100 ribu untuk menukarkan pecahan Rp1.000.

Jadi, jangan sampai tidak membawa uang dalam jumlah yang sesuai dengan uang pecahan baru yang ingin didapatkan dari penukaran. Dan tak perlu khawatir, penukaran uang baru pecahan kecil ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Di Mana saja Penukaran Uang Baru Pecahan?

Bank Indonesia sendiri mengaku telah membuka 1000 titik layanan penukaran uang di seluruh Indonesia, dengan mengikutsertakan pihak perbankan maupun non perbankan, lembaga atau instansi mitra BI. Diharapkan, seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan penukaran uang baru pecahan di mana pun berada.

BI juga mengimbau masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi, baik yang diselenggarakan BI, perbankan, maupun pihak lain yang ditunjuk BI. Ini penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan dengan uang palsu.

Maka dari itu, meneliti keaslian uang juga harus dilakukan dengan cara, dilihat, diraba, dan diterawang. Untuk memudahkan mengenali keaslian uang rupiah, BI juga mengimbau agar selalu menjaga dan merawat rupiah dengan baik, seperti jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi.

Berikut tempat penukaran uang baru pecahan untuk Hari Raya Idul Fitri oleh Bank Indonesia:

  1. BNI.
  2. BNI Syariah.
  3. Bank Mandiri.
  4. Bank Mandiri Syariah.
  5. BRI.
  6. BRI Syariah.
  7. Permata Bank.
  8. Maybank.
  9. Bank Mega.
  10. CIMB Niaga.
  11. BTN.
  12. Bank BJB.
  13. Bank DKI.
  14. BCA.
  15. Pegadaian.
  16. Mobil Kas Keliling Bank Indonesia (di seluruh wilayah nusantara, termasuk di titik-titik jalur mudik, seperti rest area jalan tol).
  17. Bank Mayapada.
  18. BSI.

Penukaran uang di mobil keliling BI khusus area DKI Jakarta:

Untuk memudahkan kamu mengetahui jadwal penukaran uang baru pecahan kecil yang dilakukan BI melalui layanan mobil keliling setiap harinya, bisa memantau terus akun twitter BI di https://twitter.com/bank_indonesia

Biasanya, BI akan mengumumkan kegiatan kas kelilingnya untuk melayani masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan.

Baca Juga: Simak Tips Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Seminggu Sebelum Lebaran

Indahnya Berbagi di Hari Lebaran

Tak ada yang lebih indah bisa merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta dan bersilaturahmi dengan keluarga kerabat dan para tetangga. Berbekal uang baru pecahan kecil, tentunya akan membuat mereka, anak-anak kecil yang menerimanya juga semakin senang dan bersemangat. Semarak Hari Raya Idul Fitri semakin meriah dan indah dengan berbagi dengan keluarga, kerabat, dan sahabat, serta orang lain.

Baca Juga: 12 Jawaban Ngeles Kalau Ditanya Kapan Nikah Pas Lebaran, Kamu Pilih Mana?