Sedikit-Sedikit Jadi Bukit, Begini Cara Menabung Harian untuk Capai Tujuan Keuanganmu

Tak sedikit orang mengalami kendala saat diharuskan untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Dengan berbagai alasan dan kebutuhan, menabung menjadi salah satu hal yang sebenarnya sepele dan mudah untuk dilakukan, namun sering kali terlupa. Padahal, dengan menabung, seseorang bisa meraih kondisi keuangan yang lebih stabil dan mampu mencapai tujuan finansialnya. 

Jika tidak dibiasakan, menabung memang menjadi salah satu aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Tidak harus dalam jumlah yang besar, menabung dengan jumlah uang yang sedikit pada dasarnya mampu memberikan manfaat yang besar pula jika dilakukan secara terus-menerus, jangka panjang, dan konsisten. 

Tidak juga harus dilakukan setiap kali gaji bulanan masuk, kebiasaan menabung juga bisa dilatih dengan cara melakukannya setiap hari. Ya, menabung secara harian bisa menjadi habit yang wajib dilatih sejak sekarang agar bisa meraih tingkat keuangan yang lebih tinggi lagi, mencapai tujuan finansial, atau manfaat hebat lainnya bagi keuangan di masa depan.

Nah, bagi kamu yang mungkin saat ini merasa kesulitan membiasakan diri untuk menabung, coba saja dulu dari menabung secara harian. Agar lebih konsisten dan tidak sampai terhenti di tengah jalan, simak tips dan cara menabung harian yang efektif berikut ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Banget Menabung

8 Cara Menabung Harian

loader

Salah satu cara menabung harian yaitu dengan celengan

  1. Pilih Metode Menabung secara Manual

    Menabung secara harian adalah kebiasaan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Secara finansial, kebiasaan tersebut memang sangat ringan karena nominal uang yang ditabung biasanya tidak terlalu besar, atau bahkan receh. Namun, jika tidak ada sikap disiplin dan konsisten, kebiasaan menabung harian bisa saja berhenti di tengah. 

    Untuk melancarkan aktivitas tersebut, salah satu tips yang perlu kamu ketahui adalah biasakan untuk menabung secara manual. Bagaimana maksudnya? Saat menyelesaikan transaksi dengan uang tunai, di penghujung hari, usahakan untuk menabung kembalian atau uang lebihnya di celengan khusus yang telah disiapkan.

    Tidak peduli sedikit atau banyak jumlahnya, asalkan bisa rutin ditabung, isi celengan yang kamu isi setiap hari lambat laun akan terasa penuh juga. Yang terpenting, bendung hasrat untuk menghabiskan seluruh jatah pengeluaran harianmu agar selalu ada sisa uang untuk ditabung setiap harinya. Serta, jangan sepelekan uang yang tersisa tersebut, berapapun nominalnya.

  2. Mulai dengan Nominal yang Kecil

    Dari tips sebelumnya, kamu dianjurkan untuk menabung setiap hari dengan nominal apa adanya. Hal tersebut bisa memicu kamu untuk membangun komitmen serta niat agar terbiasa dulu dalam menabung secara harian. 

    Sebagai contoh, kamu mungkin hanya mampu menabung sebanyak 10 ribu saja setiap harinya. Walaupun terkesan kecil, namun jika dikalikan dengan 365 hari, setidaknya kamu berhasil menabung sebanyak lebih dari 3.6 juta dalam satu tahun. 

    Bagaimana kalau nominal uang yang ditabung kamu tingkatkan menjadi 20 ribu? Isi celengan sudah pasti akan menyentuh angka lebih dari 7 juta. Jumlah yang cukup fantastis tersebut bisa didapatkan hanya dengan menyisihkan sisa uang belanjaan tiap harinya yang mungkin sudah tidak diperlukan lagi.

  3. Biasakan Pesan Makanan dengan Porsi Kecil

    Tips lainnya agar lebih mudah membiasakan diri untuk menabung secara harian adalah memesan makanan dengan porsi yang kecil. Kok bisa? Tips yang disampaikan oleh Nerd Wallet ini dibuat bukan tanpa alasan.

    Bukan membuat diri berhemat berlebihan atau pelit, membeli makanan dengan porsi kecil dapat menghindarkanmu dari potensi membuang-buang makanan ataupun membeli makanan dengan porsi jauh lebih besar daripada yang diperlukan. Ingat, membuang makanan sama saja halnya dengan membuang uang. Nah, alih-alih melakukan hal tersebut, tentu lebih baik uangnya ditabung saja, bukan?

    Kalau hal ini tidak mungkin untuk dilakukan, sisihkan saja setengah porsi makanan untuk disantap di waktu makan selanjutnya. Tapi, pastikan hal ini tidak akan membuatmu kurang gizi atau sampai mengalami penurunan berat badan yang membahayakan, ya! 

  4. Manfaatkan Diskon Hiburan Seoptimal Mungkin

    Belajar menabung bukan berarti kamu jadi tidak bisa menikmati hidup sama sekali. Karena kesibukan bekerja atau aktivitas lainnya setiap hari, beberapa waktu sekali tentu kamu perlu refreshing untuk menyegarkan kembali pikiran dan menghilangkan penat. Nah, agar aktivitas tersebut tak sampai merusak kebiasaan menabung harian, usahakan untuk memanfaatkan diskon hiburan agar pengeluaran terpangkas. 

    Selain itu, pilih tempat hangout yang ramah bagi dompet agar kamu tetap memiliki sisa uang untuk ditabung setiap harinya. Bila perlu, tahan godaan untuk nongkrong dengan sembarang orang atau teman yang tak terlalu dekat dan hanya nikmati quality time dengan orang-orang yang benar-benar bisa membuat hidupmu lebih menyenangkan. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati hidup walaupun intensitas untuk berlibur atau bersenang-senang bisa dikurangi.

  5. Batasi Pengeluaran Belanja Online

    Belanja online mungkin saat ini menjadi salah satu sarana favorit banyak orang untuk memenuhi segala kebutuhan. Bahkan, keperluan sehari-hari juga saat ini mulai banyak dipenuhi dengan cara belanja online karena kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh platform layanannya. 

    Namun, karena godaan kepraktisannya tersebut, belanja online sering kali membuatmu kesulitan untuk menahan diri dalam membeli barang lainnya di luar dari kebutuhan. Karena bisa dengan mudah melihat barang apa saja yang ditawarkan oleh penjual, kamu jadi tidak ragu untuk membeli barang lain karena efek dari sifat impulsif saja. Alhasil, pengeluaran untuk kebutuhan konsumtif melonjak dan membengkakkan pengeluaran sehingga tidak ada lagi dana tersisa yang bisa ditabung. 

    Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, kamu perlu mulai membatasi diri agar tidak kalap setiap kali berbelanja. Bila perlu, buat daftar barang kebutuhan apa saja yang ingin dibeli dan lakukan pemesanan pada barang-barang tersebut saja. 

  6. Mulai Tingkatkan Nominalnya

    Setelah konsistensi menabung harian terbentuk, kamu mulai bisa meningkatkan nominalnya. Jika biasanya menabung dengan nominal 10 ribu, bulan depan kamu bisa meningkatkannya menjadi 15 ribu, atau bahkan 20 ribu, begitu seterusnya. Dengan begitu, uang yang berhasil kamu kumpulkan akan menjadi jauh lebih banyak jumlahnya dan tujuan keuangan lebih lekas tercapai.

  7. Pindahkan ke Rekening Bank

    Menabung secara harian di rumah merupakan langkah awal untuk menumbuhkan kebiasaan tersebut pada diri. Jika uang yang ditabung secara harian sudah terkumpul cukup banyak, jangan lupa untuk memindahkannya ke rekening bank agar lebih aman. Melakukan hal ini juga mampu menghindarkanmu dari keinginan untuk membelanjakan uang yang sudah susah payah ditabung tersebut.

    Sesuaikan pula program atau jenis tabungan yang dipilih. Sebagai contoh, kamu bisa mengajukan deposito agar mendapatkan bunga keuntungannya, atau bisa juga dengan mengikuti tabungan berjangka agar rekening secara otomatis dipotong demi kebiasaan menabung dapat berjalan. 

  8. Berkumpul dengan Kawan Bermindset Sama

    Selain memaksa diri dengan kebiasaan menabung, kamu juga bisa mendapatkan motivasi tambahan dengan cara berkumpul dengan orang-orang yang bermindset sama. Tak dapat dipungkiri jika circle pertemananmu sedikit banyak akan ikut membentuk kebiasaan dan mindset pada dirimu. Ibaratnya, jika sering berkumpul dengan penjual parfum, kamu akan ikut terkena aroma wangi dari penjual parfum tersebut. 

    Bergaul dengan teman yang memiliki gaya hidup sama akan membantumu untuk terus bertahan dengan pola kebiasaan tersebut. Sehingga, kebiasaan menabung juga tidak akan mudah luntur, apalagi terhenti. 

    Terlebih soal keuangan, jika berteman dengan orang-orang yang cenderung konsumtif dan memiliki gaya hidup tinggi, kamu juga akan lebih sulit untuk mengatur keuangan, lebih-lebih menabung. Jadi, pilih-pilih teman tidak selalu menjadi hal yang buruk untuk dilakukan asal dapat membentukmu menjadi pribadi atau mendukung gaya hidup yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Keuntungan Menabung di Digital Banking

Jangan Sepelekan Kebiasaan Menabung Demi Dapatkan Kondisi Keuangan yang Lebih Sejahtera

Itulah cara menabung harian yang bisa kamu aplikasikan agar lebih terbiasa untuk menabung setiap hari. Jangan disepelekan, menabung secara harian bisa menjadi batu pijakan agar kebiasaan tersebut bisa dibangun dan jika dihitung-hitung, nominal uang yang didapat dari kebiasaan ini juga bisa sangat menggiurkan. Dengan begitu, rencana atau tujuan keuangan yang sempat tertunda selama ini akan lebih mungkin dan mudah untuk dicapai.

Baca Juga: Tingkatkan Kesehatan Mental Dengan Rajin Menabung, Mau?