Tambah Skill Baru, Ini 7 Channel Youtube untuk Pembelajaran Online dari Rumah

Belajar di sekolah atau kampus tentunya lebih efektif bila dibandingkan di rumah. Wajar saja karena suasana belajarnya berbeda, fasilitas pun kurang lengkap, dan tanpa pengawasan membuat bisa melakukan apa yang diinginkan di sela-sela pembelajaran.  

Namun apa boleh buat, pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memaksa untuk tetap belajar dari rumah karena sekolah atau kampus masih diliburkan. Meski begitu, kesempatan untuk mendapatkan ilmu tidak hilang. 

Apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan beberapa tayangan dari Youtube untuk meningkatkan pemahaman saat belajar, sehingga Anda tetap teredukasi dengan baik. Berikut beberapa tayangan Youtube channel yang bisa dilirik sebagai wadah pembelajaran online yang telah Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

youtube
Belajar dari Channel Youtube

1. Ted Ed

Channel Ted Ed (https://www.youtube.com/user/TEDEducation) sudah ada sejak Maret 2011 dan menawarkan berbagai kelas pembelajaran sekaligus. Mulai dari seni, matematika, kesehatan, dan bisnis. Setiap video dilengkapi dengan berbagai animasi untuk memudahkan pemahaman. Dan pastinya agar lebih ciamik, sehingga proses pembelajaran jauh dari kata membosankan.

Chanel yang sudah memiliki hampir 12 juta subscribers ini patut dilirik bila Anda ingin belajar banyak hal sekaligus. Kan lumayan daripada kuota habis untuk streaming film drama?

2. Crash Course

Youtube Channel yang sudah ada sejak tahun 2006 ini pun patut dilirik untuk menunjang proses belajar dari rumah. Apalagi materi yang diajarkan adalah materi inti di sekolah, seperti sosiologi, sejarah, dan biologi. Bahkan dalam beberapa video, Crash Course (https://www.youtube.com/user/crashcourse) juga menjelaskan tentang pelajaran lain, seperti fisika, kimia, dan ilmu komputer.

Setiap materi dijelaskan menggunakan gambar, jadi lebih menarik dan informatif daripada hanya sebatas tulisan dan penjelasan saja. Bila tertarik, Anda bisa langsung subscribe channel nya ya!

3. Khan Academy

Ingin mahir dalam pelajaran ekonomi, komputer, matematika, dan sains? Anda bisa pantengin channel Youtube Khan Academy (https://www.youtube.com/user/khanacademy) ini saja. Pelajaran yang disuguhkan sangat menarik, juga informatif yang membuat wawasan bertambah dengan cepat.

Dalam setiap materi pembelajaran, terdapat konsep berupa gambar ilustrasi yang akan memudahkan untuk memahami materi. Jadi, channel ini sangat pas untuk Anda yang mungkin kurang paham terhadap materi yang dijelaskan bapak/ibu guru di kelas online. Tinggal scroll materi yang dibutuhkan, Anda pun bisa langsung belajar.

4. Computerphile

Seperti namanya, channel Youtube yang satu ini (https://www.youtube.com/user/Computerphile) mengajarkan tentang ilmu komputer secara jelas dan terperinci. Misalnya tentang sistem operasi, enkripsi data, coding, game, python, dan masih banyak lagi materi menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Materi dijelaskan oleh seseorang yang ahli di bidangnya, jadi informasi yang didapat bisa dipastikan akurat. Tenang saja, terdapat ilustrasi dan contoh juga yang akan memudahkan proses pembelajaran. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung saat belajar nanti.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 8 Situs untuk Pembelajaran Online Jarak Jauh

5. Life Noggin

Jika ingin belajar mengenai sains, Anda bisa pantengin channel Life Noggin (https://www.youtube.com/user/lifenoggin) ini. Topik yang dibicarakan di setiap video sangat up to date dan berkaitan dengan kebiasaan hidup sehari-hari, sehingga menarik untuk diikuti. Salah satu contoh videonya adalah What If You Never Washed Your Face?

Chanel yang memiliki 3 juta subscribers ini menyajikan video dilengkapi animasi, jadi akan semakin memudahkan untuk memahami setiap judulnya. Dan yang pasti, durasinya juga tidak terlalu lama sehingga Anda tak bosan saat menonton.

6. English with Lucy

Untuk Anda yang ingin mengasah keahlian berbahasa Inggris, maka chanel English with Lucy (https://www.youtube.com/channel/UCz4tgANd4yy8Oe0iXCdSWfA) ini sangat cocok untuk. Bukan hanya vocabulary atau grammar saja, tapi Anda juga diajarkan tentang pronunciation, aksen dari setiap negara, tips dan trik mahir Bahasa Inggris. Cukup menarik, kan?

Setiap materi dilengkapi dengan contoh, jadi memahaminya pun lebih mudah. Di sisi lain, durasi rata-rata di setiap videonya juga masih dalam batasan wajar yaitu 10-15 menit. Ini membuat proses belajar sama sekali tidak membosankan, apalagi guru yang mengajarnya juga cantik.

Baca Juga: Biar Makin Mahir, Yuk Belajar Coding Online di 5 Website Pilihan ini

7. Thomas Frank

Jika sedang mencari chanel yang bisa memotivasi sekaligus meningkatkan branding diri sendiri, maka chanel Thomas Frank (https://www.youtube.com/user/electrickeye91) ini cocok untuk ditonton. Dalam setiap videonya, Anda akan diajarkan bagaimana cara untuk menjadikan diri lebih baik dari versi sebelumnya. Jadi setelah menonton videonya, Anda tahu apa yang harus diubah dan dipertahankan untuk menjadi lebih baik.

Meski durasi dalam videonya lumayan panjang, tapi Anda tidak mudah merasa bosan. Sebab, penjelasannya disuguhi dengan contoh dan ekspresi yang membuat Anda ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang pada umumnya.

Ikuti Youtube Channel yang Berbobot

Ada banyak Youtube channel yang bisa diikuti, tapi sesuaikan dengan kebutuhan yang sekarang. Mengingat yang Anda butuhkan adalah channel untuk belajar online, maka ikutilah salah satu dari chanel di atas. Jadi meski belajar dari rumah sekalipun, Anda tidak kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan materi belajar.

Baca Juga: Anti Tekor, ini Provider Paket Internet Murah Selama Belajar dan Kerja di Rumah