Telegram: Sejarah, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Telegram merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk berkirim pesan instan, di mana layanan ini bisa diakses oleh siapa saja dan tidak dipungut biaya sama sekali. Jika menggunakannya, pengguna cukup Telegram dan melengkapi semua data yang dibutuhkan untuk bisa menggunakannya dengan mudah.

Telegram sendiri hadir dan bisa digunakan dalam berbagai perangkat yang berbeda, baik itu untuk smartphone dan juga web Telegram yang bisa digunakan pada perangkat komputer maupun laptop. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk menikmati layanan pesan instan ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain pesan dalam bentuk tulisan, ada banyak format yang bisa dikirimkan melalui aplikasi yang satu ini, seperti: audio, foto, stiker, video, dan berbagai jenis berkas lainnya. Semua ini akan memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan media pesan memadai untuk berbagai kebutuhan berbeda.

Baca juga: Aturan WhatsApp Terbaru Bikin Resah, Coba 7 Aplikasi Chatting yang Bisa Jadi Alternatif

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

Sejarah Telegram

loader

Aplikasi Telegram

Telegram dan Telegram web diciptakan di tahun 2013 oleh Nikolai Durov dan Pavel Durov, dua orang bersaudara yang berasal dari Rusia. Ini bukanlah karya pertama keduanya, sebab mereka berdua memang sudah malang melintang dan memiliki banyak pengalaman di dunia teknologi itu sendiri.

Sebelumnya, keduanya sudah berhasil membuat sebuah platform media sosial dengan nama VKontakte yang terbilang populer di Rusia. Namun, keduanya meninggalkan platform tersebut di tahun 2014, sebab seseorang mengambil alih aplikasi tersebut dari mereka.

Sejak awal, Telegram dan Telegram web memang dibuat dengan tujuan menjadi platform non profit, meskipun pada dasarnya perusahaan ini juga tidak masuk kategori organisasi non profit. Namun, di dalam prakteknya, Telegram login memang bisa diakses oleh siapa saja tanpa biaya sama sekali.

Web Telegram terdaftar menjadi sebuah organisasi bisnis di dua negara sekaligus, yakni Inggris dan juga Amerika. Hal ini mengindikasikan kedua pemiliknya tidak ingin menginformasikan di mana kantor resmi (badan hukum) bisnis tersebut. Keduanya bahkan beralasan hal tersebut untuk kepentingan memberi perlindungan bagi tim atas permintaan data-data dari pihak pemerintah.

Jumlah download Telegram dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang tajam. Jika di bulan Oktober 2013 lalu perusahaan ini mengumumkan jumlah pengguna Telegram login hanya 100.000 an pengguna aktif harian saja, maka kondisi saat ini justru sangat berbeda.

Di bulan Februari 2016 saja, download Telegram sudah mengalami peningkatan yang luar biasa besar. Telegram mengklaim bahwa mereka telah memiliki sekitar 100 juta orang pengguna aktif Telegram login, dengan perkiraan pesan yang terkirim setiap harinya adalah sebanyak 15 miliar.

Jumlah download Telegram ini masih terus meningkat, hingga di bulan April 2020 lalu, perusahaan ini mengklaim sudah memiliki 400 juta pengguna aktif setiap bulannya. Di awal tahun 2021 lalu, jumlah ini bahkan meningkat menjadi 500 juta pengguna aktif.

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail dan Mengenal Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Telegram

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang bisa dinikmati dari Telegram maupun web Telegram.

  • Ruang Penyimpanan Besar: Telegram memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang tidak terbatas, sebab platform ini menerapkan sistem cloud storage. Selain bisa menyimpan data dengan aman, data juga akan lebih mudah untuk dikelola dan diakses. Pengguna Telegram web akan leluasa untuk menyimpan berbagai bentuk filenya, baik itu gambar, video maupun yang lainnya.
  • Kualitas Data yang Dibagikan Tidak Berubah: Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk membagikan berbagai file atau data dengan kualitas yang tetap bagus. Layanan ini tidak akan mengubah atau mengkompresi file atau foto yang dikirimkan sehingga file tersebut takan tetap diterima sebagaimana aslinya.
  • Fitur Username: Pengguna Telegram bisa menambahkan teman tanpa harus menambhakan kontak yang bersangkutan sama sekali. Hal ini akan menjaga kerahasiaan nomor telepon, sehingga tidak rentan terhadap penyalah gunaan maupun tindakan lainnya yang bisa menimbulkan kerugian di masa mendatang.
  • Mengedit Pesan yang Sudah Terkirim: Telegram dan Telegram web juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing pada pesan yang sudah terkirim. Pesan yang baru tersebut akan menggantikan pesan yang lama dan penerima akan diberitahu terkait hal tersebut sehingga tidak ada kesalahpahaman atau typo.
  • Kapasitas Grup yang Lebih Besar: Pengguna web Telegram juga bisa menikmati kapasitan grup yang besar sehingga komunikasi antar grup akan lebih mudah. Tidak tanggung-tanggung, platform ini memungkinkan chat grup dengan anggota hingga 5000 orang.
  • Sembunyikan Fitur Last Seen: Bukan hanya untuk semua orang, Telegram memungkinkan penggunanya untuk menggunkan fitur last seen yang satu ini pada sebagian orang tertentu sekalipun. Fitur ini akan membuat aktivitas online akan tetap aman dan nyaman, tanpa ada yang mengganggu.
  • Login di Banyak Perangkat Sekaligus: Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk login di beberapa perangkat sekaligus. Bukan hanya di sebuah smartphone dan web Telegram saja, tetapi pengguna juga bisa login pada dua smartphone atau bahkan desktop sekaligus.
  • Mengirim File Besar: Pengguna Telegram bisa menikmati kemudahan untuk saling berkirim file, bahkan dalam ukuran jumbo sekalipun. Tidak tangung-tanggung, platform ini bahkan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file sampai dengan ukuran 2 GB dengan format apa saja.

Baca juga: 5 Media Sosial Paling Populer Sejagat, Siapa Jawaranya?

Cara Membuat Akun Telegram

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat akun Telegram.

  • Membuat Akun Telegram di Smartphone

    • Download Telegram pada smartphone melalui layanan Google Play.
    • Buka aplikasi dan pilih menu “Start Messaging”.
    • Lakukan pendaftaran dengan cara mengetikkan nomor ponsel yang valid pada kolom yang tersedia.
    • Tunggu hingga SMS berisi kode verifikasi dikirimkan oleh pihak Telegram.
    • Ketikkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia dan pastikan proses verifikasi tersebut berhasil.
    • Akun Telegram sudah aktif dan bisa digunakan untuk berkirim pesan dan yang lainnya.
  • Membuat Akun Telegram Web

    • Kunjungi halaman situs web.telegram.org.
    • Pilih menu “Telegram Web”.
    • Ketikkan nomor telepon yang valid pada kolom yang tersedia.
    • Tunggu hingga pihak Telegram mengirimkan SMS berisikan kode verifikasi ke nomor tersebut.
    • Ketikkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia dan pastikan proses verifikasi tersebut berhasil.
    • Akun Telegram sudah aktif dan cobalah untuk mengakses Telegram login dan berkirim pesan melalui platform tersebut.

Cara Menggunakan Akun Telegram untuk Berkirim Pesan

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mulai menggunakan Telegram.

  • Klik gambar pensil yang terdapat pada sudut kanan bawah.
  • Pilih nama kontak yang akan dikirimi pesan.
  • Klik nama kontak tersebut dan mulailah mengetik pesan, lalu kirimkan kepada yang bersangkutan.
  • Gunakan juga berbagai fitur yang terdapat di Telegram, agar penggunaan platform yang satu ini menjadi lebih maksimal.

Baca juga: FOMO, Sindrom akibat Adiksi Media Sosial

Gunakan Telegram untuk Komunikasi yang Lebih Nyaman

Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang belakangan ini cukup menyita perhatian. Dikenal sebagai aplikasi yang memiiki banak fitur unggulan, Telegram memang dianggap bisa memenuhi kebutuhan akan layanan pesan yang lebih baik dari yang lainnya. Jika menginginkan kenyamanan dalam berkirim pesan, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang satu ini.