Tips Berbuka Puasa yang Baik dan Benar

Berbuka puasa adalah momen penting bagi umat Muslim saat bulan Ramadan tiba. Proses ini tidak hanya mengakhiri puasa, tetapi juga melibatkan serangkaian aktivitas dan kebiasaan yang memiliki dampak besar pada kesehatan seseorang. Berikut adalah beberapa tips berbuka puasa yang baik dan benar.

Tips Berbuka Puasa yang Baik

loader

Tips Berbuka Puasa yang Baik

Terbatasnya waktu makan ketika bulan Ramadan membuat orang terkadang kalap saat berbuka. Padahal seharusnya, kamu tetap harus memilih makanan bergizi. Berikut beberapa tips berbuka yang bisa dicoba.

  1. Segerakan Berbuka

    Menyegerakan berbuka merupakan salah satu sunah dari Nabi Muhammad SAW. Sabda Nabi ini tercatat dalam HR. Bukhari no.1957. Tubuh memerlukan asupan makanan dan minuman sesegera mungkin setelah lebih dari 12 jam berpuasa.

  2. Cukupi Kebutuhan Cairan

    Jumlah cairan yang dibutuhkan setiap manusia bisa berbeda-beda tergantung banyak faktor. Namun, para ahli menyarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Ketika berpuasa, kamu juga tetap harus mencukupinya.

    Kamu bisa mendapatkan asupan cairan dalam jumlah cukup dengan metode 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur. Selain itu, menambahkan menu yang kaya air seperti makanan berkuah atau buah-buahan berair banyak juga akan membantu.

  3. Makan Secukupnya

    Hindari makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Berbukalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman secukupnya. Justru jika kalap dan memakan semua hidangan sekaligus, pencernaanmu bisa bermasalah bahkan sampai tekanan darah dan kadar gula naik.

    Bagilah waktu makan saat berbuka menjadi dua kali, yakni tepat saat berbuka, dan kurang lebih 20 menit kemudian atau sesudah salat Magrib. Kamu bisa makan-makanan pembuka terlebih dahulu baru makan berat di sesi berikutnya. Dengan begitu, tubuh lebih mudah dalam mencerna makanan.

  4. Pilih Makanan Berbuka yang Sehat

    Memilih makanan berbuka alias takjil juga tidak bisa asal-asalan. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi agar puasa tetap bisa berjalan lancar tanpa halangan. Beberapa makanan yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, jus buah dan sayur tanpa gula, kurma, atau cukup dengan air putih.

  5. Pilih Lauk yang Kaya Nutrisi

    Memilih lauk yang kaya nutrisi juga menjadi salah satu faktor penting lain agar puasa bisa berjalan dengan lancar. Pilihlah lauk bernutrisi dengan gizi seimbang agar kebutuhan gizi selama berpuasa tetap bisa tercukupi. Memilih lauk kaya zat gizi saat berbuka juga akan membuat puasamu jadi lebih berenergi.

    Kamu bisa makan nasi bersama lauk tinggi protein seperti telur, ikan, daging, serta sayur.

  6. Jangan Konsumsi Makanan Tidak Sehat

    Saat berbuka puasa, tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan gula tinggi. Selain itu, hindari pula makanan kalengan atau yang diawetkan. Makanan dengan kandungan lemak tinggi atau gorengan juga kurang direkomendasikan sebagai menu takjil.

    Jika sedang berbuka di luar rumah, usahakan untuk tidak memesan minuman bersoda atau yang menggunakan pemanis buatan. Berbagai makanan di atas jika dikonsumsi, terutama dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

  7. Jangan Rebahan Usai Makan

    Godaan untuk rebahan setelah perut kenyang memang sangat besar. Tetapi jika kamu melakukannya, akan ada efek buruk yang bisa kamu dapat. Efek paling cepat yang kamu rasakan adalah gangguan pencernaan seperti mual dan muntah.

    Makanan masih belum sepenuhnya masuk ke lambung jika kamu langsung berbaring sesudah makan. Kondisi ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

    Asam lambung yang naik akan menyebabkan efek mual, sensasi panas di tenggorokan, hingga heartburn. Hal ini biasanya terjadi lebih sering jika kamu memang sudah memiliki riwayat sebelumnya.

    Jadi jika kamu ingin rebahan, sebaiknya menunggu beberapa menit terlebih dahulu. Ahli merekomendasikan waktu antara 2 sampai 3 jam sesudah makan jika memang ingin rebahan.

Berbuka Puasalah dengan Baik dan Benar

Dengan menerapkan tips berbuka puasa yang baik dan benar, kita dapat memastikan bahwa momen ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk mengisi perut, tetapi juga untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Berbuka puasa dengan penuh kesadaran, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta menghindari rebahan seusai makan akan membantu menjaga tubuh dalam kondisi optimal selama bulan Ramadan.