Simak 8 Tips Negosiasi Harga Rumah untuk Dapatkan Deal Terbaik!

Siapapun tentu memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri. Walaupun sederhana, mampu merealisasikan keinginan tersebut merupakan sebuah pencapaian, loh.

Apabila saat ini kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah, sudah tahukah bagaimana strategi yang harus disiapkan untuk negosiasi pembelian properti? 

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Tips Negosiasi Harga Rumah untuk Dapatkan Deal Terbaik

loader

Sebelum membeli rumah, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai strategi untuk proses negosiasinya, agar bisa mendapatkan hunian dengan harga terbaik. Agar tak penasaran, simak strateginya berikut ini!

1. Pahami Dulu Nilai dari Pasar Properti

Pertama, hal yang perlu dilakukan yaitu memahami terlebih dahulu nilai dari pasar properti. Ketika telah mempunyai pemahaman mengenai nilai pasar, proses negosiasi pun bisa menjadi lebih mudah. 

Sebagai insight, cobalah untuk mencari tahu informasi tentang data pasar terbaru karena data tersebut dapat dijadikan sebagai referensi atau acuan saat negosiasi. Selain itu, dengan memahami nilai pasar, kamu pun bisa merasa lebih percaya diri, sehingga peluang untuk mendapatkan deal terbaik saat negosiasi pun jadi lebih besar.

2. Buat ketentuan Batas Harga Serta Prioritas

Hal yang perlu dilakukan sebelum negosiasi yaitu menentukan nilai anggaran. Agar mendapatkan deal terbaik, pastikan kamu sudah membuat anggaran serealistis mungkin dan telah disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Poin-poin yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan saat menyusun anggaran atau batas harga antara lain prioritas hunian atau properti yang diinginkan, termasuk detailnya yang meliputi luas bangunan, lokasi, fasilitas, dan lain-lain.

Mengapa harus ada batasan harga? Ketika sudah mengantongi apa saja yang menjadi poin penting saat akan membeli rumah, informasi tersebut sangat membantu untuk memperkuat argumen ketika negosiasi sehingga risiko over budget pun dapat dihindari.

3. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Salah satu kunci sukses negosiasi dengan penjual yakni memiliki persiapan matang. Sebagai persiapan, pastinya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu guna mendapatkan informasi terkait yang dapat membantu saat proses negosiasi.

Sebagai referensi, kamu bisa coba langkah riset berikut ini untuk persiapan. Selain untuk mendapatkan informasi terkait, riset juga dapat menjadi sarana untuk mengetahui apakah rumah yang diinginkan worth to buy atau malah harus mencari alternatif hunian yang lain. 

Baca Juga: 18 Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah

4. Cari Informasi Relevan

Ketika berencana membeli sebuah hunian, ada baiknya untuk mencari seluk beluk informasi mengenai hunian tersebut, seperti struktur dari bangunannya, renovasi yang bisa saja diperlukan, serta perawatan apa saja yang perlu dilakukan.

Di samping itu, lakukan penelusuran terkait histori kepemilikan hunian tersebut beserta alasan mengapa properti tersebut dijual. Wawasan ini sangatlah penting karena dapat menjadi pertimbangan ketika negosiasi. 

5. Siapkan Pertanyaan Relevan

Saat meninjau hunian yang diinginkan, kamu mungkin memiliki sejumlah pertanyaan yang melintas di pikiran. Nah, agar negosiasi dapat memberikan hasil yang baik, persiapkan daftar pertanyaan untuk mendapatkan informasi detail mengenai hunian tersebut. 

Kamu bisa tanyakan mengenai perbaikan apa saja yang sudah dilakukan, berapa banyak untuk biaya perawatan, serta fasilitas yang tersedia. Informasi tersebut memiliki peran penting untuk menentukan apakah rumah tersebut merupakan hunian yang tepat buatmu atau tidak.

6. Persiapkan Argumen atau Pendapat yang Kuat

Waktu melakukan negosiasi, hal yang harus kamu lakukan yaitu memiliki argumen atau pendapat yang kuat mengenai kondisi finansial dan kondisi hunian yang ditawarkan. Semakin kuat argumen, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan deal terbaik.

Baca Juga:  Emang Bisa Beli Rumah Tanpa Notaris? Begini Tahapannya!

7. Coba Pendekatan Secara Persuasif

Dalam proses negosiasi, agar tidak terkesan kaku kamu bisa melakukan pendekatan secara persuasif serta professional. Nah, ketika pihak penjual atau developer memberikan berbagai penawarannya, pastikan untuk meninjau dengan cermat mengenai penawaran tersebut. 

Tawar menawar dalam proses negosiasi adalah hal yang lumrah. Jadi, apabila pihak penjual memberi penawaran, coba cek terlebih dahulu apakah penawaran tersebut worth it untukmu atau tidak.  Apabila dirasa bahwa penawaran tersebut dapat memberikan nilai lebih pada hunian, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba tawaran tersebut, bukan?

8. Sediakan Kesepakatan atau Solusi Alternatif

Ekspektasi dan realita kadang tidak sejalan. Apabila sudah dilakukan negosiasi dan tidak ada mufakat yang dicapai, tentu ada solusi yang perlu dipikirkan. Untuk itu, selagi masih muda tentu tidak ada salahnya untuk mengejar karir terlebih dahulu karena tidak ada satupun orang yang tahu bagaimana nasib di masa yang akan datang.

Persiapkan dengan Matang untuk Dapatkan Deal Terbaik

Nah, itulah sejumlah strategi yang dapat membantu pada saat melakukan negosiasi dengan pihak penjual. Dengan persiapan yang matang, deal terbaik pun bisa saja kamu dapatkan sehingga bisa mendapatkan hunian dengan spesifikasi sesuai harapan. 

Jadi, sebelum pergi untuk negosiasi rumah, usahakan untuk mengetahui nilai dasar properti, menyusun anggaran, menentukan batasan harga, dan lakukan riset terlebih dahulu sebagai dasar berargumen, sehingga kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik sesuai yang diharapkan.

Baca Juga:  Tahun 2023 Harus Beli Rumah di Cikarang, Ini Alasannya!