Velove Vexia, Gagal Jadi Penyanyi Cilik Hingga Laris Manis di Dunia Akting

Cantik, pintar dan inspiratif sudah menggambar sosok dari wanita yang bernama Velove Vexia Kaligis. Bagi netizen Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan wanita berkulit putih tersebut. Wanita yang lahir di Manado, 13 Maret 1990 ini dikenal sebagai aktris dan pemain sinetron.

Aktif berkarir sejak tahun 2007, Velove yang berdarah Minahasa-Jawa ini merupakan putri dari pengacara populer di Indonesia yang kaya raya, O.C. Kaligis dan Alfa Lolita. Meski tak seperti ayahnya yang tajam di ranah hukum, Velove yang sederhana lebih memilih berkarya di dunia seni.

Perawakannya yang tinggi semampai hingga 173 cm serta didukung dengan gayanya yang anggun membuatnya dekat dengan dunia fashion dan modelling

Kecintaannya kepada seni membuat Velove rajin menghadiri berbagai acara seni hingga peragaan busana. Namun, siapa yang menyangka bahwa dirinya sewaktu kecil sempat menjadi penyanyi. Tapi peruntungannya justru jadikan ia sukses berkarir di dunia akting. 

Bagi yang penasaran, bagaimana kisahnya dalam membangun kesuksesan hingga akhirnya ia bisa terjun berkiprah di dunia hiburan? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Dulunya Penyanyi Cilik

View this post on Instagram

A post shared by Velove Vexia (@vaelovexia) on

Tak banyak yang tahu jika sebenarnya, Velove dulu pernah berkarir sebagai penyanyi cilik. Di usianya yang masih belia, ia pernah merilis album musik anak-anak berjudul Velove di tahun 2000.

Lagu yang berjudul Tikus Nakal dipilih sebagai single andalan dari album tersebut. Sayangnya, persaingan ketat yang terjadi di kalangan industri musik anak-anak membuatnya kalah bersaing. Sebagai penyanyi cilik, Velove saat itu harus rela kesuksesan belum berpihak kepadanya.

Mulai Berakting di usia Remaja dan Sukses Berkarya

Barulah ketika dirinya mulai beranjak remaja, Velove merintis lagi dari nol untuk karirnya di dunia hiburan. Namun kali ini, ia beralih menjajal seni peran dan meninggalkan dunia tarik suara.

Melalui peran ganda yang ia mainkan dalam sinetron Olivia (RCTI), nama Velove mulai dikenal. Memerankan Olivia dan Ruben sekaligus membuat kemampuan aktingnya yang saat itu masih berusia 27 tahun jadi banyak dilirik.

Baca Juga: Kisah Inspirasi Nadine Chandrawinata! Dari Puteri Kecantikan, Kini Sukses Berbisnis

Jadi Bintang Film dan Sinetron

View this post on Instagram

A post shared by Velove Vexia (@vaelovexia) on

Sejumlah film telah dibintangi Velove selama meniti karirnya. Di tahun 2011, ia melakoni Cewek Gokil. Di tahun 2013, ia berperan sebagai Indi dalam film Mika. Di tahun 2016, ia bermain film berjudul Wa'alaikumussalam Paris. Film ini membuat namanya masuk dalam nominasi Pasangan Terbaik bersama Nino Fernandez di Indonesian Movie Actors Awards 2017.

Velove juga ikut membintangi film Cinta Laki-laki Biasa. Ia juga berperan sebagai Damayanti di film Chrisye dan Kekasih Bayangan (2017). Kemudian ia juga berperan sebagai Pingkan dalam Hujan Bulan Juni.

Sejumlah sinetron juga ikut dibintangi Velove. Di tahun 2007, Velove bermain dalam sinetron Olivia. Ia juga menjadi bintang tamu dalam OB di episode 269. Pada tahun 2008, Velove memerankan peran utama dalam sinetron Khanza sebanyak 127 episode. Selain itu, ia juga terlibat dalam sejumlah judul Film Televisi (FTV) di antaranya seperti Phobia 17.

Di tahun 2010, Velove kembali didapuk menjadi pemeran utama untuk sinetron Seindah Senyum Winona. Kemudian ia membintangi Asmara (2012), Khanza 2 (2014), serta Kekasih Bayangan (2017).

Model Video Klip

Wajah cantik Velove yang menawan juga hadir dalam beragam video klip musik Tanah Air. Di tahun 2007, ia membintangi video klip lagu Karena Aku Lelaki dari Ihsan Idol. Velove juga tampil dalam video klip lagu Bila yang dibawakan The Titans.

Selain itu, ia juga muncul dalam video klip Kau yang Sempurna milik Irwansyah. Dan di tahun 2019, Velove menjadi model dari video klip lagu Adu Rayu yang dibawakan oleh Yovie Widianto, Tulus dan Glenn Fredly.

Mengutamakan Pendidikan

Walaupun karirnya sedang bersinar, Velove lebih memilih mengutamakan pendidikan dan meninggalkan industri entertainment. Velove sempat mengenyam pendidikan di Perancis selama beberapa bulan. Kemudian ia pindah ke Amerika Serikat dan melanjutkan kuliahnya di jurusan Bisnis Administrasi, Santa Monica College, California, Los Angeles.

Baca Juga: Dulu Penyanyi Cilik, Kini Berkarier di Politik. Intip Kisah Sukses Tina Toon yang Menginspirasi

Hobi Baca Buku dan Punya Perpustakaan Pribadi

View this post on Instagram

A post shared by Velove Vexia (@vaelovexia) on

Yang menarik dari dirinya, Velove tak seperti wanita kebanyakan pada umumnya. Jika biasanya kebanyakan selebritis kerap menghabiskan uangnya untuk belanja makeup, tas hingga sepatu, Velove justru malah rela merogoh kocek dalam-dalam untuk belanja buku-buku dengan berbagai genre. 

Dalam sebulan, Velove bisa membeli sekitar 30 buku. Bahkan saking banyaknya koleksi buku yang dia miliki, Velove membuat perpustakaan pribadi di rumahnya.

Meski kerap merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi hobinya yang satu ini, namun menurut Velove hal ini merupakan langkah positif. Menurutnya, membaca dapat memperkaya dirinya dengan pengetahuan akan banyak hal. Itulah sebabnya banyak anggota keluarga dan orang terdekatnya yang ikut mendukung hobinya ini. Selain membaca, Ia juga senang mendengarkan audio book. 

Penghargaan Wanita yang Menginspirasi

Sebagai wanita cantik dan berotak encer, tak heran jika Velove berhasil meraih penghargaan Indonesia's Beautiful Women (IBW) yang merupakan ajang penghargaan Majalah HighEnd untuk wanita cantik dan berprestasi yang digelar per tahun.

Ajang bergengsi ini kembali memilih 15 wanita yang menginspirasi di Tanah Air. Kelima belas wanita ini dipilih dari berbagai latar belakang profesi. Salah satunya seperti aktris, desainer busana, hingga business woman dan para entrepreneur wanita. Di tahun 2018 lalu, nama Velove Vexia menjadi salah satu dari kelima belas wanita yang terpilih. 

Mendapat apresiasi bergengsi, Velove mengaku merasa senang dan bangga. Baginya, penghargaan tersebut tak hanya membuatnya merasa diapresiasi.

Terpenting, ajang tersebut dapat dijadikan ladang untuk menjalin relasi untuk para perempuan. Apalagi jika mengingat yang dipilih berasal dari berbagai bidang yang berbeda-beda. Menurutnya, wanita Indonesia bisa jadi lebih all out dalam mendukung satu sama lain. Dan ia pun berharap agar ajang yang bermanfaat ini semakin diperluas lagi.

Ada pun tema yang diusung dalam IBW 2018 ialah "A Heritage of Beauty". Dengan menekankan unsur kecantikan dan budi pekerti perempuan Indonesia, ajang tersebut memberikan salah satu penghargaan kepada Velove Vexia. 

Selain itu, wanita berprestasi lainnya seperti Cinta Laura Kiehl, Yuni Jie, Angela Tanoesoedibjo, Talitha Maranila, Eugenie Patricia, Elizabeth Rahajeng, dan Eliana Putri Antonio. Ada juga Lizzie Parra, Adinda Kuntadi, Achintya Nilsen, Daisy Musin, Ayu Laksmi dan Karen Carlotta yang mendapat apresiasi.

Mau Mencoba Peruntungan di Bidang Lain

Terkadang, jalan menuju sukses tak sesuai yang diimpikan. Seperti Velove yang harus mengalami kegagalan dulu di dunia tarik suara. Namun, akhirnya ia bersinar di seni peran.

Bagi kamu yang sedang mencari jalan kesuksesan, jangan pernah takut untuk terus mencoba di berbagai bidang lain. Bila bidang yang saat ini sedang kamu tekuni tak menunjukkan kemajuan, segera pindah ke bidang lain sampai kamu menemukan bidang yang membawa kamu terus maju. Yang terpenting, kamu terus mau berusaha dan belajar.

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya