Mengenal Wemix dan Cara Kerjanya, Jaringan Blockchain yang Sediakan Game dan DApps

Semenjak pertama kali dikenalkan kepada publik beberapa tahun silam, tidak dapat dipungkiri jika perkembangan jaringan blockchain berlangsung dengan sangat cepat dan menjanjikan. Ada banyak jaringan blockchain baru bermunculan yang menawarkan kelebihan serta cara kerja yang unik dan dibutuhkan oleh penggunanya.

Salah satu contoh jaringan blockchain yang menarik untuk dibahas adalah Wemix. Secara umum, yang dimaksud dengan Wemix adalah suatu jaringan blockchain yang memiliki fokus pada aktivitas pengembangan DApps dan game. Menjadi token utilitas utama di jaringan tersebut, WEMIX bertengger di harga 31.121 Rupiah dan berada pada posisi 218 aset crypto global.

Jika dibandingkan dengan jenis aset crypto dan jaringan blockchain lainnya, Wemix tentu memiliki cara kerjanya tersendiri dan mampu menjadi sarana mendapatkan keuntungan. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Wemix, riwayat pembuatan, cara kerja, pengamanan jaringan, hingga total suplai dan harga tokennya, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cryptocurrency: Pengertian, Jenis dan Cara Investasi Kripto

Lebih Dekat dengan Wemix

loader

Wemix

Pada dasarnya, Wemix adalah sebuah ekosistem blockchain yang bertujuan untuk menyediakan DApps dan game dengan basis blockchain. Wemix mempunyai infrastruktur yang dapat berjalan tanpa gangguan, sebagai contoh, tarif bahan bakar tinggi maupun rendahnya kecepatan transaksi.

Masalah tersebut diklaim oleh pihak Wemix mampu diatasi dengan pemanfaatan campuran dari fungsi blockchain publik dan pribadi, serta menghubungkannya melalui rantai perantara via struktur hibrida. Alhasil, sistem tersebut mampu meningkatkan skalabilitas dari game on chain melalui penyediaan blockchain pribadi guna mengakomodasi peningkatan volume atau jumlah game.

Pada jaringan blockchain tersebut pula diklaim mampu menekan hambatan atau masalah masuk teknologi untuk pengembang game konvensional atau tradisional. Hal ini dikarenakan jaringan blockchain tersebut menyediakan middleware dan mengambil alih peran game mengenai blockchain serta meminimalkan modifikasi dari permainan yang ada. 

Tidak hanya itu, solusi crowdfunding dari Wemix juga menurunkan masalah finansial agar bisa masuk ke dalam game. Hambatan tersebut diatasi dengan cara menekan biaya pengembangan serta menyederhanakan pengalaman login atau masuk yang perlu dilakukan oleh pengguna baru.

Pendiri Jaringan Blockchain Wemix

Jaringan blockchain Wemix tengah dikembangkan oleh anak perusahaan dari Wemade, yaitu Wemade Tree. Perusahaan itu sendiri dikenal telah mendedikasikan bisnisnya pada sektor blockchain.

Sebagai perusahaan pengembang video game asal Korea Selatan dan berbasis di kota Seoul, Wemade sudah mempunyai setidaknya 10 anak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah Joymax yang menjadi pengembang dari Wind Runner, serta Flero Games yang menjadi pengembang dari Everytown. Wemade juga menjadi perusahaan yang menjadi pemegang saham sejumlah perusahaan developer game asal Korea Selatan yang menjanjikan.

Berdiri sejak tahun 2000, Wemade mempunyai pengalaman lebih dari 2 dekade dalam mengembangkan game serta meluncurkan sejumlah judul game populer, antara lain, Lost Saga, Icarus, Wind Runner, Everytown, Avalon Online, dan Aster Online. Wemade juga menjadi sosok di balik sebuah game berjudul MIR yang dirilis pada 170 negara serta 12 bahasa. Di Tiongkok sendiri, MIR telah memiliki setidaknya 500 juta pengguna, dan tentunya jauh lebih besar lagi di seluruh dunia.

Secara pengaturan, MIR yang dirilis oleh Wemade ini mempunyai kemiripan dengan Axie Infinity, yaitu menggunakan NFT serta mata uang di dalam game untuk bisa dikonversi menjadi token eksklusif serta dapat diperdagangkan di pasar kripto. Dalam game MIR4, mata uang yang disebut sebagai “Darksteel” dapat digabung maupun dicetak pada utilitas dari token DRAVO dan memungkinkan pemiliknya untuk menjual atau membeli aset game di ekosistem XDRACO yang diciptakan oleh Wemix.

Tujuan Dibuatnya Jaringan Wemix

Tujuan utama dari dibuatnya jaringan Wemix adalah untuk meraih adopsi massal dari game berbasis blockchain dengan cara menargetkan sektor permainan tradisional di mana saat ini telah mempunyai sekitar 1 miliar pemain. Di samping itu, pengembang dari jaringan blockchain ini juga berharap mampu memberi solusi bagi para pemain itu sendiri ketimbang aplikasi terdesentralisasi atau DApps yang tersedia pada pasar saat ini. Kini, Wemix berjalan pada sistem KLAYTN.

Jika mengacu pada peringkat CoinMarketCap, untuk saat ini peringkat WEMIX adalah nomor 218, dan memiliki kapitalisasi pasar atau market cap sejumlah 619.283.788 USD. Koin tersebut mempunyai jumlah pasokan atau stok beredar sebanyak 123.333.682 token WEMIX serta maksimal pasokan sebesar 1.015.055.00 token WEMIX.

Baca juga: Metaverse Bakal Bikin Pekerjaan Ini Booming, Simak Daftarnya!

Keunikan yang Dimiliki Blockchain Wemix

loader

Blockchain Wemix

Ekosistem dari jaringan Wemix terdiri dari sejumlah elemen agar bisa mencapai tujuan ambisiusnya dalam membawa permainan blockchain kepada publik. Intinya, jaringan blockchain tersebut merupakan proyek multichain yang tak jauh berbeda dari jenis blockchain publik lainnya, sebagai contoh Avalanche atau AVAX. Elemen yang terdapat pada jaringan tersebut meliputi rantai publik, rantai layanan, serta rantai jembatan sebagai penghubung.

Maksud dari rantai layanan ialah blockchain pribadi dan dijalankan Wemix dengan fokus memproses transaksi publik dengan cepat dan juga lancar guna menghindari tarif gas yang menempel di blockchain publik. Pihak Wemix berpendapat jika pemberian pengalaman pengguna yang bagus harus dijadikan sebagai prioritas ketimbang mencatat seluruh transaksi di dalam permainan yang tak diperlukan pada blockchain publik. Hal ini membuat jaringan tersebut mampu memecah masalah skalabilitas permainan serta DApps sebab bisa menyesuaikan jumlah dari rantai layanan yang diperlukan.

Lalu, rantai publik bakal bertugas dari rantai manajemen aset pada ekosistem Wemix serta memproses seluruh transaksi moneter. Aset yang diciptakan di rantai layanan kemudian akan dijembatani menuju rantai publik sebagai tempat terjadinya transaksi.

Sementara untuk rantai jembatan sendiri ialah rantai perantara pada transfer yang simpel serta manajemen aset permainan yang komprehensif. Jenis aset yang terdapat di rantai layanan bakal dijembatani menuju rantai publik via rantai jembatan. Kemudian, pasca transaksi selesai dilakukan, aset bisa berpindah kembali menuju rantai layanan via rantai jembatan.

Menurut pihak Wemix, bridge chain atau rantai jembatan dibutuhkan guna menekan risiko kemacetan pada rantai lain serta mencapai kinerja sepadan dengan infrastruktur dari server client tradisional yang sudah digunakan permainan selama ini. Selain itu, ada beberapa aktor penting lain dari ekosistem ini, antara lain delegator perdagangan, dompet digital khusus Wemix, dan binder. Setiap elemen tersebut mempunyai tugas dan perannya tersendiri guna menjamin kelancaran aktivitas pada blockchain tersebut.

Cara Mengamankan Jaringan Wemix

Untuk mengamankan jaringannya, Wemix memakai Klaytn, suatu proyek dengan basis di Korea Selatan dan menjadikannya sebagai blockchain publik. Proyek Klaytn menggunakan versi yang optimal Toleransi Sesan Bizantium Istanbul dan menjadikannya sebagai mekanisme konsensus.

Selain itu, Klaytn juga menerapkan PBFT atau Toleransi Patahan Bizantium Praktis dengan modifikasi guna mencapai karakteristik yang dibutuhkan dari jaringan blockchain. Kemudian, Klaytn mengenalkan bukti kontribusi, yang mana peserta ekonomi token perlu memberi kontribusi berarti agar mampu memenuhi syarat menjadi validator.

Baca juga: Dompet Bitcoin: Jenis dan Rekomendasi Terbaiknya untuk Menyimpan Aset Bitcoin

Sekilas tentang Token WEMIX dan Harganya

loader

Token Wemix

WEMIX merupakan utility token utama yang dipakai di jaringan ekosistem blockchain Wemix. Token tersebut berguna sebagai media atau alat perdagangan segala jenis kegiatan pada platform. Jadi, pengguna dapat menukar jenis token tertentu menjadi WEMIX, maupun sebaliknya.

WEMIX juga bisa digunakan membeli sejumlah item digital pada sebuah permainan. Tak berhenti sampai di situ, token tersebut juga dapat dijadikan sebagai sarana crowdfunding bagi developer agar mendapatkan dana untuk menyelesaikan game atau permainan yang tengah dikembangkannya.

Para developer ini juga bisa melakukan presale pada sejumlah token yang bisa ditukarkan dan tak bisa ditukarkan permainannya dengan imbalan token WEMIX. Melalui aktivitas itu pula developer mampu mengumpulkan dana guna menyelesaikan pengembangan game.Di samping itu, pengguna juga dapat melakukan stacking token tanpa membutuhkan taruhan agar bisa berpartisipasi pada game yang dirilis sebagai bagian ekosistem.

Terkait harganya sendiri, WEMIX saat ini berada di nilai 31.121 Rupiah per token dengan kapitalisasi pasar sebesar 3,83 triliun Rupiah. Sementara peredaran suplainya adalah 123.233.682.38 WEMIX.

Sudah Kenal dengan Wemix, Apakah Kamu Tertarik Jadi Pemiliknya?

Secara umum, Wemix merupakan jaringan blockchain yang berfokus pada DApps dan pengembangan game. Memberikan beragam kemudahan dan keuntungan kepada pihak developer agar bisa menyelesaikan pengembangan permainan dan berbagai aktivitas transaksi di dalam game, Wemix menjadi platform yang unik dan cocok dipilih oleh kalangan tertentu. Nah, setelah mengenali tentang apa itu Wemix, apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu pemilik tokennya?