Beri Manfaat Proteksi Lebih Maksimal, Ini Pengertian Asuransi Kesehatan Murni dan Rekomendasi Produknya

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk keuangan yang bisa dibilang wajib didapatkan oleh semua orang. Alasannya sederhana, asuransi kesehatan mampu memberi jaminan uang pertanggungan atas biaya rumah sakit dan pengobatan saat pihak tertanggung terserang penyakit.

Asuransi kesehatan sendiri memiliki beragam jenis dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya adalah asuransi kesehatan murni yang menawarkan manfaat perlindungan terhadap risiko kesehatan yang digadang-gadang paling optimal dibanding jenis asuransi kesehatan lain.

Yang menjadi pertanyaan, apakah benar demikian? Nah, agar lebih memahami tentang apa itu asuransi kesehatan murni, perbedaannya dengan asuransi unit link, jenis, hingga tips memilih produknya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Faktor di Balik Tingginya Biaya Premi Asuransi Kesehatan

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Pengertian Asuransi Kesehatan Murni

loader

Asuransi Kesehatan Murni

Secara umum, asuransi kesehatan murni bisa dipahami sebagai produk asuransi kesehatan yang tak memiliki manfaat investasi. Tidak sedikit orang cenderung memilih asuransi kesehatan jenis ini karena menawarkan biaya premi lebih terjangkau, dan tetap memberi manfaat proteksi maksimal. Hal tersebut bisa terjadi karena pada produk ini tak ada pembagian dana premi untuk manfaat investasi dan asuransi. 

Beda Asuransi Kesehatan Murni dengan Unit Link

Pada dasarnya, ada 2 jenis produk asuransi kesehatan yang bisa diajukan oleh calon nasabah yaitu unit link dan asuransi kesehatan murni. Untuk asuransi kesehatan murni, sesuai yang telah dijelaskan di atas, adalah jenis produk asuransi kesehatan dengan benefit pembayaran biaya atau tagihan rumah sakit. Pada produk ini, alokasi biaya premi yang dibayarkan oleh nasabah sepenuhnya dialokasikan untuk memaksimalkan proteksi asuransi.

Sedangkan pada asuransi kesehatan jenis unit link atau plus investasi, produk ini menawarkan manfaat perlindungan berupa pertanggungan tagihan rumah sakit serta nilai tunai dari investasi. Jadi, pembayaran premi dari nasabah asuransi kesehatan unit link dibagi 2 untuk kebutuhan manfaat proteksi dan juga investasi. 

Jika dibandingkan antara keduanya, asuransi kesehatan murni membebankan biaya premi yang lebih rendah ketimbang asuransi unit link. Meski begitu, terkait masa asuransinya, unit link bisa lebih dari 1 tahun, sementara untuk asuransi kesehatan murni biasanya hanya satu tahun walaupun bisa diperpanjang. 

Jenis Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan murni juga bisa dikategorikan lagi ke dalam 3 jenis, yakni, asuransi individu, asuransi keluarga, dan asuransi syariah. Berikut adalah penjelasan dari ketiga jenis asuransi kesehatan murni tersebut. 

Jenis

Penjelasan

Asuransi Individu

Pada asuransi kesehatan murni jenis ini, proteksi yang dijamin oleh asuransi menanggung biaya atau tagihan rumah sakit bagi nasabah individu saja.

Asuransi Keluarga

Jenis asuransi kesehatan murni selanjutnya adalah asuransi keluarga yang tak hanya menjamin proteksi pada pihak tertanggung utama saja, tapi sekaligus seluruh anggota keluarganya. Jenis produk ini cocok dipilih oleh nasabah yang telah berkeluarga dan memiliki tanggungan lebih dari 1 anggota keluarga. Umumnya, manfaat proteksi yang diberikan oleh asuransi kesehatan jenis ini berlaku pada tertanggung utama, pihak suami atau istri, hingga 3 orang anak.

Asuransi Syariah

Pada dasarnya, tipe produk asuransi ini tak memiliki banyak perbedaan dengan jenis asuransi lain di mana memberi manfaat proteksi terhadap beragam risiko kesehatan dan tagihan rumah sakit. Yang membedakan adalah segala hal terkait asuransi ini telah disesuaikan dengan prinsip dan ketentuan syariah, termasuk cara kerja, pemberian manfaat, hingga pembebanan biaya preminya. Sehingga, jenis asuransi ini ideal dipilih oleh nasabah yang ingin menghindari riba atau hal lainnya yang menyalahi prinsip syariah.

Baca Juga: Penting! Berikut Cara Tepat Memahami Isi Polis Asuransi Kesehatan Agar Tak Merugi

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Murni

Selayaknya asuransi kesehatan pada umumnya, terdapat 2 metode klaim asuransi kesehatan murni yang bisa dipilih oleh nasabah, yaitu reimbursement dan cashless. Berikut perbedaan dari kedua metode klaim manfaat tersebut.

Reimbursement

Cashless

Reimbursement adalah metode pengajuan klaim manfaat asuransi dengan cara penggantian. Maksudnya, nasabah asuransi diharuskan untuk membayar dulu biaya rumah sakit dengan uang pribadinya. Kemudian, setelah tagihan diberikan, nasabah bisa mengajukan ganti rugi ke pihak asuransi.

Biasanya, produk asuransi dengan metode klaim jenis ini bisa diajukan tanpa harus ke rumah sakit mitra perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat perlindungannya. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari metode klaim manfaat melalui reimbursement. 

Di sisi lain, cashless adalah metode klaim manfaat asuransi kesehatan yang bisa dilakukan tanpa mengharuskan nasabah untuk menalangi biaya rumah sakit terlebih dulu dengan dana pribadinya. Cukup dengan menunjukkan kartu anggota asuransi, nasabah bisa langsung mendapatkan jaminan manfaat perlindungan yang dijanjikan oleh asuransi kesehatan dengan metode cashless. 

Meski begitu, pengajuan klaim manfaat asuransi kesehatan jenis ini mengharuskan nasabah untuk berobat di rumah sakit mitra asuransi. Karenanya, penting bagi nasabah untuk memilih asuransi dengan rekanan rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah atau tempat kerjanya.

Keunggulan Asuransi Kesehatan Murni

Saat mengajukan asuransi kesehatan murni yang tak dibebani dengan aktivitas investasi, ada beragam keuntungan dan keunggulan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  1. Manfaat Proteksi Lebih Berkualitas

    Keunggulan pertama dari asuransi kesehatan jenis ini adalah mampu memberikan manfaat proteksi yang lebih berkualitas dan menyeluruh. Mengapa demikian? Alasannya sederhana, yaitu karena biaya premi yang dibayarkan oleh nasabah sepenuhnya dialokasikan untuk memaksimalkan manfaat perlindungan asuransi kesehatan. Jadi, tak mengherankan jika tidak sedikit orang cenderung memilih produk ini ketimbang unit link. 

  2. Biaya Premi Terjangkau

    Walaupun menawarkan manfaat proteksi yang lebih berkualitas, biaya premi pada asuransi medis jenis ini juga relatif lebih terjangkau. Pasalnya, berbeda dengan asuransi jenis unit link, kamu tidak akan diberatkan dengan biaya investasi maupun biaya akuisisi yang mampu memangkas pembayaran premi yang dilakukan nasabah.

  3. Tanpa Risiko Kerugian Investasi

    Keuntungan yang terakhir, karena tak ada aktivitas investasi, nasabah asuransi kesehatan murni juga tak akan terkena risiko kerugian dari kegiatan menanam modal tersebut. Meski begitu, nasabah asuransi ini juga kehilangan potensi imbal hasil investasi yang mampu meningkatkan nilai pertanggungan asuransi. 

Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan Murni Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan murni ini. Masing-masing produk tentu memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Agar mampu mendapatkan produk asuransi yang terbaik dan sesuai kebutuhan, simak 5 tips memilihnya berikut ini. 

  1. Utamakan Metode Klaim Cashless

    Jika dihadapkan pilihan antara cashless atau reimbursement, usahakan untuk memilih metode klaim yang pertama. Alasannya karena metode klaim cashless mampu memudahkan nasabah mendapatkan manfaat perlindungan asuransi kesehatan di rumah sakit mitra asuransi tanpa perlu menalangi biayanya dengan dana pribadi. Sehingga, manfaat asuransi bisa langsung didapatkan tanpa berisiko terkendala masalah biaya atau semacamnya.

  2. Menanggung Risiko Pre-Existing Conditions

    Tips selanjutnya, usahakan untuk mengajukan asuransi kesehatan yang turut menanggung risiko penyakit pre-existing conditions. Pre existing conditions sendiri adalah masalah kesehatan yang sudah diderita oleh nasabah sebelum mengajukan asuransi. Biasanya, proteksi terhadap kondisi ini dikecualikan, meski ada beberapa perusahaan asuransi yang tetap menjamin proteksinya dengan sejumlah syarat khusus.

  3. Menyediakan Proteksi Rawat Jalan

    Selain itu, cek pula adanya manfaat rawat jalan dari produk asuransi kesehatan yang kamu pilih sebagai proteksi dasarnya, tidak hanya rawat inap. Dengan begitu, cakupan perlindungan yang bisa didapatkan dari asuransi bisa menjadi lebih maksimal.

  4. Menawarkan Benefit No Claim Bonus

    No claim bonus adalah benefit yang diberikan pada nasabah saat tak mengajukan klaim apa pun selama kurun waktu tertentu. Jika kondisi tersebut berhasil dicapai oleh nasabah, biasanya ada manfaat pengembalian ataupun diskon premi yang menguntungkan. 

  5. Manfaat Proteksi Luas dengan Limit Besar

    Tips yang terakhir, pastikan jika asuransi kesehatan yang dipilih menawarkan cakupan manfaat proteksi yang luas dan menyeluruh sesuai kebutuhanmu. Selain itu, cek pula jika limit pertanggungan yang diberikan dan pastikan cukup besar hingga ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah tiap tahunnya tergantung dari nominal premi yang kamu bayarkan. 

Tanpa Investasi, Manfaat Asuransi Kesehatan Murni Lebih Optimal

Intinya, asuransi kesehatan murni adalah produk asuransi yang sepenuhnya berfokus memberikan manfaat proteksi pada nasabahnya. Tanpa investasi, cakupan perlindungan asuransi jenis ini biasanya lebih lengkap dan menyeluruh, serta biaya preminya cenderung lebih terjangkau. Dengan karakteristiknya tersebut, jenis asuransi kesehatan ini kerap dijadikan pilihan bagi nasabah yang hanya ingin mendapatkan manfaat asuransi sepenuhnya. 

Baca Juga: Ketahui 10 Istilah Penting pada Asuransi Kesehatan agar Tak Salah Pilih Layanan