Cara Membuat Kartu Kredit BNI beserta Persyaratannya

Kartu kredit menjadi salah satu solusi untuk memudahkan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai. Kartu kredit merupakan suatu alat pembayaran yang menggunakan kartu dan bisa digunakan dalam melakukan pembayaran dari kewajiban yang muncul karena adanya kegiatan ekonomi seperti transaksi belanja, penarikan tunai, dan lainnya sehingga dibutuhkan terpenuhi terlebih dahulu oleh penerbit. Setelah itu, pemilik kartu kredit diharuskan untuk membayar di waktu yang sudah disepakati dengan pelunasan sekaligus (charge card) atau membayar dengan angsuran. Biasanya, kita membutuhkan kartu kredit apabila merasa membutuhkan biaya lebih untuk memenuhi kebutuhan.

Apabila sudah memutuskan ingin menggunakan kartu kredit, kamu perlu memahami biaya dan risiko yang akan muncul apabila menggunakannya. Sekarang ini, banyak bank di Indonesia yang sudah menyediakan alat pembayaran dengan kartu kredit. Salah satunya merupakan Bank Negara Indonesia. Simak cara membuat kartu kredit BNI berikut ini.

Baca juga: Kartu Kredit Virtual dan Kartu Kredit Konvensional, Begini Bedanya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Mengenal Kartu Kredit BNI

loader

Cara Membuat Kartu Kredit BNI

Kartu kredit BNI merupakan sebuah fasilitas kredit yang diterbitkan Bank BNI untuk diberikan kepada nasabahnya dalam bentuk kartu yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup dari nasabah sendiri. Contohnya, ada BNI American Express Business Card, BNI Visa Infinite, BNI Visa Signature, BNI Silver, BNI MasterCard World, dan BNI Gold Card.

Pada kartu kredit BNI, terdapat tampak depan dan tampak belakang yang diisikan angka, huruf, serta gambar. Berikut merupakan keterangan dari tampak depan dan tampak belakang kartu kredit BNI, yaitu:

  • Tampak Depan Kartu Kredit BNI

    • Di paling atas kartu, terdapat logo Bank BNI.
    • Di tengah kartu, terdapat chip untuk memberikan keamanan pada setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah.
    • Di bawah chip, terdapat nomor kartu yang terdiri dari 16 angka yang mana nomor ini akan selalu dicantumkan di setiap pembayaran serta korespondensi nasabah.
    • Di bawah nomor kartu, terdapat masa berlaku yang terdiri dari bulan/tahun pada tulisan valid thru. Angka ini untuk menunjukkan masa berlaku kartu nasabah yang akan diperpanjang secara otomatis di masa akhir kartu tersebut berlaku. Namun, hal ini masih bisa dibatalkan apabila nasabah mengajukan pembatalan perpanjang kartu kredit.
    • Di bawah masa berlaku, terdapat nama nasabah sebagai pemilik kartu yang berhak menggunakan kartu tersebut. Jadi pastikan nama kamu tercetak dengan benar agar bisa menggunakan kartunya.
    • Di sisi kanan kartu terdapat logo principal sebagai tanda kartu kredit BNI nasabah dapat digunakan untuk alat pembayaran di berbagai tempat yang menggunakan logo principal, seperti American Express, MasterCard, VISA, dan JCB.
  • Tampak Belakang Kartu Kredit BNI

    • Di paling atas kartu, terdapat pita magnetik yang digunakan untuk bertransaksi. Dengan pita magnetik ini, transaksi nasabah akan berjalan lancar. Maka, hindari kartu terkena panas, daya magnet, arus listrik, bahkan benda tajam agar tidak tergores dan tidak merusak daya magnet yang ada di pita magnetik tersebut.
    • Di bawah pita magnetik sebelah kiri, terdapat kolom tanda tangan untuk menjaga keamanan kartu. Nasabah dapat menandatanganinya dengan pulpen atau alat tulis lain yang permanen.
    • Di sebelah kanan kolom tanda tangan, terdapat logo BNI yang merupakan bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Baca juga: Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit

Kegunaan Kartu Kredit BNI

Mengetahui cara membuat kartu kredit memang penting, tetapi pembuatan kartu kredit BNI akan lebih berarti jika mengetahui kegunaannya. Berikut kegunaan dari kartu kredit bank BNI.

  1. Bisa digunakan untuk belanja di setiap merchant yang memiliki logo principal.
  2. Bisa digunakan di seluruh Indonesia serta untuk liburan di seluruh dunia.
  3. Bisa melakukan tarik tunai di ATM.
  4. Bisa memiliki kartu tambahan dengan nomor yang berbeda tetapi satu nama.
  5. Gratis akses airport lounge di bandara besar di Indonesia maupun luar negeri.
  6. Minimum tagihan pembayaran 10% dari total tagihan bulan tersebut.

Syarat Membuat Kartu Kredit BNI

Sebelum mengetahui cara membuat kartu kredit Bank BNI, pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan sudah disiapkan. Berikut merupakan beberapa syarat untuk mengajukan kartu kredit, yaitu:

  1. Mempunyai fotokopi KTP, paspor, dan SIM.
  2. Minimal berumur 21 tahun untuk pemegang kartu kredit utama.
  3. Minimal berumur 17 tahun untuk pemegang kartu kredit tambahan.
  4. Maksimal berumur 65 tahun untuk membuat kartu kredit.
  5. Pastikan memiliki NPWP.
  6. Harus memiliki penghasilan tetap dan lampirkan bukti penghasilan.
  7. Minimal memiliki penghasilan Rp36.000.000 per tahun.
  8. Melampirkan fotokopi akta pendirian, TDP, atau SIUP.
  9. Melampirkan nomor kartu kredit bank lain jika memilikinya.
  10. Lampirkan surat izin profesi apabila kamu adalah seorang dokter atau professional.
  11. Jika kamu seorang Warga Negara Asing (WNA), maka lampirkan KITAS.

Cara Membuat Kartu Kredit BNI

Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan saat membuat kartu kredit Bank BNI. Berikut merupakan berbagai langkah untuk membuat kartu kredit BNI.

  1. Klik tombol ‘Daftar Sekarang’.
  2. Pilih tombol ‘Apply Kartu Kredit BNI’.
  3. Siapkan seluruh persyaratan dokumen yang akan diunggah.
  4. Klik ‘OK’ di halaman ‘Disclaimer’.
  5. Klik ‘Lanjutkan’.
  6. Pilih jenis kartu yang diinginkan dan dibutuhkan.
  7. Silakan ambil foto selfie, KTP asli, dan isi data pribadi. Pastikan seluruh data terisi dengan benar dan sesuai.
  8. Klik ‘Lanjutkan’ dan ikuti langkah selanjutnya hingga selesai
  9. Setelah itu, petugas BNI akan menghubungi kamu untuk melakukan verifikasi data dan memastikan nomor HP yang aktif
  10. Terakhir, Bank BNI akan menghubungi nomor yang diberikan saat pengajuan kartu kredit. Nomor tersebut bisa kerabat, saudara, dan keluarga.

Baca juga: Mengapa Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit? Ini Jawabannya

Cara Membaca Kartu Kredit BNI

Setelah mengenal kartu kredit Bank BNI, nasabah juga harus memahami cara membaca lembar penagihan yang akan dikirim setiap bulannya untuk merincikan transaksi selama satu bulan menggunakan kartu kredit Bank BNI. Umumnya, nasabah akan mendapatkan rincian transaksi berupa lembar penagihan yang wajib dibayarkan sejumlah minimum tagihan dan harus lunas sebelum jatuh tempo pada tanggal yang ditentukan. Jika nasabah belum melunasinya sebelum jatuh tempo, biasa nasabah akan dikenakan beban bunga serta biaya keterlambatan di rekening kartu nasabah. Berikut merupakan cara membaca lembar penagihan dari Bank BNI bagi yang belum paham, yaitu:

  1. Di sebelah kanan atas lembar, terdapat logo BNI dan di bawahnya terdapat tanggal penagihan. Tanggal penagihan merupakan tanggal terakhir dilakukannya pembukuan dari semua transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu. Selain terdapat tanggal penagihan, terdapat tanggal cetak lembar penagihan.
  2. Setelah kotak tanggal penagihan, di bawahnya terdapat kotak-kotak rincian transaksi hingga informasi kredit yang diberikan. Kolom sebelah kiri dimulai dengan tanggal transaksi, tanggal pembukuan, rincian transaksi, serta jumlah. Pada kolom ini akan terbagi menjadi beberapa bagian apabila terdapat beberapa kartu yang terdiri dari nomor kartu kredit dan nama pemegang kartu. Apabila hanya satu kartu maka hanya ada satu kartu yang memiliki rincian.
  3. Di sebelah kanan, kolom pertama terdapat informasi kredit yang berisi beberapa hal. Pertama, ada batas kredit yang akan diberikan saat tanggal penagihan kartu kredit nasabah. Kedua, ada batas penarikan tunai yang bisa dilakukan pada kartu kredit nasabah. Ketiga, terdapat sisa kredit yang merupakan rincian dari jumlah kredit serta tanggal penagihan yang tersisa dan kartu masih bisa digunakan. Terakhir, terdapat sisa penarikan tunai yang merupakan jumlah kredit penarikan tunai yang tersisa dan tentunya masih bisa digunakan hingga tanggal penagihan.
  4. Berikutnya terdapat kolom ringkasan belanja dan pembayaran yang terdiri dari ringkasan jumlah penagihan di bulan sebelumnya dan rincian transaksi belanja di bulan yang ditagih.
  5. Terakhir di paling bawah terdapat kolom info dan promo bulan ini. Hal ini biasa disebut billing message yang berisi informasi penting atau pesan pendek pada kartu BNI nasabah.

Baca juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Ketahui Cara Membuat Kartu Kredit BNI Untuk Keperluanmu!

Buat kartu kredit di Bank BNI tentu tidak sulit dan memiliki banyak keuntungan. Dengan kartu kredit yang bisa digunakan di seluruh Indonesia maupun luar negeri, kartu ini tentu sudah melengkapi kebutuhanmu. Namun, pastikan kamu bisa memahami kegunaan kartu kredit yang sesungguhnya agar tidak menggunakannya dengan sembarangan dan bisa menimbulkan kerugian dengan tagihan yang banyak ya! Jangan lupa belilah kebutuhan yang memang diperlukan dan nikmati promo-promo yang ditawarkan oleh Kartu Kredit Bank BNI. Selamat membuat kartu kredit Bank BNI!