Manfaat Jalani Hidup Sederhana, Begini Cara Melakukannya

Sebetulnya menjalani hidup dengan sederhana punya banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Meskipun memang bukan hal yang mudah, sebab kamu perlu lebih sering menahan diri untuk tidak tergoda membelanjakan uang. Namun, demi menghindari kekhawatiran finansial dan agar kehidupan di masa mendatang menjadi lebih baik, mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana patut untuk dicoba.

Baca juga: Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup yang Kekinian di Kalangan Gen Z

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Gaya Hidup Sederhana, Manfaat dan Cara Menjalankannya

loader

Hidup Sederhana

Tak bisa dipungkiri bahwa uang memang penting, karena bisa membuamu mendapatkan apa yang dibutuhkan. Namun, tak sedikit yang mengalami masalah finansial karena kurangnya kemampuan mengelola keuangan.

Gaya hidup yang sederhana dianggap bisa menjadi solusi mengatasi masalah tersebut. Tapi, benarkah demikian dan bagaimana pula cara menjalaninya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

  1. Belajar Merasa Cukup

    Langkah awal menjalani hidup sederhana adalah dengan mulai belajar menerima dan merasa cukup. Kamu perlu mengubah keinginan akan sesuatu hal dengan mulai belajar tetap bahagia dan cukup dengan semua hal yang kamu miliki.

    Berbahagialah dengan apapun yang telah diraih atau dimiliki untuk saat ini. Dengan menerima keadaan dan mensyukurinya, ini akan membuat kamu merasa cukup. Maka, kamu bisa lebih menahan diri untuk tidak menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

  2. Berpikir Lebih Kreatif

    Langkah selanjutnya dalam menjalani hidup sederhana adalah mengelola keuangan dengan tepat dan kreatif. Ketimbang membeli sesuatu di luar, jika bisa membuatnya sendiri di rumah, mengapa tidak? Misalnya, makanan ringan, camilan atau hal yang lain bisa dibuat sendiri.

    Cobalah untuk belajar menemukan kebahagiaan dari hal-hal sederhana yang tampak sepele, tetapi bermakna. Seperti mengambil foto, melukis, atau menemukan sesuatu hal yang dapat membantumu tetap tenang.

  3. Jangan Tiru Gaya Hidup yang Orang Lain Jalani

    Jangan pernah memusingkan bagaimana gaya hidup orang lain, apalagi punya keinginan untuk menirunya. Karena bisa saja hal tersebut justru akan membuat hidupmu tak pernah merasakan ketenangan. Pasalnya, apa yang orang lain miliki akan membuatmu terdorong untuk memilikinya juga tanpa memperhatikan kondisi finansial.

    Ada baiknya untuk tetap menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan saat ini. Berhentilah memaksakan diri untuk jadi seperti orang lain, dan luangkan waktu nikmati semua hal yang ada dalam hidupmu apa adanya.

  4. Jadilah Sosok yang Dermawan

    Hidup sederhana bukan berarti harus pelit, baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Kamu masih bisa membantu orang lain dan menjadi sosok yang dermawan, apalagi berbagi dengan orang lain bisa memberikan kebahagiaan tersendiri.

    Tak perlu pusing memikirkan berapa banyak yang dimiliki, sebab perlu dipahami bahwa berbagi tak hanya penting untuk orang lain tetapi juga diri sendiri. Bukan hanya berbagi materi saja, tetapi juga perhatian ke semua orang yang berada di sekitarmu. Membahagiakan orang lain bisa menjadi momen terbaik yang bisa kamu rasakan.

  5. Buat Rencana Keuangan untuk Jangka Panjang

    Biarkan orang lain dengan gaya hidupnya yang berlebihan dan jangan mencoba menirunya, lebih baik nikmati hidup sederhana apa adanya. Pahami juga bahwa hidup dalam kesederhanaan bukanlah hidup dengan serba kekurangan. Tetapi membuat keinginan yang tadinya tak bisa dikontrol menjadi lebih sederhana.

    Ketimbang memusingkan gaya hidup, sebaiknya fokuslah untuk menabung dan berinvestasi. Dengan berinvestasi, ini artinya kamu telah menyelamatkan masa depan karena manfaatnya cukup banyak. Misalnya, sebagai dana talangan untuk pendidikan anak, liburan, dan keperluan yang lainnya.

    Sisihkan sebagian pendapatan, lalu investaskan pada instrumen yang menguntungkan dengan risiko kecil. Misalnya, reksadana, saham, tabungan emas, properti dan lain sejenisnya.

  6. Miliki Waktu Istirahat yang Berkualitas

    Hidup sederhana juga tak boleh mengabaikan soal waktu istirahat, sebab ini hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Sebuah riset yang menunjukkan bahwa kualitas tidur sangat berhubungan dengan tingkat harapan hidup seseorang.

    Tidur malam yang kurang dapat menurunkan produktivitas hingga meningkatkan risiko kematian hingga 12%.

    Untuk itu, mulai sekarang kurangi kebiasaan begadang tiap malam dan mulailah tidur lebih awal, sebaiknya tidurlah selama 7 - 8 jam tiap malamnya. Dengan tidur yang cukup, ini akan membantu mengurangi tingkat stres, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  7. Batasi Konsumsi Makanan Tidak Sehat

    Ketika mulai menjalani gaya hidup yang sederhana, kamu perlu membatasi keinginan jajan di luar, apalagi jajanan yang tidak sehat. Selain tak baik untuk kesehatan tubuh, kebiasaan tersebut juga bisa bikin kesehatan finansial menurun karena pengeluaran bulanan jebol. Karena selain mahal, makanan yang tidak sehat penuh dengan kalori dan lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan.

    Ketimbang jajan junk food di luar, sebaiknya pilih makanan sehat yang penuh gizi dan tentunya lebih murah. Seperti buah-buahan, sayuran hijau, telur, daging merah dan lain sebagainya. Batasi juga makanan tinggi gula, lemak dan kalori, karena tak baik jika dikonsumsi setiap hari.

  8. Rutin Berolahraga

    Tuntutan pekerjaan kadang membuat seseorang begitu sibuk hingga tak punya waktu luang untuk berolahraga. Padahal, membiasakan diri berolahraga dengan teratur sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan secara menyeluruh.

    Selain itu, menurut penelitian seseorang yang rutin berolahraga juga mempunyai harapan hidup lebih lama dibanding mereka yang tak berolahraga. Sebaiknya, pilih jenis olahraga ringan yang tak perlu mengeluarkan banyak biaya, tapi dilakukan secara rutin. Seperti bersepeda, jogging, maupun workout sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau di kantor.

Baca juga: Mengenal Hedonisme, Gaya Hidup Konsumtif yang Bisa Bikin Keuangan Merana

Jalani Hidup dengan Sederhana dan Rasakan Manfaatnya

Menjalani hidup yang sederhana sebetulnya lebih ke arah menahan diri dari sikap berlebihan. Baik berlebihan dalam memanjakan diri sendiri, suka mengikuti gaya hidup hedonis dan tak memikirkan masa depan. Dengan hidup sederhana, kamu akan diajak untuk memahami bahwa dalam hidup tak melulu soal uang dan materi saja.

Meskipun penting, kebahagiaan dan kenyamanan tak selamanya harus dengan uang, tapi bisa dengan hal lain. Temukan ketenangan dalam hidup yang sederhana dan bebas dari masalah keuangan dan juga kesehatan. Karena yang sederhana belum tentu tidak bisa merasa bahagia.

Baca juga: 7 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru