Menarik dan Unik, ini 7 Tips Mudah Bikin Kartu Lebaran

Selain bersilaturahmi dan makan bersama, bertukar kartu ucapan Lebaran juga menjadi salah satu tradisi saat Lebaran tiba. Kartu yang dikirim biasanya diisi dengan kalimat-kalimat dan hiasan yang menarik untuk si pembaca, baik keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Kalimat tersebut bisa berupa ucapan selamat merayakan Lebaran, permohonan maaf, dan harapan untuk Lebaran pada tahun berikutnya.

Jika tahun sebelumnya memberikan kartu Lebaran yang sudah jadi dengan beli di toko offline atau online, bagaimana kalau tahun ini kartu Lebarannya dibuat sendiri? Tidak perlu takut hasilnya jelek, dengan mengikuti beberapa tips berikut yang telah Cermati.com rangkum, kartu Lebaran buatanmu bisa jauh lebih menarik dan unik. Yuk, simak dan langsung dipraktikan!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

peralatan
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kartu ucapan Lebaran, seperti kertas origami, karton, lem, gunting, alat-alat tulis, dan krayon. Siapkan alat- dan bahan yang lengkap, sehingga membuat kartu Lebaran jadi lebih mudah dan cepat. Jangan lupa menyiapkan bahan tambahan, seperti pita atau manik-manik jika kamu membutuhkannya. Sesuaikan dengan jumlah penerima kartu Lebaran agar barang yang dibeli tidak mubazir.

2. Buat Kerangka Kartu Lebaran

kerangka kartu
Buat kerangka kartu dengan benar

Kartu Lebaran seperti apa yang kamu inginkan? Apakah itu kartu Lebaran yang polos atau yang dibentuk sedemikian rupa? Daripada kebanyakan bertanya dalam diri, lebih baik persiapkan kerangkanya terlebih dahulu. Buatkan 2-3 kerangka sekaligus sebagai opsi tambahan apabila kerangka pertama dirasa kurang menarik.

Sesuaikan kerangka kartu dengan seleramu dan usia orang yang menerima nanti. Hindari model kartu Lebaran yang terlalu kekinian apabila penerimanya sudah berumur lanjut. Sebab, antusiasme orang tua jauh berbeda dengan antusiasme orang muda.

Baca Juga: 10 Tradisi Lebaran Yang Unik Di Berbagai Negara

3. Gunakan Teknik yang Benar

gunting
Gunakan teknik yang benar

Membuat kartu Lebaran sendiri tidak sulit, tapi tidak bisa dianggap remeh juga. Bagaimanapun, kamu harus memperhatikan teknik pembuatan yang benar agar kartu ucapan buatanmu jauh lebih menarik daripada yang dijual di toko-toko. Luangkan waktu untuk mempelajari teknik pembuatan kartu, khususnya untuk bagian menggunting. Desain gambar sebagus apapun pasti akan rusak apabila digunting dengan cara yang salah.

4. Siapkan Kata-Kata yang Menarik

kata menarik
Siapkan kata-kata yang menarik

Hindari kata-kata yang monoton, seperti “Selamat Lebaran” atau hanya sekedar minta maaf pada kalimat pembuka. Coba gunakan kata-kata yang lebih menarik agar orang yang menerima semakin antusias membaca kartu Lebaran pemberianmu. Misalnya, diselingi dengan pantun atau kalimat berisi komedi, puisi dan sebagainya.

Pada akhir kalimat nanti, kamu bisa membubuhi ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” atau “Selamat Lebaran”, “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan arti dari ayat Al-Quran di akhir kalimatmu nanti.  

5. Sertakan Hiasan yang Sesuai

aksesoris
Sertakan hiasan yang sesuai

Kamu perlu menyertakan hiasan tambahan agar kartu Lebaran yang diberikan jadi lebih menarik. Hiasannya bisa berupa gambar, tulisan kaligrafi, atau bingkai di bagian pinggir kartu ucapan. Mengingat momennya adalah Lebaran, tidak ada salahnya jika kamu ingin menambahkan hiasan ayat suci Al’Quran. Pilih ayat yang paling menyentuh, sehingga pembaca semakin menghayati makna Lebaran yang sesungguhnya.

Baca Juga: Tampil Cantik dengan Model Baju Gamis Terbaru Lebaran 2019, Yang Mana Stylemu?

6. Lilitkan Pita Berwarna

pita
Lilitkan pita berwarna

Bukan hanya menarik saja, menambahkan dengan pita berwarna bisa membuat tampilan kartu ucapan menjadi lebih mewah dan spesial. Siapapun yang menerimanya pasti akan merasa senang karena merasa dirinya menjadi salah satu orang yang spesial di hari kemenangan ini.

Pastikan kartu ucapan terbuat dari bahan yang agak tebal agar kamu lebih mudah saat melilitkannya nanti. Untuk panjang pitanya sendiri, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Pilihlah warna pita yang sesuai dengan warna kartu atau antara kombinasi warna gambar, sehingga kartu Lebaran menjadi cantik.

7. Sertakan Nama Penerima

nama
Sertakan nama penerima

Mengingat kartu ucapan yang dibuat bukan hanya satu atau dua saja, maka pastikan kamu mencantumkan nama-nama penerima kartu ucapannya. Hal ini nantinya akan memudahkanmu saat menyerahkan kartu ucapan kepada orang yang tepat. Agar tidak merusak isi dan hiasan kartu, kamu bisa menempelkan sticky notes di bagian atas kartu ucapan Lebaran. Setelah dibaca nanti, si penerima pun bisa menyimpan kartu ucapan itu.

Buat Kartu Lebaran Sendiri Jauh Lebih Berkesan

Jika dibandingkan dengan membeli, membuat kartu ucapan Lebaran sendiri memang membutuhkan effort lebih. Tapi, kesan yang ditinggalkan pun jauh lebih tinggi lagi. Jika kamu punya waktu lebih, apa salahnya kalau kamu membuat kartu ucapan sendiri untuk orang-orang terkasih. Selamat mencoba!

Baca Juga: Contoh Undangan Pernikahan untuk Jenis Formal, Unik atau Murah