Menarik dan Unik, Ini 7 Tips Membuat Kartu Lebaran

Selain bersilaturahmi dan makan bersama, bertukar kartu ucapan lebaran juga menjadi salah satu tradisi saat lebaran tiba. Kartu yang dikirim biasanya diisi dengan kalimat-kalimat dan hiasan yang menarik untuk si pembaca, baik keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Kalimat tersebut bisa berupa ucapan selamat merayakan lebaran, permohonan maaf, dan harapan untuk lebaran pada tahun berikutnya.

Jika tahun sebelumnya memberikan kartu lebaran yang sudah jadi dengan beli di toko offline atau online, bagaimana kalau tahun ini kartu lebarannya dibuat sendiri? Tidak perlu takut hasilnya jelek, dengan mengikuti beberapa cara membuat kartu lebaran berikut. Kartu lebaran buatanmu bisa jauh lebih menarik dan unik. Yuk, simak dan langsung dipraktikan!

Baca juga: Tips Membeli Baju Baru Lebaran

Bayar Zakat Fitrah dengan mudah hanya di Cermati!

Bayar Zakat Fitrah Sekarang!  

Cara Membuat Kartu Lebaran

  1. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

    loader
    Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

    Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kartu ucapan lebaran, seperti kertas origami, karton, lem, gunting, alat-alat tulis, dan krayon. Siapkan alat dan bahan yang lengkap sehingga membuat kartu lebaran jadi lebih mudah dan cepat. Jangan lupa menyiapkan bahan tambahan, seperti pita atau manik-manik jika membutuhkannya. Sesuaikan dengan jumlah penerima kartu lebaran agar barang yang dibeli tidak mubazir.

    Berikut biaya dari beberapa perlengkapan yang harus dibeli, antara lain:

    • Kertas origami: Rp15 ribu / pack
    • Karton: Rp3 ribu / lembar
    • Lem: Rp5 ribu
    • Krayon: Rp25 ribu
    • Pita: Rp10 ribu
    • Manik-manik: Rp5 ribu
  2. Buat Kerangka Kartu lebaran

    loader
    Buat kerangka kartu dengan benar

    Kartu lebaran seperti apa yang diinginkan? Apakah itu kartu lebaran yang polos atau yang dibentuk sedemikian rupa? Daripada kebanyakan bertanya dalam diri, lebih baik persiapkan kerangkanya terlebih dahulu. Buatkan 2-3 kerangka sekaligus sebagai opsi tambahan apabila kerangka pertama dirasa kurang menarik.

    Sesuaikan kerangka kartu dengan seleramu dan usia orang yang menerima nanti. Hindari model kartu lebaran yang terlalu kekinian apabila penerimanya sudah berumur lanjut. Sebab, antusiasme orang tua jauh berbeda dengan antusiasme orang muda.

    Baca Juga: Cuan Berkah Jelang Idul Fitri, Begini Tips Sukses Memulai Bisnis Hampers lebaran Kekinian

  3. Gunakan Teknik yang Benar

    loader
    Gunakan teknik yang benar

    Membuat kartu lebaran sendiri tidak sulit, tapi tidak bisa dianggap remeh juga. Bagaimanapun, kamu harus memperhatikan teknik pembuatan yang benar agar kartu ucapan buatanmu jauh lebih menarik daripada yang dijual di toko-toko. Luangkan waktu untuk mempelajari teknik pembuatan kartu, khususnya untuk bagian menggunting. Desain gambar sebagus apapun pasti akan rusak apabila digunting dengan cara yang salah.

  4. Siapkan Kata-Kata yang Menarik

    loader
    Siapkan kata-kata yang menarik

    Hindari kata-kata yang monoton, seperti “Selamat lebaran” atau hanya sekedar minta maaf pada kalimat pembuka. Coba gunakan kata-kata yang lebih menarik agar orang yang menerima makin antusias membaca kartu lebaran pemberianmu. Misalnya, diselingi dengan pantun atau kalimat berisi komedi, puisi dan sebagainya.

    Pada akhir kalimat nanti, kamu bisa membubuhi ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” atau “Selamat lebaran”, “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan arti dari ayat Al-Quran di akhir kalimatmu nanti.

  5. Tambahkan Gambar pada Bingkai

    Kamu juga bisa menyertakan gambar, tulisan kaligrafi, atau bingkai di bagian pinggir kartu ucapan.Mengingat momennya adalah lebaran, tidak ada salahnya jika kamu ingin menambahkan hiasan ayat suci Al’Quran. Pilih ayat yang paling menyentuh, sehingga pembaca makin menghayati makna lebaran yang sesungguhnya.

  6. Sertakan Hiasan yang Sesuai

    loader
    Sertakan hiasan yang sesuai

    Jika ingin kartu ucapan lebaran makin terlihat manis dan cantik, kamu bisa menambahkan berbagai hiasan. Hiasan ini bisa berupa kain perca yang dibentuk berbagai gambar, bisa bunga, hati, atau lainnya. Selain itu, pada kartu ucapan juga bisa ditambahkan dengan manik-manik atau kancing baju yang sudah tidak terpakai.

  7. Lilitkan Pita Berwarna

    loader
    Lilitkan pita berwarna

    Bukan hanya menarik, menambahkan dengan pita berwarna bisa membuat tampilan kartu ucapan menjadi lebih mewah dan spesial. Siapapun yang menerimanya pasti akan merasa senang karena merasa dirinya menjadi salah satu orang yang spesial di hari kemenangan ini.

    Pastikan kartu ucapan terbuat dari bahan yang agak tebal agar lebih mudah saat melilitkannya nanti. Untuk panjang pitanya sendiri, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Pilihlah warna pita yang sesuai dengan warna kartu atau antara kombinasi warna gambar sehingga kartu lebaran menjadi cantik.

  8. Sertakan Nama Penerima

    loader
    Sertakan nama penerima

    Mengingat kartu ucapan yang dibuat bukan hanya satu atau dua saja, maka pastikan kamu mencantumkan nama-nama penerima kartu ucapannya. Hal ini nantinya akan memudahkanmu saat menyerahkan kartu ucapan kepada orang yang tepat.Agar tidak merusak isi dan hiasan kartu, kamu bisa menempelkan sticky notes di bagian atas kartu ucapan lebaran. Setelah dibaca nanti, si penerima pun bisa menyimpan kartu ucapan itu.

Baca juga: Rekreasi Hemat Pengganti Mudik Lebaran

Buat Kartu Lebaran Sendiri Jauh Lebih Berkesan

Jika dibandingkan dengan membeli, membuat kartu ucapan lebaran sendiri memang membutuhkan effort lebih. Tapi, kesan yang ditinggalkan pun jauh lebih tinggi lagi. Jika punya waktu lebih, apa salahnya kalau membuat kartu ucapan sendiri untuk orang-orang terkasih. Selamat mencoba!