12 Rekomendasi Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Mahasiswa, Biar Kuliah Makin Lancar

Menjadi seorang pelajar, terutama sebagai mahasiswa bukanlah tugas yang mudah dilakukan, ketekunan dan kecepatan dalam mengerjakan berbagai macam tugas menjadi hal yang penting. Maka dari itu, untuk mempermudah para mahasiswa menjalani tugasnya sebagai pelajar adalah dengan menggunakan laptop.

Laptop yang digunakan para mahasiswa juga harus didukung oleh aplikasi-aplikasi guna dapat memudahkan, dan menunjang segala macam aktivitas, terutama belajar dan mengerjakan tugas. Dengan adanya aplikasi di laptop tersebut, beban kerja penugasan dapat diselesaikan dengan waktu yang efisien.

Baca Juga: 8 Tips Membeli Laptop untuk Keperluan Pekerjaan

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Aplikasi untuk Laptop Mahasiswa

loader

Rekoemndasi Aplikasi Laptop untuk Mahasiswa

Lantas apa saja aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa? Berikut adalah rincian dan juga penjelasannya yang dirangkum dari berbagai macam sumber;

  1. Aplikasi Pengolah Dokumen

    Aplikasi wajib yang harus ada di laptop para mahasiswa pertama adalah software untuk mengolah dokumen. Kenapa ini sangat diperlukan? Karena kebanyakan tugas yang dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah menulis atau mencatat, serta mengolah suatu dokumen dalam berbagai macam bentuk.

    Aplikasi yang kebanyakan ada di sebuah laptop untuk mengolah dokumen adalah Microsoft Office yang di dalamnya terdapat Microsoft Office Word, Microsoft Office Power Point, dan juga Microsoft Office Excel. Selain itu ada pula WPS Office, serta Libre Office dengan fungsi yang sama dengan Microsoft Office.

  2. Aplikasi Browser

    Salah satu aplikasi wajib yang harus ada di laptop mahasiswa selanjutnya adalah web browser yang kini sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk dan macamnya. Software ini berfungsi untuk berselancar untuk mengakses apapun dengan menggunakan internet, dengan demikian apapun materi atau pembelajaran yang ingin dicari bisa dilakukan oleh para mahasiswa guna memudahkan proses belajarnya.

    Biasanya software web browser yang biasa digunakan adalah Google Chrome, kemudian disusul oleh Mozilla Firefox. Selain kedua aplikasi tersebut, kalian juga bisa mencoba web browser lainnya, seperti diantaranya UC Browser, Opera, Safari, Yandex hingga Microsoft Edge.

  3. PDF Reader

    PDF Reader menjadi aplikasi yang harus ada di laptop para mahasiswa, pasalnya software ini memiliki fungsi untuk membaca dokumen dari dosen yang biasanya berisikan materi maupun tugas kuliah. Aplikasi PDF Reader diantaranya ada Adobe Acrobat Reader, Nitro PDF, Slim PDF, Expert PDF Reader, WPS Office, hingga Javelin PDF.

  4. Aplikasi Kamus

    Sebagai seorang mahasiswa, biasanya akan membutuhkan aplikasi kamus untuk menunjang proses belajar. Pasalnya, jurnal yang kalian butuhkan untuk membantu mengerjakan tugas berbahasa asing, maka aplikasi kamus menjadi software yang penting ada di laptop.

    Aplikasi kamus populer yang wajib ada di laptop para mahasiswa, diantaranya ada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus 2.04 Ebsoft, Indodic, hingga QTranslate.

  5. Aplikasi Desain dan Edit Foto

    Aplikasi untuk desain dan edit foto atau gambar biasanya dibutuhkan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan fotografi hingga desain. Aplikasi ini bisa memudahkan para mahasiswa melakukan berbagai macam tugasnya, dan juga membuat menarik foto atau desain yang dibuat.

    Terdapat banyak sekali aplikasi desain dan edit foto untuk mahasiswa, diantaranya ada Adobe Photoshop, CorelDRAW, Adobe Lightroom, Photo Scape, Pixlr Online, Photo Pos Pro, DxO Photolab, Paintshop Pro, Skylum Luminar, Affinity Photo, GIMP (GNU Image Manipulation Program), Capture One Pro. Kamu bisa pilih yang paling bisa digunakan untuk membantu selama kuliah.

  6. Antivirus

    Agar dokumen dan juga film yang disimpan di dalam laptop dapat terjaga dengan aman dari virus, maka setiap mahasiswa memerlukan aplikasi untuk menangkal penyebaran virus di laptop kalian. Sebelum install aplikasi antivirus, terdapat sejumlah rekomendasi software yang bisa dipilih.

    Sejumlah rekomendasi aplikasi antivirus tersebut diantaranya adalah Windows Security (Aplikasi bawaan OS Windows), Bitdefender, Kaspersky, Avira, SmadaV, Avast, McAfee, AVG, Norton, ESET, dan MalwareBytes. Jadi para mahasiswa, jangan lupa install antivirus di laptop kalian ya!

  7. Aplikasi Transfer File

    Aplikasi yang wajib ada di laptop seorang mahasiswa lainnya adalah software untuk transfer data dan file. Ini dianggap penting lantaran mahasiswa biasanya akan melakukan transfer sebuah dokumen tugas ataupun catatan untuk menunjang proses pendidikannya selama kuliah.

    Selain itu, aplikasi transfer file kini lebih banyak diminati dibandingkan hardware penyimpanan data, seperti flash disk yang lebih rawan terhadap penyebaran virus antar device atau laptop orang lain. Rekomendasi software untuk memindai data diantaranya ada SHAREit, Xender, Zapya, Feem, Send Anywhere, dan juga Share me Files.

  8. Aplikasi Video Meeting

    Pembelajaran secara daring atau online memang beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah trend karena kerap dilakukan, apalagi pada saat penyebaran virus Corona (Covid-19) yang melanda ratusan negara, tak terkecuali Indonesia. Saat itu, pelajar lebih banyak menghabiskan proses belajar-mengajar dengan guru atau dosen melalui daring.

    Namun hingga kini pembelajaran secara daring masih banyak digunakan karena dianggap lebih efisien waktu dan praktis, maka dari itu aplikasi ini wajib dimiliki mahasiswa pada laptopnya. Beberapa software yang bisa diinstal diantaranya ada Zoom dan Google Meet.

  9. Aplikasi Penyimpanan Data

    Terdapat dua bentuk penyimpanan data, yakni hardware dan juga aplikasi atau software online. Dari dua jenis ini, disarankan agar mahasiswa juga memiliki aplikasi penyimpanan file secara online dibandingkan hanya mengandalkan hardware, seperti hardisk dan flashdisk yang rawan rusak.

    Selain itu, menggunakan aplikasi penyimpanan data secara online lebih praktis dan juga sudah tersedia berbagai macam jenisnya. Berikut diantaranya pilihan software penyimpanan data yang bisa kalian pilih, yakni Google Cloud, OneDrive, IDrive, PCloud, Dropbox, SpiderOakOne, Mega, dan Tresorit.

  10. Aplikasi Optimasi Data Laptop

    Memiliki aplikasi yang dapat mengoptimasi serta menjaga jalannya operasi atau prosesor laptop memang diperlukan, apalagi jika kalian seorang mahasiswa. Software pengoptimasi data laptop ini berfungsi membersihkan sampah atau junk data pada aplikasi.

    Maka dari itu, jika tidak memiliki software ini, maka pengerjaan tugas maupun proses belajar mahasiswa akan terhambat karena laptop berjalan sangat lambat alias lemot. Berikut rekomendasi aplikasinya kalau kamu masih bingung memilihnya, seperti misalnya CCleaner, Iobit Advance SystemCare, AVG PC TuneUp, Avast Cleanup, Advance System Optimizer, Ashampoo WinOptimizer, Razer Cortex, Total PC Cleaner, Iolo System Mechanic, dan Disk Cleanup.

    Baca Juga: 13 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Jangan Buru-Buru Service!

  11. Aplikasi Pemutar Video

    Tak hanya selalu belajar, terkadang mahasiswa juga membutuhkan hiburan untuk menenangkan pikiran dari berbagai macam tugas dan pelajaran selama berada di kampus. Maka dari itu, aplikasi di laptop yang dibutuhkan selanjutnya adalah software pemutar video.

    Aplikasi pemutar video tersebut nantinya bisa digunakan mahasiswa untuk memutar film sebagai bahan hiburan saat senggang. Kendati demikian, jangan terlena dengan menonton film dalam waktu yang lama karena akan menghambat pengerjaan tugas, ada baiknya untuk menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugasmu sebelum menonton.

  12. Aplikasi Kompres Data

    Ketika menjadi seorang mahasiswa, maka data atau file yang ada di laptop cenderung banyak dan kadang-kadang disimpan pada file yang acak. Maka dari itu, diperlukan aplikasi untuk menyusun dan mengompres arsip data tersebut agar dapat terorganisir dengan baik.

    Para mahasiswa juga tentunya tidak asing dengan istilah .rar atau .zip: ketika ingin membuka file dengan ekstensi seperti itu. Guna bisa membuka file tersebut, maka aplikasi yang dibutuhkan diantaranya adalah WinZIP, Winrar, Bandizip, iZarc, 7zip, HaoZip, serta juga PeaZip.

Sebagai Mahasiswa, Apakah Kamu Sudah Punya Semua Aplikasi Itu?

loader

Laptop sangat Penting untuk Mahasiswa

Sederet aplikasi pada laptop yang telah disebutkan tersebut diharapkan bisa menjadi rekomendasi dan referensi para mahasiswa, dan dapat memudahkan kalian untuk menjalani proses belajar-mengajar selama berkuliah di kampus masing-masing. Selain itu, dengan adanya aplikasi itu dapat membantu dan mengerjakan tugas kuliah dengan cepat dan tepat.

Dikarenakan masih menjadi mahasiswa, maka disarankan untuk memilih aplikasi-aplikasi pendukung kuliah yang tidak berbayar. Kendati demikian, diantara software untuk laptop yang sudah disebutkan kebanyakan dapat diperoleh secara gratis.

Jika kalian sudah memiliki aplikasi-aplikasi tersebut, maka jangan lupa untuk melakukan pengembangan software atau upgrade agar dapat berjalan dengan lancar dan dapat menikmati fitur-fitur terbaru dari aplikasi itu. Selain itu, pilih juga aplikasi laptop sesuai kebutuhan dan cocok dengan preferensi kalian.

Jadi bagaimana, apakah kalian sudah memiliki semua aplikasi di laptop yang dibutuhkan mahasiswa tersebut?

Baca Juga: Ingin Punya Laptop Baru? Yuk, Intip Tips dan Trik Atur Keuangan untuk Membelinya Ini