Rekomendasi Produk Untuk Menabung di Bank Paling yang Menguntungkan

Bank merupakan layanan keuangan yang dianggap lebih efektif dan aman untuk menyimpan uang. Sebagai lembaga keuangan, bank menyediakan berbagai layanan yang lengkap dan menguntungkan nasabah. Mulai dari ATM, mobile banking, deposito, dan lain sebagainya.

Tidak jarang ada banyak promo yang diberikan untuk nasabah setia, baik berupa voucher, undian, dan bunga dalam jumlah besar. Di antara banyaknya produk menabung di bank, kamu harus tahu produk apa saja yang paling menguntungkan. Bahkan, bamu bisa memanfaatkannya untuk investasi sambil berbisnis. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Tips Ajarkan Anak Menabung

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Produk untuk Menabung di Bank

loader

Menabung di Bank

Produk keuangan bank bisa dikatakan sebagai investasi masa depan terbaik. Tidak hanya menyimpan uang dengan aman, bank juga memberikan keuntungan untuk nasabah, salah satunya bunga. Hal ini bisa disebut juga dengan berbisnis saat menabung.

Jika memiliki dana mengendap yang besar, tidak ada salahnya mencoba mengalihkan pada produk simpanan berikut ini.

  1. Deposito

    Deposito adalah produk bank yang sangat menguntungkan. Tidak ada potongan biaya administrasi, tetapi sebaliknya malah mendapatkan keuntungan, berupa suku bunga sebesar 5% hingga 6.5% setiap tahun.

    Jumlah suku bunga tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan menabung secara konvensional. Setiap tahun, uang akan terus bertambah hingga jatuh tempo pencairan deposito.

    Untuk aktivasi deposito, kamu perlu menyiapkan setidaknya Rp10.000.000. Selain itu, waktu penarikan juga hanya bisa dilakukan sesuai tempo disepakati. Oleh karena itu, deposito cocok dijadikan sebagai tabungan jangka panjang.

  2. Reksa Dana

    Produk reksa dana adalah layanan investasi dari bank. Sistem keuangannya dikelola langsung oleh bank. Layanan ini berguna jika ingin menjadi investor pemula yang ingin melipatgandakan uangnya.

    Modal untuk membuka reksa dana pun terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan dana Rp100.000. Dengan jumlah tersebut, maka sudah dapat memperoleh keuntungan maksimal 20% pertahun.

  3. Tabungan Berjangka

    Tabungan berjangka adalah produk turunan dari deposito. Layanan investasi satu ini sangat menguntungkan nasabah dari segi keamanan. Bentuknya bukan sebagai investasi, melainkan simpanan.

    Di sini, kamu bisa menabung dalam tenor 1 tahun hingga 2 tahun. Dana dari rekening tabungan akan otomatis terpotong sesuai nominal disepakati. Kemudian, dana tersebut akan masuk ke dalam tabungan berjangka.

    Uangnya baru bisa diterima nasabah jika telah memenuhi syarat tenor. Ini efektif untuk menjaga uang tetap aman dan terhindar dari pemakaian konsumtif.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Baca juga: Cara Menabung di Bank yang Efektif

Cara Mengelola Tabungan Untuk Pemula

  • Ketahui Tujuan Menabung

    Setiap orang memiliki tujuan berbeda saat menabung. Maka, sebelum memilih menabung tetapkan tujuan dan skala prioritasnya di masa depan. Misalnya, tabungan hari tua dan dana darurat dapat menjadi skala prioritas yang utama dalam menabung.

  • Gunakan Rekening Tabungan Terpisah

    Jika memiliki beberapa kebutuhan tabungan berbeda. Sebaiknya, gunakan rekening secara terpisah. Dengan begitu, dana di dalam rekening tidak terganggu satu sama lain, dan juga lebih mudah untuk dikelola.

  • Sisihkan Gaji Secara Konsisten

    Buatlah anggaran keuangan setiap kali gajian. Pastikan bahwa gaji teralokasikan dengan optimal dan konsisten. Dengan begitu, tabungan dana darurat, tabungan hari tua, dan lainnya bisa terpenuhi dengan baik.

  • Jauhi Kredit dan Hutang

    Hindari pinjaman dan kredit jika tidak diperlukan. Layanan kredit akan mengganggu stabilitas keuangan nantinya. Selain itu, juga dapat memicu perilaku konsumtif, sebaiknya kamu mulai membiasakan menabung jika menginginkan sesuatu.

  • Manfaatkan Produk Investasi Bank

    Langkah selanjutnya adalah dengan memilih produk investasi bank terbaik, kamu bisa memilih satu dari tiga produk paling menguntungkan di atas. Namun, sebelum memilih produk investasi, pastikan bahwa dana harian dan dana darurat telah terpenuhi.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Produk untuk Menabung Di Bank

loader

Menabung di Bank

Perlu diketahui bahwa setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitupun dengan layanan bank, kamu harus selektif memilih layanan bank. Carilah layanan yang menyediakan lebih banyak kelebihan untuk keuangan.

Kelebihan

Bank merupakan layanan paling tepat untuk menabung saat ini. Ada banyak kelebihan yang diberikan untuk membantu keuangan nasabah.

  • Mendukung sistem keamanan tinggi, baik dengan sistem keamanan fisik ataupun non-fisik.
  • Nasabah dilindungi oleh hukum dan Undang-Undang yang sah sehingga dana dipastikan tidak akan hilang.
  • Memberikan suku bunga sebagai imbalan kepada nasabah. Suku bunga secara otomatis akan menambah saldo tabungan. Jumlah suku bunga bergantung pada nominal saldo tabungan.
  • Layanan transaksi beragam dan mudah diakses. Misalnya, saja transaksi transfer bank, pembayaran air dan listrik, tagihan, dan top-up e-wallet.
  • Tersedia fitur mobile banking sehingga transaksi bisa dilakukan via aplikasi handphone. Dengan begitu, nasabah hanya perlu mengunjungi ATM untuk tarik dan setor tunai saja.
  • Memberikan bonus bagi nasabah pada acara khusus. Bonus tersebut dapat berupa voucher ataupun undian berhadiah.
  • Audit keuangan nasabah bisa diakses melalui history mutasi. Dengan begitu, nasabah bisa mengetahui aliran dana yang diterima dan dikeluarkan.

Kelemahan

Kelemahan bank umumnya terletak pada biaya layanan. Misalnya, potongan administrasi bulanan, biaya transfer, dan batas limit. Biaya potongan dan batas limit setiap bank berbeda, maka carilah bank dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Pilih Produk Bank Terbaik untuk Menabung Lebih Efektif

Deposito, reksadana, dan tabungan berjangka dapat membuat uang yang ditabung di bank mengalami pertumbuhan. Jadi, walaupun disimpan dalam waktu lama nilainya akan meningkat beberapa tahun kedepan.

Kuncinya adalah rajin menambah nilai tabungan. Dengan begitu keuntungan suku bunga yang dinikmati lebih besar. Nominal tabungan pun akan bertambah banyak.