Menabung Pangkal Kaya Atau Miskin?

Jawabannya sudah jelas bikin kaya. Memang, menabung membuat kita harus mengecilkan pos pengeluaran tertentu agar kemudian bisa dialihkan ke rekening tabungan. Namun, aktivitas menabung sama sekali tidak mengurangi kesempatan bagi kita untuk traveling dan merasa bahagia.

Justru dengan menabung, kita semakin kaya dalam banyak hal. Tidak hanya dari segi jumlah uang yang bisa dikumpulkan, kebahagiaan, maupun pengalaman, tapi juga kaya dalam kebaikan.

Sewaktu kita berhasil membuktikan kalau menabung bisa bikin kaya, kita dengan senang hati berbagi tips-tips menabung kepada orang yang membutuhkan. Alhasil, semakin banyak orang yang kecipratan manfaat dari menabung.

Manfaat Menabung yang Didapatkan

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Finansial yang stabil

loader

Menabung tidak ada ruginya, kok. Justru finansialmu akan semakin stabil kalau semakin banyak menabung. Setidaknya kita punya simpanan untuk membiayai pengeluaran yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Jika uang yang ditabung berupa dana darurat, misalnya, kita bisa gunakan untuk kebutuhan darurat. Jika suatu ketika kita sendiri jatuh sakit, setidaknya kita mampu membeli obat-obat paten untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Kita secara tidak langsung jauh dari utang, yang konon katanya dapat menjerumuskan finansial. Kita hanya perlu menyisihkan 15% sampai 20% dari total gaji untuk ditabung agar finansial tetap terjaga kestabilannya.

2. Masa tua terjamin

Uang yang bisa dikumpulkan sudah pasti lebih banyak kalau kita sering menabung. Anggaplah gaji per bulan Rp 7 juta dan bisa menyisihkan 20%, kita sudah mengamankan Rp 1,4 juta agar tidak dipakai untuk membiayai kebutuhan lain. Uang yang terkumpul sudah Rp 16,8 juta dalam setahun, kalau dalam 10 tahun? 

Uangnya bisa digunakan untuk mencicil tabungan masa tua. Jadi walaupun nantinya kita tidak bekerja sewaktu pensiun, setidaknya kita masih berkecukupan. Ya, masih bisa memenuhi kebutuhan makan, minum, dan beli vitamin untuk menunjang kesehatan.

Persentase tabungan bisa disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing. Kalau kita sanggupnya menyisihkan 10% dari total gaji, tidak apa-apa daripada sama sekali tidak ada disisihkan.

Baca Juga: 10 Trik Menabung Paling Ampuh, Patut Dicoba!

3. Bisa belanja aset

loader

Inilah untungnya menabung. Uang yang sudah terkumpul bisa kita belanjakan aset agar uang bisa bertumbuh dalam kurun waktu tertentu. Aset yang bisa dibelanjakan pastinya yang menguntungkan, seperti rumah, tanah, ruko, emas, atau mungkin saham.

Semakin lama suatu aset disimpan, pertumbuhannya akan semakin signifikan. Misalnya, properti yang harganya rata-rata bisa bertumbuh 5% per tahun. Jika harga properti tahun 2021 Rp 900 juta, maka harganya meningkat Rp 45 juta menjadi Rp 945 juta pada tahun 2022.

Mungkin dalam waktu 10-20 tahun mendatang, kita bisa memperoleh keuntungan 100% kalau menjual properti tersebut pada momen yang pas. Kita tidak pernah tahu, kan?

4. Mengantisipasi ketakutan

Manfaat menabung selanjutnya adalah mengantisipasi ketakutan kita akan kondisi ekonomi di masa mendatang. Misalnya, sewaktu omzet penjualan bisnis mengalami penurunan atau terjadinya inflasi yang tidak disertai dengan kenaikan gaji. 

Adanya tabungan membuat kita merasa aman akan biaya hidup yang rutin dikeluarkan setiap bulan. Setidaknya kita masih bisa makan, beli barang baru, jalan-jalan, dan memanjakan diri.

Bayangkan jadi apa kita nanti tanpa tabungan? Mungkin saja kita yang tadinya hidup berkecukupan menjadi sulit memenuhi kebutuhan hidup karena minimnya cash yang tersisa di rekening.

Baca Juga: 10 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

5. Persiapan masa depan anak

loader

Teruntuk kita yang nantinya akan menjadi orang tua, tabungan yang disisihkan sejak muda bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan masa depan anak. Kita bisa sekolahkan dia di sekolah terbaik dari TK sampai lulus kuliah, bahkan membekalinya dengan sejumlah les untuk mempertajam kompetensinya dalam bidang tertentu.

Paling tidak uang yang kita kumpulkan bisa membiayai sekolahnya sampai SD, belum ditambah tabungan pasangan untuk SMP dan tabungan bersama sampai anak lulus. Pendidikan anak pastinya tidak akan terbengkalai sedikitpun.

Kita merasa sangat aman dengan adanya uang di tabungan. Apalagi melihat kenaikan biaya pendidikan yang bisa mencapai 20% per tahun. 

Menabung Banyak Manfaatnya, Lho!

Bagi yang selama ini mengira menabung tidak ada gunanya, maka salah besar. Terbukti kalau manfaat yang bisa didapatkan dari menabung sangatlah banyak, kita bisa langsung sesuaikan manfaat tersebut dengan kebutuhan finansial masing-masing. Jadi, yakin masih mau menganggap remeh pentingnya menabung saat usia masih muda?

Baca Juga: 6 Ide Menabung Jangka Pendek yang Bisa Kamu Coba