Mengenal Program SIMPKB Guru Belajar

SIMPKB merupakan salah satu program yang diwajibkan oleh pemerintah dalam rangka mengembangkan keprofesian guru. Guru merupakan tenaga pendidik dan sekaligus ujung tombak yang akan memberikan pendidikan secara langsung kepada peserta didik (siswa).

Kenyataan tersebutlah yang menjadi salah satu alasan pemerintah untuk mengadakan SIMPKB guru bagi seluruh tenaga pengajar yang ada di tanah air. Program SIMPKB ID ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru sebagai pengajar, sehingga kualitas pendidikan yang diterima siswa juga lebih meningkat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa itu SIMPKB? 

loader

Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau yang biasa disingkat SIMPKB adalah sebuah program wajib yang dikeluarkan oleh Kemendikbud untuk diikuti oleh semua guru, dimana program ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan kompetensi para guru tersebut. 

SIMPKB ID merupakan program khusus yang dibuat oleh pemerintah untuk seluruh guru yang ada di tanah air.  Program ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas semua guru, di mana hal ini diharapkan dapat menciptakan kualitas pendidikan yang semakin baik kedepannya. 

SIMPKB guru ini juga merupakan salah satu persyaratan bagi guru dalam mendapatkan program tertentu, seperti tunjangan dan yang lainnya. Diharapkan semua guru bisa mengikuti program ini dan mendapatkan manfaat untuk pengembangan profesi mereka. 

Tujuan utama dari  PPG SIMPKB sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa dan memaksimalkan kemampuan para guru, di mana hal ini bisa berjalan sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya dengan cara bekerja online dari rumah. 

PPG SIMPKB diharapkan bisa memberi siswa pemahaman serta pendalaman materi belajar yang menjadi jauh lebih baik, seperti: keterampilan, ilmu terapan, ilmu sosial, dan yang lainnya. Program ini akan membantu para siswa mendapatkan ilmu yang lebih bermutu dari sebelumnya. 

Di lain sisi, hasil belajar yang lebih baik dan bermutu seperti ini, akan jadi tolak ukur untuk proses peningkatan jabatan/ profesi guru sebagai seorang pengajar. Program PPG SIMPKB ini diharapkan bisa memperbaiki kualitas pendidikan di tanah air secara keseluruhan. 

Baca Juga: Pertanyaan Contoh Wawancara Kerja dan Jawabannya

Syarat Mengikuti SIMPKB

Pada dasarnya, program SIMPKB guru bisa diikuti seluruh guru di tanah air. Namun pemerintah juga menerapkan kriteria tertentu untuk mengikuti program yang satu ini. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan hasil akhir yang kelak bisa didapatkan dari program tersebut.  

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi guru, jika ingin mengikuti program SIMPKB ID:

  • Memiliki nilai minimum 65 untuk hasil Uji Kompetensi Guru (UKG), dimulai dari 3-10 kelompok kompetensi. Jika belum memiliki atau memenuhi nilai UKG, maka wajib mengikuti UKG tersebut. 
  • Sudah terdaftar di komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), sesuai dengan wilayah naungan Kemendikbud. 
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan 2 kelompok kompetensi yang mendapatkan nilai terendah dalam satu tahun. 

Guru harus memenuhi beberapa persyaratan di atas terlebih dahulu, sehingga yang bersangkutan bisa melakukan pendaftaran untuk mengikuti program SIMPKB guru dengan lancar. 

Cara Melakukan Pendaftaran SIMPKB

Program PPG SIMPKB bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang didapatkan para peserta didik. Hal ini tentu bisa diwujudkan jika para guru bisa mengikuti program ini dengan baik, sehingga baik guru maupun siswa bisa mendapatkan manfaatnya. 

Pemerintah sendiri sangat mengharapkan program SIMPKB ID ini bisa berjalan dengan sukses. Hal ini dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan memberi akses yang mudah bagi para guru untuk melakukan pendaftaran maupun mengikutinya dengan cara yang mudah. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan untuk mendaftar SIMPKB: 

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah guru termasuk dalam kriteria SIMPKB, dimana nilai kompetensinya ada di bawah rata-rata. 
  • Lakukan pendaftaran melalui situs resmi Kemendikbud di  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi
  • lengkapi seluruh formulir yang disediakan, pastikan semua data terisi dengan baik dan benar. 
  • Isikan kode captcha yang tercantum pada layar komputer.
  • Klik tombol, “register”.
  • Sampai di tahap ini, proses pendaftaran sudah selesai. 

Namun jika proses pendaftaran tidak sukses (gagal), maka segera hubungi admin PKB di kantor Dinas Pendidikan setempat. Selain itu, guru juga bisa mengajukan laporan terkait hal tersebut kepada Ketua MGMP. Pastikan proses pendaftaran ini berjalan dengan sukses, agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. 

Cara Login SIMPKB

loader

Proses login ke situs resmi SIMPKB guru tentu hanya bisa dilakukan jika sebelumnya sudah berhasil melakukan pendaftaran untuk program yang satu ini. Pemerintah sendiri mengembangkan situs ini untuk memberi kemudahan bagi para guru untuk mengakses program SIMPKB dengan cepat. 

SIMPKB ID sendiri berbasis online, sehingga para guru harus menggunakan layanan internet yang cukup stabil untuk bisa mengaksesnya dengan lancar. Hal ini penting, terutama saat akan mengikuti tes kompetensi yang terdapat di situs tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk login ke situs PPG SIMPKB: 

  • Buka browser dan ketikkan link berikut ini dengan benar, https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgo/login.
  • Ketikkan alamat email yang digunakan saat melakukan pendaftaran, serta password yang diberikan oleh Dinas Pendidikan.
  • Klik tombol “Login” untuk mengakses halaman utama SIMPKB. 
  • Jika lupa password yang sebelumnya sudah digunakan, maka gunakan layanan penggantian password dengan cara klik menu “Lupa Password”, lalu lakukan penggantian password dengan yang baru. 
  • Namun jika masih mengalami kendala untuk mengakses halaman utama tersebut (Login), maka segera hubungi ketua MGMP di wilayah setempat untuk mendapatkan bantuan. 

Jika sudah berhasil mengakses halaman situs SIMPKB, maka guru bisa memilih layanan sesuai dengan kebutuhannya. 

Baca Juga: Masih Bingung Memilih Karir? Coba Lakukan Tes Kepribadian Saja!

Cara Mengecek Nomor UKG 

Situs resmi SIMPKB memuat berbagai layanan yang akan membantu para guru untuk memanfaatkan program ini secara maksimal. Ada banyak informasi yang bisa dicek melalui situs ini, termasuk komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan juga Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi Pendidik (SKTP). 

Para guru juga bisa melakukan pengecekan terkait data dirinya dengan mudah, untuk memastikan bahwa semua data yang tercantum di sana sudah benar. Namun jika terdapat kesalahan data, maka guru bisa menghubungi pihak sekolah dan meminta mereka untuk melakukan koreksi pada data tersebut. 

Di antara banyak aktivitas yang dilakukan para guru pada situs SIMPKB, memeriksa nomor UKG merupakan salah satu yang paling sering dilakukan. Hal ini penting, terutama bagi para guru yang baru saja melakukan pendaftaran dan akan segera mengikuti tes tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan nomor GTK di situs SIMPKB: 

  • Loginlah ke situs resmi SIMPKB dengan menggunakan email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan. 
  • Akses halaman utama dan ketikkan data pribadi pada kolom yang tersedia dengan benar, isikan data sesuai dengan yang tercantum pada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
  • Selain menggunakan nama lengkap, kolom pencarian ini juga bisa diisi dengan nomor peserta UKG.
  • Klik menu wilayah domisili, pilih nama provinsi.
  • Lanjutkan dengan memilih nama kabupaten atau kota. 
  • Klik tombol “Cari GTK” untuk melakukan pencarian nomor GTK, lalu tunggu beberapa saat. 
  • Nomor GTK akan muncul pada layar, termasuk berbagai data lainnya. 

Pada dasarnya, pemerintah membuat situs SIMPKB ini cukup simpel dan mudah untuk digunakan, sehingga para guru bisa memanfaatkannya secara maksimal. Hal ini tentu akan sangat membantu, mengingat yang mengakses situs ini adalah seluruh guru yang ada di Indonesia. 

Namun jika masih ada kendala saat mengakses atau bahkan mencari informasi lainnya yang dibutuhkan di situs tersebut, maka para guru bisa meminta bantuan kepada admin atau melaporkan kendala tersebut kepada Ketua MGMP di wilayah setempat. 

Program SIMPKB akan Memperbaiki Kualitas Pendidikan 

SIMPKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Ini merupakan program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas profesionalisme para guru dan sekaligus memperbaiki kualitas pendidikan yang diterima para peserta didik. Penting bagi para guru untuk mengikuti program yang satu ini dengan baik, agar tujuan pengadaannya bisa tercapai secara maksimal.

Baca Juga: Bagaimana Cara Negosiasi Gaji? Apa Saja yang Perlu Disiapkan?