Biaya Operasi Katarak Terbaru, Pakai BPJS 100% Gratis

Katarak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam istilah khusus kedokteran) memiliki arti pengaburan lensa mata dan membran transparan di sekitarnya yang menghalangi jalan masuknya cahaya. Pengaburan lensa mata disebabkan munculnya selaput yang membuat pandangan mata menjadi samar, seperti berawan dan keruh.

Kemunculan awal katarak umumnya tidak terasa mengganggu. Namun, perlahan-lahan katarak akan mengganggu penglihatan hingga sulit melakukan aktivitas sehari-hari, seperti sulit membaca, pandangan terbatas saat menyetir, dan pandangan menjadi sensitif ketika terkena sinar yang menyilaukan. Penyakit mata dapat menjadi penyebab utama kebutaan, termasuk katarak.

Bagi yang mengalami gejala, seperti pandangan mata samar atau kabur dan berkabut alangkah baiknya segera dikonsultasikan kepada dokter. Dokter akan memeriksa bagian mata secara menyeluruh dan memberikan hasil diagnosis katarak. Pengobatan penyakit katarak harus melalui prosedur operasi di rumah sakit. Bagi yang berencana melakukan operasi katarak, ketahui biaya operasi katarak terbaru 2022 beserta metode dan prosedurnya berikut ini.

Baca juga: Operasi LASIK: Persiapan, Prosedur, hingga Efek Sampingnya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Katarak Terbaru

Biaya operasi katarak dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, di antaranya rumah sakit, metode atau teknis operasi, jenis lensa yang dipilih, dan jenis obat bius. Di beberapa rumah sakit swasta di Indonesia rentang biaya operasi katarak adalah dari Rp6.500.000 hingga Rp16.000.000 untuk satu mata saja. Di negara tetangga Malaysia, biaya operasi katarak dapat mencapai angka awal mulai dari Rp11.000.000. Untuk gambaran lengkapnya mengenai biaya operasi katarak, berikut rincian biayanya di beberapa rumah sakit, baik rumah sakit khusus mata dan rumah sakit umum di beberapa wilayah di Indonesia.

No.

Daerah

Kisaran Biaya Operasi Katarak

1.

Jakarta Pusat

Rp11.890.700 - Rp19.700.000

2. 

Jakarta Barat

Rp19.700.000

3.

Jakarta Timur

Rp10.000.000

4.

Jakarta Selatan

Rp7.750.000 - Rp19.700.000

5.

Jakarta Utara

Rp3.460.000 - Rp10.700.000

6.

Bogor

Rp3.000.000 - Rp12.000.000

7.

Depok

Rp2.860.000 - Rp11.500.000

8.

Tangerang

Rp6.323.000 - Rp8.850.000

9.

Bekasi

Rp4.064.000 - Rp9.699.000

10.

Bandung

Rp8.000.000 - Rp14.500.000

11.

Surabaya

Rp3.000.000 - Rp14.000.000

12.

Semarang

Rp19.700.000

13.

Yogyakarta

Rp3.125.000 - Rp11.000.000

14.

Medan

Rp3.500.000 - Rp9.500.000

15.

Padang

Rp9.500.000

16.

Pekanbaru

Rp3.750.000 - Rp8.000.000

17.

Makassar

Rp1.220.000 - Rp9.062.000

18.

Bali

Rp4.735.000

Perlu diingat bahwa biaya operasi katarak di atas merupakan kisaran, bukan harga pasti. Biaya operasi katarak tergantung pada berbagai unsur, seperti rumah sakit, tingkat tindakan, dan metode tindakan. Jika ingin mengetahui biaya operasi katarak yang pasti, kunjungi fasilitas kesehatan yang menyediakan operasi katarak.

Biaya Operasi Katarak dengan BPJS

loader

Biaya Operasi Katarak dengan BPJS

Dari rincian biaya di atas, diketahui bahwa biaya operasi katarak cukup mahal. Biayanya dapat mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Jika tidak memiliki jaminan kesehatan, seperti asuransi kesehatan atau pun kartu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan), kemungkinan biaya operasi itu akan sangat membebani keuangan.

Kabar baiknya bagi yang memiliki kartu BPJS atau terdaftar sebagai anggota BPJS, kamu memiliki hak menggunakan layanan BPJS untuk operasi katarak. BPJS menanggung biaya operasi katarak, sehingga operasi katarak dapat dilakukan secara gratis. 

Namun sebelumnya, kamu harus mengikuti beberapa prosedur, yaitu mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan pertama (Faskes tingkat 1) dan setelah itu melakukan pemeriksaan ke spesialis mata. Keputusan dilakukannya operasi atau tidak adalah melalui hasil dari diagnosis dokter spesialis mata. Jika hasil diagnosis dokter mengharuskan operasi katarak, barulah kamu dapat menggunakan layanan BPJS.

Biaya Operasi Katarak Berdasarkan Lensa yang Digunakan

Sebelum dilakukan operasi, pasien operasi katarak mendapatkan penjelasan menyeluruh terkait dengan prosedur operasi, seperti tahapan-tahapan operasi, risiko, manfaat, dan arahan terhadap aktivitas pasca operasi. Semua prosedur tersebut diterapkan di seluruh rumah sakit dengan pilihan yang sama, tak terkecuali pilihan penggantian lensa mata. Penggantian lensa mata baru menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan biaya operasi katarak.

Salah satu rumah sakit di Jakarta, yakni Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare memberikan empat pilihan paket operasi katarak yang berbeda kepada pasiennya. Tiap paket itu memiliki pilihan penggantian lensa yang berbeda-beda. Lensa yang ditawarkan memiliki kelebihannya masing-masing.   

1. Lensa Monofokal

Lensa monofokal termasuk ke dalam jenis lensa intraokular. Lensa ini menjadi pilihan yang paling sering dipilih oleh pasien katarak. Sebagian besar asuransi juga hanya menjamin biaya untuk pemilihan lensa monofokal dalam operasi katarak. Lensa monofokal memiliki fitur dapat memperbaiki penglihatan jarak jauh atau jarak dekat. Artinya, pasien harus memilih salah satu, apakah rabun jauh atau rabun dekat yang akan diperbaiki, sebab lensa monofokal tidak dapat fokus sekaligus ke keduanya. 

2. Lensa Asferis

Desain lensa monofokal biasa berbentuk bulat di kedua sisi (sferis). Sementara, lensa mata alami tidak sepenuhnya bulat sempurna dan bentuk lekukan di kedua sisi pun tidak sama rata. Jenis lensa asferis ini hadir untuk seakurat mungkin bentuknya menyerupai lensa mata alami.

Lensa mata asferis memiliki keunggulan yang lebih daripada lensa monofokal biasa. Lensa asferis mampu menghasilkan pandangan yang tajam melebihi lensa monofokal biasa. Dalam kondisi cahaya redup, lensa asferis juga memiliki penglihatan yang lebih baik.

Di Klinik Mata Nusantara (KMN), lensa asferis yang dapat dipilih adalah Acrysof ® IQ (Single Piece) yang sudah termasuk ke dalam layanan paket gold dengan harga Rp20.000.000 per mata. Dalam paket gold ini, lensa asferis dilengkapi fitur blue blocker filter dan pelindung sinar UV. Sementara itu, paket lain yang ditawarkan adalah paket silver dengan harga Rp17.500.000 per mata. Lensa asferis dalam paket silver dilengkapi pelindung UV, namun tidak memiliki fitur blue blocker filter.

3. Lensa Toric

Jenis lensa toric cocok digunakan untuk pasien yang memiliki gangguan mata silindris (astigmatisme). Astigmatisme adalah gangguan pada mata yang menyebabkan mata sulit fokus dan mudah terdistorsi. Lensa toric dapat membantu memperbaiki gangguan mata silindris.

Umumnya, pengguna lensa monofokal biasa dan asferis masih harus menggunakan kacamata silindris. Namun, pengguna lensa toric tidak harus lagi menggunakan kacamata silindris. Klinik Mata Nusantara (KMN) Eye Care mematok harga Rp30.000.000  per mata untuk lensa toric.

4. Lensa Multifokal

Lensa multifokal adalah lensa yang canggih. Lensa ini memungkinkan penggunanya untuk dapat terbebas dari penggunaan kacamata seutuhnya. Lensa ini membuat penggunanya dapat melihat jarak dekat dan jarak jauh sama baiknya.

Klinik Mata Nusantara (KMN) Eye Care memberikan pilihan tawaran paket multifokal dengan harga Rp34.300.000 per mata. Lensa multifokal yang digunakan adalah Acrysof, ReSTOR Natural (Single Piece).

Baca juga:  Biaya Operasi Usus Buntu, Metode dan Persiapan Operasi

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Setelah menjalani operasi katarak, perawatan pasca operasi sangat penting untuk memastikan pemulihan yang optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan pasca operasi katarak:

Langkah-langkah Perawatan Pasca Operasi Katarak:

  1. Hindari menggunakan make-up di sekitar mata selama 4 minggu.

  2. Hindari bepergian dengan pesawat, kecuali sudah diizinkan oleh dokter.

  3. Perhatikan Risiko Setelah Operasi Katarak:

    • Pembengkakan di sekitar mata
    • Infeksi mata
    • Perdarahan mata
    • Lensa buatan bergeser dari posisi yang seharusnya
    • Retina terlepas (ablasi retina)
    • Kebutaan Dengan melakukan langkah-langkah perawatan setelah operasi katarak yang tepat, risiko terjadinya komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.
  4. Hindari Menggosok Mata karena bisa meningkatkan risiko infeksi.

  5. Hindari Berendam Air Panas atau Berenang setidaknya selama 2 minggu setelah operasi katarak, karena bahkan air yang masuk ke mata Anda bisa menyebabkan infeksi.

  6. Hindari Menyetir Setidaknya 24 Jam Pasca Operasi Katarak karena bisa membebani mata.

  7. Beristirahat dan Menghabiskan Banyak Waktu di Rumah. Jika terpaksa bepergian, terutama ke tempat berdebu, disarankan untuk mengenakan kacamata hitam untuk melindungi mata.

  8. Tidak Mengucek Mata Pascaoperasi Katarak karena itu bisa berujung pada infeksi.

  9. Tidur Telentang atau Miring dengan Mata yang Tidak Dioperasi di Bawah untuk menghindari tekanan pada mata yang dioperasi.

  10. Meneteskan Obat Tetes Mata beberapa kali setiap hari dalam seminggu pertama selama masa pemulihan dari bedah katarak.

Perawatan pasca operasi katarak sangat penting untuk memastikan pemulihan yang optimal dan mencegah komplikasi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter mata dan melakukan pemeriksaan lanjutan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Miliki Asuransi Kesehatan untuk Meringankan Biaya Operasi Katarak

Asuransi kesehatan sangat penting untuk membantu kamu menghadapi kehidupan kini dan masa depan. Melalui asuransi kesehatan, kamu dapat lebih tenang menghadapi ujian dan cobaan penyakit atau musibah yang mengharuskan dirawat di rumah sakit. Selain itu, biaya kesehatan di zaman sekarang tergolong sangat mahal dan dapat membebani finansial.

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dapat menanggung biaya rawat inap, biaya rawat jalan, dan biaya pembedahan. Biaya-biaya tersebut memiliki nilai tinggi jika harus ditanggung oleh biaya pribadi. 

Yuk, segera daftarkan asuransi kesehatan bagi kamu dan keluargamu untuk hidup yang lebih baik.

Disclaimer: Seluruh informasi yang terdapat dalam artikel ini terutama mengenai rincian atau estimasi biaya, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan biaya operasi yang sesungguhnya. Harap melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan pihak rumah sakit tempat kamu dirawat untuk mendapatkan informasi harga dan perawatan yang lebih akurat.