Cara Setor Tunai di ATM BCA dan Tips-Tips untuk Bertransaksi yang Aman

Kemajuan dunia perbankan saat ini tak dapat dihindari lagi. Masyarakat dengan sangat mudah mengakses layanan perbankan melalui mesin-mesin canggih. Misalnya saja untuk yang ingin melakukan setor-tunai, saat ini sebagian besar bank di Indonesia telah menyediakan layanan setor tunai menggunakan mesin ATM. Praktis dan tentunya tidak perlu lagi mengantri panjang di bank secara konvensional.

Salah satu bank yang menerapkan sistem setor-tunai adalah bank BCA. Saat ini ada banyak sekali ATM Setoran Tunai yang terletak di Galeri ATM BCA dan Kantor BCA. Jadi tak perlu khawatir untuk repot-repot mengantri setiap hari Senin dan Jumat saat akan menyetor ke tabungan Anda .

Untuk menggunakan ATM Setoran Tunai sebenarnya cukup mudah. Namun banyak sekali orang awam yang masih belum memahami cara kerja mesin ATM Setoran Tunai ini. Secara umum ATM Setor Tunai memiliki sifat yang sama dengan ATM pada umumnya. And tetap dapat melakukan tarik tunai juga, namun kelebihannya jenis ATM ini dapat memasukkan uang ke tabungan Anda maupun transfer ke rekening lain.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

ATM Setor-Tunai BCA
ATM Setor-Tunai BCA via zenkou.com

 

Sebelum melakukan setor tunai via ATM BCA, berikut beberapa hal terkait cara melakukan Setor Tunai di ATM BCA serta beberapa tips untuk melakukan transaksi via ATM secara aman:

  • ATM Setoran Tunai tidak menerima pecahan uang Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000 dan Rp 10.000.
  • ATM Setoran Tunai hanya menerima uang pecahan Rp 20.000, Rp 50.000 dan pecahan Rp 100.000.
  • Pastikan uang yang dimasukkan dalam keadaan baik, tidak boleh sobek, terlipat atau terkena stripeless.
  • Transfer uang atau menabung menggunakan mesin ATM Setoran Tunai tidak di kenakan biaya apapun (Gratis).

Berikut ini adalah cara melakukan setor tunai menggunakan ATM Setor Tunai BCA yang perlu Anda ketahui dan beberapa cara untuk mengamankan transaksi:

1. Memasukan Kartu ATM sesuai dengan Prosedur yang Ada di Mesin ATM Setoran Tunai BCA

Misal, uang yang akan disetor menggunakan ATM Setoran Tunai adalah sebesar Rp 200.000. Langkah pertama adalah masukkan kartu ATM BCA yang dimiliki. Saat memasukkan kartu ATM, pastikan posisi kartu yang Anda miliki benar, dan tidak terbalik.

Untuk memastikan kartu tidak terbalik, pastikan kartu ATM dengan tanda panah berada pada posisi mulut mesin ATM. Kartu yang terbalik akan menyebabkan transaksi tidak dapat diproses oleh sistem mesin ATM.

Baca Juga: Cara Daftar BCA 'Internet Banking' dan Aktivasi

2. Masukan PIN ATM

Setelah memasukkan kartu ATM, langkah selanjutnya yakni memasukkan 6 digit Personal Identification Number (PIN). Langkah ini hanya akan muncul saat kartu yang dimasukkan dalam posisi yang benar. Selanjutnya masukkan PIN ATM dan harap perhatikan saat memasukkan PIN yang Anda miliki, jangan sampai salah memasukkan selama 3 kali karena kartu ATM akan terblokir.

3. Pilih Menu Setoran Tunai

Langkah selanjutnya adalah memilih menu “Setor Tunai” pada pilihan yang muncul di layar mesin ATM. Kemudian akan diminta memasukkan uang yang hendak disetorkan. Sebagai catatan, Anda hanya bisa memasukkan uang tunai sebanyak 50 lembar baik itu dalam bentuk pecahan Rp20 ribuan, Rp50 ribuan dan Rp100 ribuan.

4. Masukan Uang pada Box yang Disediakan oleh Mesin setelah Memilih Menu Setor Tunai

Mesin ATM kemudian akan membuka box yang dapat Anda letakkan uang didalamnya. Pastikan uang yang dimasukkan dalam keadaan rapih dan tidak terlipat, sobek atau tertempel stripeless. Hal tersebut dapat menyebabkan uang yang telah dimasukkan akan ditolak oleh mesin setoran tunai. Secara otomatis mesin ATM setor tunai akan menutup box tempat setoran uang. Lalu mesin setor tunai pun akan menghitung uang yang Anda masukkan.

5. Pilih Menu SETOR

Tahapan selanjutnya yakni layar mesin ATM Setor tunai akan menampilkan jumlah uang yang diterima oleh mesin ATM Setoran Tunai. Jika uang tersebut tidak diterima atau ditolak oleh mesin ATM Setoran Tunai, box setoran akan otomatis terbuka dan yang muncul di layar hanya sejumlah uang yang dinyatakan diterima.

Sebelum melanjutkan proses selanjutnya, ambil uang yang ditolak tersebut lalu Anda dapat memeriksanya nanti saat uang yang dinyatakan diterima telah masuk ke rekening dengan memilih menu Setor.

6. Pilih Setor Ke-rekening ANDA

Selanjutnya pilih lan destinasi atau tujuan uang tersebut akan dimasukkan. Berhubung artikel kali ini berisi setoran ke rekening sendiri, maka pilih lah menu Rekening Anda, namun jika ingin mentrasfer ke rekening lain, maka pilih menu Rekening Lain dan masukkan nomor rekening tujuan. Selanjutnya transaksi setoran akan di proses. Jika berhasil maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi.

Untuk uang yang ditolak oleh mesin ATM, pastikan kembali uang dalam kondisi yang baik, dan tidak dalam keadaan yang lusuh. Beberapa kejadian uang ditolak karena kondisinya yang lusuh dan menyebabkan mesin ATM sulit untuk mendeteksi serta menghitung jumlah uang.

Jika sudah memastikan semuanya baik baik saja, Anda bisa mengulangi dengan cara seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Inilah Nomor Call Center BCA yang Bebas Dihubungi Kapan Saja

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Mesin ATM Setoran Tunai BCA

Untuk menambah pengetahuan, pastikan seluruh transaksi yang Anda lakukan selalu aman. Tips selanjutnya sebagai tambahan adalah cara untuk melakukan transaksi yang aman via mesin ATM. Berikut ulasannya :

1. Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah pastikan lokasi ATM yang digunakan di lokasi yang bagus. Misal, tertutup dan terdapat penjagaan dari petugas keamanan. Hal ini setidaknya untuk mencegah adanya penipuan atau fraud oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Langkah selanjutnya adalah memastikan ATM dalam kondisi yang aman dengan cara melihat fisik mesin ATM itu sendiri. Perhatikan mulut kartu ATM pada mesin ATM, pastikan tidak ada tambahan alat apapun. Hal ini untuk menghindari adanya praktik skimming atau duplikasi kartu ATM.

3. Selanjutnya jika ragu dengan keamanan mesin ATM tersebut, jangan ragu untuk menggunakan mesin ATM yang lain.

4. Perhatikan keypad pada mesin mesin ATM apakah dalam kondisi terbuka atau terdapat benda benda kecil. Pastikan pula tidak ada tambahan kamera dekat keypad.

5. Untuk memastikan mesin ATM tidak di terdapat skimmer. Goyang-goyangkan mulut ATM serta penutup keypad. Jika terasa tidak kokoh, bisa menggunakan ATM yang lain yang lebih meyakinkan. Hal ini merupakan indikasi bahwa mesin ATM tersebut telah di modifikasi. Mesin ATM yang asli hanya menggunakan aksesories yang menempel dengan kuat.

Demikian lah cara melakukan setor tunai menggunakan ATM Setoran Tunai BCA dan cara menjaga agar transaksi di ATM tetap aman. Selamat Bertransaksi!

Baca Juga: Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?