Ingin Membayar Pengeluaran Rutin dengan Kartu Kredit ? Cek Dulu Untung Ruginya

Kamu punya pengeluaran rutin? Cobalah untuk memanfaatkan kartu kredit sebagai sarana pembayaran. Kartu kredit memiliki sistem yang dinamakan autodebet, autodebet ini akan secara otomatis membayar semua tagihan tagihan rutin sejauh limit kartu kredit masih mencukupi. Beberapa pembayaran yang bisa dilakukan langsung dengan fitur autodebet adalah, biaya internet, TV kabel, telepon, premi asuransi dan lain sebagainya.

Terkadang karena jadwal pekerjaan yang terlalu padat membuat kita lupa untuk membayar tagihan tagihan tersebut secara tepat waktu, dan ujung ujungnya kita dikenakan denda karena terlambat membayar. Sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur autodebet, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Biaya-biaya Lain

loader

Sadar atau tak sadar, ketika menggunakan fitur autodebet Kartu Kredit untuk membayar tagihan rutin nyatanya kamu pun dikenakan biaya biaya admin lainnya. Sama halnya jika menggunakan kartu kredit untuk berbelanja online. Hampir semua transaksi elektronik dikenakan biaya tambahan meskipun beberapa ribu saja. Namun asumsinya adalah, pengeluaran yang didaftarkan tersebut sifatnya pengeluaran tetap alias continue, dan biasanya pengeluaran jenis ini tak hanya satu macam. 

Bisa dibayangkan bukan, misal Kita menggunakan fitur autodebet untuk membayar internet, tv kabel, asuransi, dan telepon, katakanlah setiap transaksi tersebut dikenakan biaya admin sebesar Rp 7.500 jika di kali 4 saja pengeluaran bertambah Rp 30.000, itu pun diluar bunga kartu kredit yang dibebankan padamu setiap bulannya.

Memang di lain sisi Kita mendapatkan kemudahan tanpa perlu pusing-pusing mendatangi payment point atau menggunakan transfer setiap bulan. Dengan menggunakan fitur autodebet bisa lebih menghemat waktu. Namun jika dirasa pengeluaran tetap cukup banyak, cobalah untuk berfikir seberapa besar biaya biaya admin serta bunga yang dibebankan padamu. 

Solusinya, kamu bisa menggunakan fitur mobile banking yang bisa melayani berbagai pembayaran, mulai dari pulsa pascabayar, telepon, PAM, PLN, Asuransi, Internet, hingga pinjaman. Kamu bisa transfer dimana pun dan kapan pun. Mudah bukan?

Baca Juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihanmu?

2. Jangan Terjebak Utang demi Point Reward

loader

Seperti yang sudah Kita bahas di atas, Meskipun pengeluaran rutin terdebet secara otomatis di kartu kredit, kembali lagi kartu kredit adalah bentuk hutang yang harus selalu dibayar tiap bulannya. Memasukkan pengeluaran rutin dalam fitur autodebet kartu kredit memang cukup memudahkan karena tak perlu membayar satu persatu.

Tapi apa jadinya jika kamu adalah tipikal nasabah kartu kredit yang lebih sering menunggak cicilan atau menunda nunda pembayaran cicilan dengan membayar minimum payment nya saja? Bukan untung didapat, justru buntung lantaran tagihan semakin membengkak dan bunga kartu kredit berkembang setiap bulannya.

3. Harus Disiplin

loader

Satu hal yang harus dihindari, jangan karena merasa dipermudah dalam hal pembayaran lantas lupa tagihan kartu kredit sudah mulai mendekati limit. Wakh, jika sudah seperti ini, mau tak mau kamu harus menyiapkan dana cadangan untuk membayar pengeluaran rutin tersebut. Yang harus selalu Kamu ingat adalah, menggunakan kartu kredit bukan berarti Kamu terbebas lho dari kewajiban membayar tagihan bulanannya.

Baca Juga: Mengapa Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit? Ini Jawabannya

4. Harus Tetap Mengontrol Tagihan

loader

Kemudahan dalam transaksi autodebet jangan lantas membuatmu terlena. Keuangan kamu tetaplah harus selalu dikontrol. Dikontrol dalam artian, jangan sampai tagihan bulanan tidak sesuai dengan komitmen persetujuan. Misal, kamu menggunakan TV kabel dan sistem pembayarannya menggunakan autodebet, suatu saat kamu menghentikan langganan TV kabel karena dirasa tidak terlalu penting.

Namun dua bulan berikutnya, tagihan kartu kredit ternyata masih mencantumkan autodebet pembayaran TV kabel tersebut dari kartu kredit. Atau misal, tagihan yang muncul tidak sesuai dengan harga paket yang diAmbil. Jika seperti ini, kamu harus segera komplain kepada provider TV kabel tersebut agar dilakukan tindakan.

Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Meskipun memiliki banyak keuntungan, kartu kredit tetaplah utang yang harus kamu bayar sesuai dengan tengat waktu yang diberikan. Sebagai kartu pembayaran yang bisa digunakan hampir dibanyak tempat, akan sangat bijak jika kamu menggunakannya dengan bijak dan terkontrol untuk menjaga pengeluaran dari kartu kredit tidak membengkak.

Baca Juga: Tips Menghindari Bunga Kartu Kredit