Bukan Incar Keuntungan Finansial, Ternyata Ini Tujuan Investasi Sosial dan Manfaatnya

Ketika mendengar kata investasi, hal pertama yang pasti terlintas di benakmu adalah aktivitas untuk mendapatkan keuntungan finansial di waktu mendatang. Definisi investasi tersebut memang yang paling umum dipahami oleh masyarakat dan membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya. 

Tapi, tahukah kamu jika ada aktivitas investasi yang tujuan utamanya bukan mencari cuan finansial, melainkan dampak sosial? Aktivitas tersebut dikenal dengan sebutan investasi sosial yang ternyata cukup populer dipraktikkan oleh kalangan tertentu. 

Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang aktivitas investasi sosial, manfaat, hingga contohnya, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Investasi Sosial?

loader

Sesuai namanya, investasi sosial adalah aktivitas investasi yang tujuan utamanya bukan meraih cuan atau imbal hasil semaksimal mungkin. Melainkan, jenis investasi juga mengedepankan manfaat sosial di samping tetap mengincar keuntungan dalam aktivitas menanam modal di proyek tertentu. 

Dalam kata lain, investasi sosial adalah jenis investasi yang merupakan wujud kontribusi investor pada pemberdayaan masyarakat. Tujuan investasi sosial adalah mewujudkan kesejahteraan berkepanjangan dan juga memberi manfaat untuk banyak orang. Jadi, dampak investasi sosial bisa didapatkan oleh beragam pihak. 

Program investasi sosial sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan sosial atau masyarakat di sebuah kawasan. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan secara nyata dan mengatasi masalah yang sedang dialami. 

Manfaat Investasi Sosial

Secara umum, manfaat investasi sosial bisa dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk masyarakat umum dan bagi pelaku atau investornya. Berikut adalah penjelasannya. 

Manfaat Investasi Sosial bagi Masyarakat

Bagi masyarakat, investasi sosial mampu memberikan manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kapasitas dan kemandiriannya
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat terkait pengelolaan dari sumber daya alam, terutama yang sifatnya jangka panjang dan berkelanjutan
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat pada beragam aspek, termasuk kesehatan, sosial, budaya, ekonomi, hingga pendidikan. 

Manfaat Investasi Sosial bagi Investor

Sementara untuk investor, investasi sosial secara umum tak memberikan manfaat berupa keuntungan atau imbal hasil finansial yang maksimal. Melainkan, investor bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut dari melakukan investasi sosial.

  • Mampu mendorong reputasi, terutama bagi personal atau perusahaan yang tengah mengembangkan branding. 
  • Menjalani beragam regulasi dan ketentuan yang berlaku
  • Memperoleh lisensi sosial yang berguna dalam beragam kepentingan dan kebutuhan lisensi.
  • Termasuk sebagai bagian dari manajemen risiko pada aspek sosial dan lingkungan. 
  • Menciptakan keunggulan sehingga program aktivitas investasinya bisa disesuaikan dengan target dan kondisi yang diharapkan. 

Meski utamanya berfokus untuk mendorong kesejahteraan dan kondisi sosial, tapi bukan berarti investasi sosial ini tak memberikan imbal hasil pada para pelakunya. Sebagai contoh, dari program investasi sosial yang dijalankan, sektor UMKM bisa lebih maju dan investor mampu memperoleh imbal hasil dengan jumlah tertentu menyesuaikan kesepakatan di awal. 

Bagaimana Cara Kerja Investasi Sosial?

loader

Di Indonesia sendiri, praktik investasi sosial tidak sulit untuk ditemui dan telah memberikan hasil nyata pada kondisi masyarakat sekitar. Tapi, seperti apa sebenarnya cara kerja dari investasi sosial ini? Berikut adalah beberapa contoh cara kerja dan praktik dari jenis investasi ini. 

  • Menjalankan proyek komunitas atau community project
  • Melakukan pengembangan pada beragam jenis bisnis dan usaha lokal
  • Memberi kesempatan kerja yang lebih banyak pada masyarakat lokal alias local employment. 

Lalu, bagaimana langkah yang harus ditempuh agar mampu melakukan investasi sosial dengan optimal? Berikut penjelasannya. 

  • Menjalankan perencanaan dengan strategis.
  • Menjalankan perencanaan secara berkala atau di kurun waktu tertentu.
  • Melakukan perencanaan secara adaptif.
  • Menguasai ide dasar dan pengetahuan agar bisa mewujudkan pengembangan pada masyarakat sekitar.
  • Penguasaan mengenai beragam jenis kondisi masyarakat dan hal lain di sekitar.
  • Menguasai beragam norma serta standar ketika melakukan pengembangan masyarakat, dan mengetahui langkah untuk memodifikasinya demi perkembangan sosial. 

Contoh Investasi Sosial

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, investasi sosial bisa dibilang sudah cukup populer dipraktikkan oleh para pemilik modal dengan tujuan tertentu. Bahkan, contoh kegiatan investasi sosial juga sangat banyak dan tidak sulit untuk ditemui, antara lain:

  • Donasi Sosial, yaitu program donasi dengan tujuan memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Contoh kebutuhan yang dipenuhi dengan investasi sosial ini adalah susu formula, kompor gas, kacamata, spanduk untuk UMKM, dan lain sebagainya.
  • Desa Digital, yaitu program untuk menyediakan fasilitas digital pada masyarakat pedesaan, seperti WiFi gratis dan komputer. 
  • Beasiswa yang diberikan pada siswa berprestasi dalam bentuk biaya pendidikan, program pendampingan, dan pemberian kelas motivasi agar bisa mencapai jenjang perguruan tinggi.
  • Local Heroes Award, yaitu ajang memilih dan memberi anugerah pada warga logam yang inspiratif dan tanggung dari pedesaan.
  • Nyalakan Desa, yaitu program donasi lampu tenaga surya agar bisa membantu kegiatan harian masyarakat di daerah terpencil.
  • Tanam Mangrove, yaitu program untuk menanam pohon Mangrove pada kawasan konservasi.
  • Investasi sosial dengan tujuan memberi pendanaan guna mengembangkan bisnis mikro di kalangan masyarakat tertentu. 

Tunggu Apa Lagi?  Mulai Investasi Sosial Demi Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat 

Sebagai aktivitas pendanaan dengan tujuan utama untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, investasi sosial seharusnya menjadi aktivitas yang digalakkan programnya. Kegiatan ini bahkan menjadi salah satu kunci penting agar kemajuan bangsa bisa terwujud. Karenanya,  jika ingin turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, mulai gabung program investasi sosial di lembaga yang terpercaya.