Inilah Penyebab Kamu Susah Lepas Dari Hutang

Penyebab utama dari kegagalan pengaturan keuangan kamu adalah hutang. Kebiasaan untuk berhutang memiliki dampak yang besar dalam terpuruknya kondisi finansialmu. Kami yakin, kamu pun sudah tahu akan hal ini dan sudah sadar betapa berbahayanya hutang dalam hidupmu, tetapi segala kebutuhan hidup yang harus kamu penuhi terasa seperti mendesak kamu untuk selalu bergantung pada hutang. Terlebih lagi dengan hadirnya kartu kredit dan fasilitas kredit lainnya yang semakin memudahkan proses perhutangan. Memang terkadang kamu butuh untuk berhutang, tetapi sebelum berhutang, pikirkan dulu apa kamu mampu membayarnya nanti. Mungkin kamu bingung kenapa sulit sekali untuk menjalani hidup tanpa hutang, padahal kamu sudah mencoba berbagai cara selama ini. Jadi, sebenarnya apa yang menjadi penyebab kamu susah bebas dari hutang? Ini jawabannya.

1. Tidak Memiliki Dana Cadangan

Selalu Siapkan Dana Cadangan via fastly.net

Selalu Siapkan Dana Cadangan via fastly.net

 

Kamu memang harus memiliki control atas pengeluaranmu, tapi tidak semua pengeluaran dapat kamu kontrol. Setiap saat, selalu saja ada kemungkinan akan datangnya pengeluaran tak terduga, seperti mobil rusak, sakit penyakit, bencana alam, atau sumbangan ke orang lain. Meski tidak terduga, sebenarnya pengeluaran ini bisa kamu atasi jika kamu memiliki dana cadangan yang selalu siap untuk dipakai kapanpun. Jika kamu tidak punya dana cadangan dan hal-hal ini datang, kamu terpaksa akan menggunakan kartu kredit, dan menggunakan kartu kredit sama saja dengan semakin menambah hutangmu di masa depan. Coba mulai miliki simpanan uang untuk hal ini ya.

Baca Juga : 7 Hal Ini Adalah Sumber Pengeluaran Tak Terduga

2. Memilih Pembayaran Kredit Secara Minimum

Kredit Minimum Malah Menyusahkan via yourpersonalaccountant.org

Kredit Minimum Malah Menyusahkan via yourpersonalaccountant.org

 

Melakukan pembayaran secara minimum terlihat sangat tidak memberatkan bagi keuangan kamu. Setiap bulannya kamu hanya perlu membayar dalam jumlah yang kecil sehingga sangat bisa teratasi. Namun sadarilah bahwa semakin kecil pembayaran yang kamu lakukan, semakin lama kamu harus membayarkannya karena total harga akhirnya tetap sama. Pilihan pembayaran minimum hanya membuat terus berada dalam lilitan hutang dalam waktu yang lama. Jadi, lebih baik bayar sebesar yang kamu mampu saja, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.

3. Suka Menunda Pembayaran Kartu Kredit

Semakin Ditunda, Semakin Besar via eurorateforecast.com

Semakin Ditunda, Semakin Besar via eurorateforecast.com

 

Setiap kartu kredit memiliki Bunga yang harus kamu bayarkan jika kamu melanggar ketentuan pembayaran yang diwajibkan oleh kartu kredit, seperti membayar lewat dari tanggal jatuh tempo, tidak membayar tagihan secara penuh, dan tidak membayar penuh setelah lewat jatuh tempo. Semakin lama kamu menunda pembayaran, semakin besar hutang yang harus kamu bayarkan. Oleh karena itu, jangan terlena dengan besarnya uang yang kamu miliki sebelum kamu melunasi hutang-hutangmu.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

4. Memiliki Gaya Hidup di Atas Kemampuan

Sesuaikan Gaya Hidupmu via nowtravelasia.com

Sesuaikan Gaya Hidupmu via nowtravelasia.com

 

Melihat betapa nyamannya memiliki gaya hidup yang mewah sering membuat orang rela berhutang untuk mendapatkannya. Dengan alasan ini, seseorang bisa menjadi sangat boros dan akhirnya pengeluarannya lebih besar dari pendapatannya. Sesuaikan gaya hidupmu dengan pendapatanmu, jangan sampai melebihi dari jumlah uang yang kamu hasilkan. Lebih baik hidup sederhana dan gunakan uang yang lebih untuk ditabung.

5. Tidak Berani Berkata Tidak

Berani Katakan Tidak Pada Pemborosan via apothecarie.com

Berani Katakan Tidak Pada Pemborosan via apothecarie.com

 

Factor sosial memiliki pengaruh yang cukup besar dalam sulitnya kamu bebas dari hutang. Ketika teman atau pacar kamu mengajak kamu untuk bersenang-senang, namun membutuhkan banyak uang, seringkali hal ini akan membuat kamu tertekan dan sulit untuk menolak ajakan ini. Karena tidak punya uang yang cukup dan tidak berdaya untuk menolak, akhirnya kamu menggunakan kartu kredit sehingga hutang kamu malah semakin menggunung. Terkadang, kamu harus berani menolak ajakan yang berpotensi menyusahkan hidup kamu di masa depan. Jika tidak, bersiaplah untuk selalu hidup dibawah tekanan hutang.

Segera Ubah Kebiasaanmu!

Memiliki hutang bukanlah hal yang baik, tetapi tidak selamanya berhutang itu buruk. Terkadang, kamu memang harus berhutang agar kondisi finansial tetap terjaga dan pengaturan keuangan dapat berjalan lancar. Tapi ingat ini, sebelum berhutang pikirkan dulu berapa jumlah yang mampu kamu bayarkan. Jangan berani berhutang jika kamu tidak begitu yakin kamu mampu membayarnya. Kebiasaan kamu untuk bergantung pada kartu kredit akan berakibat buruk bagi keuangan kamu, gunakanlah kartu kredit hanya untuk keperluan yang benar-benar mendesak. Ubah kebiasaanmu dengan tidak lagi mudah terdorong untuk berhutang dan mulailah hidup sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Baca Juga : Jangan Ditunda! Lakukan Kebiasaan Baik Ini Dalam Mengatur Keuangan