7 Langkah Mudah untuk Tetap Hemat di Hari Lebaran Nanti

Kita sudah memasuki bulan puasa dan beberapa pekan lagi akan menghadapi lebaran. Ini akan menjadi lebaran kedua di masa pandemi dan tentunya masih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak kebiasaan yang berubah selama selama masa pandemi ini, termasuk ketika menghadapi momen lebaran. Kamu mungkin saja memiliki cukup budget untuk merayakan lebaran tahun ini, namun hal tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk boros. 

Di masa pandemi seperti ini, keuangan akan rentan mengalami perubahan, termasuk memiliki resiko yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hindari membelanjakan terlalu banyak uang untuk kebutuhan lebaran nanti, agar bisa menyimpan lebih banyak uang ke pos tabungan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menekan berbagai pengeluaran dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa dilakukan untuk tetap hemat di hari lebaran nanti:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Alokasikan Dana Mudik dengan Tepat

loader

Mudik mungkin sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya, di mana kamu juga menganggarkan sejumlah dana untuk kebutuhan ini. Namun untuk tahun ini, secara resmi pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik. 

Artinya, kamu tidak akan pergi mudik tahun ini dan dana mudik yang disiapkan tidak akan terpakai sama sekali. Pastikan Anda tidak gegabah untuk menggunakan dana mudik ini untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting.

Dana mudik bisa terbilang cukup besar, apalagi jika terbiasa mudik bersama dengan seluruh anggota keluarga. Alokasikan dana ini dengan cara yang tepat, sehingga bisa memberikan manfaat bagi keuangan di masa yang akan datang. 

Kamu bisa mengalokasikannya sebagai dana darurat, apalagi jika belum memiliki dana darurat dalam jumlah ideal. Selain itu, kamu juga bisa menginvestasikan sebagian dana mudik tersebut dan menyimpan sebagian lainnya ke dalam pos tabungan. 

Baca Juga: Tak Dapat THR, Begini Cara Siasati Biaya Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

2. Memaksimalkan Penggunaan THR

loader

Bagi yang bekerja, sudah jelas akan mendapatkan sejumlah THR dari perusahaan. Jangan terburu-buru untuk membelanjakan THR untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting, meskipun ada pengeluaran lebaran yang bisa dihemat di dalam keuangan. 

Manfaatkan THR dengan cara yang tepat, lihatlah apa saja yang perlu dibenahi di dalam keuangan, misalnya membayar hutang dan cicilan lainnya. Kamu juga bisa mengalokasikan dana THR ini untuk berbagai kebutuhan penting lainnya, seperti: uang muka rumah, pelunasan kredit kendaraan, tabungan pensiun, investasi, dan yang lainnya.

3. Pangkas Biaya Baju dan juga Kue Lebaran

loader

Di masa pandemi ini, kamu tentu tidak bisa bersilaturahmi secara langsung kepada sanak saudara. Tidak akan ada tamu yang berkunjung, sehingga tidak perlu menyediakan banyak makanan dan kue-kue lebaran. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu membeli berbagai baju baru untuk bertamu atau sekedar menerima tamu di rumah seperti tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini akan membuatmu mampu menghemat cukup banyak dana, sehingga bisa menabung cukup banyak uang sebagai simpanan.

4. Hindari Godaan Diskon

loader

Belanja online sudah menjadi rutinitas tersendiri selama pandemi, termasuk menjelang lebaran nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kamu akan berhadapan dengan berbagai penawaran dan diskon yang sangat menarik. 

Pastikan kamu tidak mudah tergoda dengan semua ini, meskipun memiliki cukup banyak uang untuk belanja. Jika perlu, kamu bisa mematikan notifikasi dari marketplace kesayangan atau bahkan menghapus berbagai aplikasi marketplace tersebut untuk sementara.

Baca Juga: 5 Dosa Keuangan yang Bisa Bikin Kamu Melarat Usai Lebaran

5. Tabung Anggaran Buka Puasa

loader

Buka bersama sudah menjadi hal yang lazim dilakukan di bulan puasa dan pasti sudah memiliki anggaran khusus untuk aktivitas tersebut. Namun aktivitas yang satu ini tentu tidak mungkin dilakukan di masa pandemi ini, mengingat ada larangan berkumpul dan beramai-ramai. 

Dana buka puasa ini bisa saja cukup besar, apalagi jika biasanya kamu sering melakukan acara berbuka puasa bersama teman maupun kerabat lainnya. Simpan dana buka puasa dan alokasikan ke dalam tabungan. Kelak kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang lebih penting.

6. Tentukan dan Siapkan Anggaran Lebaran dalam Jumlah Tepat

loader

Jangan lupa untuk membuat anggaran lebaran dengan tepat. Pastikan berbagai kebutuhan dan keluarga bisa terpenuhi dengan seimbang dan tetap dengan budget hemat. Siapkan dana untuk kebutuhan lebaran tahun ini dengan baik, agar kondisi keuangan tetap berjalan dengan lancar. Hal ini akan mempermudahmu mengontrol pengeluaran dan juga keuangan secara keseluruhan. 

7. Memangkas Dana THR yang Akan Dibagi-bagikan ke Saudara-saudara

loader

Jika memang keuangan sedang dalam kondisi yang kurang sehat tapi ingin tetap berbagi saat Lebaran nanti, kamu bisa memangkan biaya yang biasa dikeluarkan untuk membagikan THR 30-50 persen. Ini agar pengeluaran Lebaran tidak terlalu besar dan tetap bisa memfokuskan sisa biayanya untuk hal yang lebih penting dan prioritas. Berbagi memang baik, tapi jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan budget yang ada dan kondisi keuangan yang sedang dialami.

Nikmati Hari Lebaran dengan Hemat dan Hikmat

Lebaran akan segera tiba dan tentu ingin menyambutnya dengan persiapan yang matang. Di masa pandemi ini, pastikan tetap menjaga pengeluaran selama lebaran dengan ketat. Lakukan penghematan di dalam keuangan dengan baik, agar sekeluarga tetap bisa menikmati momen lebaran dengan hemat dan hikmat di tahun ini.

Baca Juga: 5 Pengeluaran yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Lebaran