Memahami Premi Asuransi dan Cara Memilih Sesuai Kebutuhan

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih sebuah asuransi, karena pada dasarnya seringkali orang membeli asuransi tanpa mengerti dengan jelas apa saja manfaat serta bentuk perlindungan yang akan mereka dapatkan dari produk asuransi yang mereka beli. Hal seperti ini bisa membuat timbulnya salah penafsiran yang pada akhirnya akan berakhir pada sejumlah kerugian yang timbul pada nasabah tersebut.

Kita semua tentu akan setuju, jika dikatakan bahwa asuransi memiliki sejumlah istilah yang terkadang sedikit sulit dipahami. Hal ini sering membuat para calon nasabah yang akan menggunakan layanan asuransi tersebut menjadi malas dan memilih untuk tidak membaca keseluruhan ketentuan yang tertera pada polis asuransi mereka.

Padahal, membaca dan memahami isi polis asuransi adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh calon pengguna asuransi, agar kelak tidak merasa kecewa atau dirugikan akibat adanya kesalahpahaman mengenai hak dan kewajibannya sebagai seorang tertanggung. Jika hal seperti ini diabaikan sejak awal, maka tertanggung bisa saja tidak mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaan asuransi yang dibelinya. Hal ini sangat merugikan, bukan?

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Berdasarkan Aspek Dasarnya

Pengertian Premi Asuransi

Premi Asuransi

Premi Asuransi via kiplinger.com

Dari sejumlah istilah yang banyak digunakan dalam asuransi, premi merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk diketahui. Hal ini akan sangat mempengaruhi manfaat asuransi yang akan Anda dapatkan dari produk asuransi yang Anda beli. 

Premi merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh (nasabah) tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi (penanggung) sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan resiko serta kerugian yang sewaktu-waktu  mungkin akan diderita oleh tertanggung.

Jumlah premi yang akan dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak penanggung akan disesuaikan dengan cara mempertimbangkan keadaan/kondisi serta beberapa hal lainnya yang terdapat pada tertanggung. Hal ini akan bervariasi, tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi selaku penanggung.

Beberapa faktor yang akan mempengaruhi besaran premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, antara lain:

  • Jenis barang yang diasuransikan
  • Jenis alat pengangkut barang yang digunakan untuk mengangkut barang diasuransikan (alat transportasi)
  • Kondisi barang yang diasuransikan
  • Cara penyimpanan dan pengaturan barang dalam proses pengangkutan

Dengan melihat beberapa faktor di atas, maka jelas sekali bahwa setiap nasabah yang menggunakan sebuah produk asuransi yang sama, bisa saja memiliki kewajiban membayar sejumlah premi yang berbeda, di mana perusahaan asuransi akan mengambil berbagai pertimbangan dalam menentukan besaran premi yang mereka terapkan di dalam produk tersebut.

Baca Juga: 5 Asuransi Murah yang Dapat Menjadi Pilihan Anda

Cara Memilih Premi yang Tepat

Memilih Premi

Memilih Premi via huffingtonpost.com

Pembelian sebuah produk asuransi akan sangat mempengaruhi keuangan Anda karena Anda akan diwajibkan membayar sejumlah premi setiap bulannya. Besaran premi serta jangka waktu pembayaran premi tersebut, akan sangat tergantung pada jenis layanan asuransi yang Anda gunakan.

Hal ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, sehingga akan menjadi pos pengeluaran tetap di dalam anggaran keuangan Anda. Untuk itu, sangat penting memperhitungkan hal ini sejak awal, jangan sampai pembelian sebuah produk asuransi menjadi sebuah gangguan di dalam keuangan Anda.

Ada banyak kasus di mana nasabah pengguna asuransi merasa dirugikan akibat terjadinya penolakan klaim yang diajukan, sementara mereka telah menghabiskan banyak uang untuk membayar sejumlah premi yang cukup besar setiap bulannya.

Hal ini tentu saja membuat kurangnya manfaat yang bisa didapatkan dari pembayaran sejumlah premi yang telah dilakukan oleh nasabah tersebut, karena itu sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang yang akan mempengaruhi pengajuan klaim yang kita lakukan terhadap perusahaan asuransi. Berikut ini adalah cara memilih premi yang tepat:

1. Pilih Asuransi yang Tepat

Ketika kita membicarakan masalah premi, maka hal ini tentu berhubungan dengan produk asuransinya. Besaran premi yang harus kita bayarkan kepada perusahaan asuransi akan sangat berpengaruh pada jenis dan perlindungan asuransi yang akan kita gunakan.

Untuk itu, kita harus mengetahui dengan jelas mengenai kebutuhan kita terhadap produk asuransi itu sendiri, dengan begitu kita bisa lebih mudah memilih produk asuransi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, ada dua perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi, yakni perlindungan terhadap jiwa dan juga perlindungan terhadap aset yang kita miliki. Dengan begitu, kita bisa menggambarkan dengan jelas mengenai jenis asuransi apa yang memang kita butuhkan.

Dengan mengetahui jenis asuransi yang sedang kita butuhkan, maka kita dengan mudah akan bisa menentukan jenis perlindungan seperti apa yang akan kita gunakan, sehingga premi yang kita bayarkan juga sesuai dengan perlindungan yang kita gunakan tersebut.

2. Tentukan Perlindungan yang Akan Digunakan (tambahan/fitur)

Ada banyak jenis perlindungan yang diberikan oleh asuransi. Meski terlihat berbeda antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya, namun rata-rata perusahaan asuransi akan memiliki produk standar seperti di bawah ini:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi dana pendidikan
  • Asuransi dana pensiun
  • Asuransi rumah
  • Asuransi kendaraan

Dengan mengetahui berbagai jenis asuransi di atas, maka kita akan lebih mudah untuk menentukan jenis perlindungan yang akan kita gunakan. Meski terbilang sama, namun setiap perusahaan asuransi akan menerapkan kebijakan dan sistem yang berbeda-beda dalam produk mereka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga persaingan dan membuat nasabah merasa nyaman dan mendapatkan kepuasan.

Sesuaikan jenis asuransi yang kita gunakan dengan berbagai perlindungan yang kita butuhkan. Dalam setiap asuransi akan ditetapkan perlindungan standar, namun perusahaan asuransi juga memiliki perlindungan tambahan yang bisa Anda pilih di luar perlindungan standar yang mereka berikan.

Penambahan perlindungan ini tentu akan menambah sejumlah biaya tambahan di dalam premi asuransi yang harus kita bayarkan, karena itu sangat disarankan untuk menggunakan perlindungan tambahan yang memang benar-benar dibutuhkan saja.

Contoh: ketika kita membeli asuransi kendaraan, maka akan sangat penting untuk menambahkan perlindungan perluasan banjir di dalamnya, terutama bagi kita yang tinggal di daerah rawan banjir. Ini adalah bentuk manfaat perlindungan tambahan yang tidak disertakan dalam layanan asuransi kendaraan yang standar.

3. Temukan Perusahaan Asuransi Terbaik

Banyak perusahaan asuransi yang bisa kita temukan di sekitar kita, namun akan sangat penting untuk menemukan dan memilih yang terbaik bagi kita. Dapatkan berbagai informasi mengenai kinerja serta layanan yang mereka berikan kepada nasabah. Jika dengan jumlah premi yang sama kita bisa menemukan sebuah layanan yang baik dan terjamin, lalu mengapa harus menggunakan layanan asuransi yang tidak memuaskan?

Perusahaan asuransi yang baik akan sangat memperhatikan berbagai keluhan dan juga mengurus klaim nasabahnya secara profesional, memiliki standar pelayanan yang mumpuni dan bisa diandalkan. Memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik di mata masyarakat. Gunakan layanan dari perusahaan asuransi terbaik dan bisa dipercaya, sehingga premi yang kita bayarkan setiap bulannya tidak sia-sia.

4. Pahami Polis dengan Benar

Ketentuan mengenai premi dan berbagai kewajiban serta hak kita sebagai tertanggung akan tertulis di dalam polis asuransi yang kita beli. Untuk itu, pahami dengan jelas dan detail keseluruhan polis asuransi yang akan kita gunakan, jangan sepelekan hal ini karena salah pemahaman isi polis akan mengakibatkan timbulnya kerugian.

5. Pilih Premi yang Tepat

Setelah membaca dan memahami isi polis, maka kita harus mempertimbangkan besaran premi yang akan kita bayarkan. Perhitungkan besaran premi yang harus dibayarkan dengan jumlah pertanggungan yang akan kita dapatkan. Jangan memilih premi yang hanya akan memberikan pertanggungan tidak maksimal bagi kita, karena itu sangat penting untuk memahami keseluruhan polis dengan seksama, agar kita mengerti untuk apa saja premi yang akan kita bayarkan setiap bulannya.

6. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli polis asuransi dengan sejumlah premi yang besarnya di luar jangkauan keuangan kita. Hal seperti ini hanya akan menimbulkan sejumlah masalah dalam keuangan kita di masa yang datang. Pembelian polis asuransi akan membutuhkan jangka waktu pembayaran premi yang cukup lama/bertahun-tahun, karena itu, pertimbangkan dengan matang kemampuan bayar kita pada besaran premi yang akan kita gunakan.

Dapatkan Manfaat yang Sesuai dengan Kebutuhan

Premi asuransi bukanlah sebuah pos pengeluaran yang akan kita lakukan tanpa mendapatkan manfaat. Namun meskipun demikian, kita tetap harus mempertimbangkan manfaat maksimal yang akan kita dapatkan dari pengeluaran tersebut. Pilih premi dengan manfaat yang maksimal dan sesuai dengan kemampuan bayar kita setiap bulannya.

Baca Juga: Apa Itu Hukum Asuransi dan Bagaimana Cara Kerjanya