Tentang Asuransi Kesehatan AXA

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Asuransi kesehatan AXA adalah produk asuransi kesehatan PT Asuransi AXA Indonesia yang memberikan perlindungan menyeluruh, baik untuk rawat jalan maupun rawat inap tanpa biaya tambahan.Berawal dari pendirian perusahaan asuransi bernama Asuransi Permata Selat Sunda pada tahun 1988. AXA SA bersama Arya Mitra (Kalbe group) mengakuisisi Asuransi Permata Selat Sunda yang sudah beroperasi selama 8 tahun. Sejak itulah, pada 1996, PT Asuransi AXA Indonesia (AXA General Insurance) atau lebih dikenal dengan nama AXA Indonesia berdiri. Izin pun telah diterima AXA Indonesia dari Otortitas Jasa Keuangan (OJK) pada 16 Desember 1996.

Sebagai bagian dari AXA Group, yang telah melayani 102 juta nasabah di 56 negara, AXA Indonesia telah berpengalaman dalam memberikan layanan asuransi umum, baik untuk pribadi maupun keluarga. Cakupannya mulai dari asuransi rumah, kendaraan, perjalanan, sampai kesehatan dan kecelakaan diri. Beragam asuransi bisnis juga ditawarkan AXA Indonesia. Mulai dari asuransi properti, kantor, manufaktur, pengangkutan, kendaraan, sampai asuransi kesehatan dan kecelakaan diri untuk kelompok.

Hingga saat ini, AXA Indonesia telah membuktikan diri dengan telah melayani lebih dari 36.116 klien di Indonesia. Ini tidak terlepas dari dukungan 500 tenaga penjualan (sales) dan 8 kantor cabang. Didasari atas sikap Selalu Ada, Perhatian, dan Dapat Dipercaya, AXA Indonesia berkomitmen untuk berbisnis secara bertanggung jawab dan membangun kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Sebagai salah satu penyedia produk asuransi terbaik di Indonesia, AXA Indonesia menyediakan berbagai macam produk asuransi kesehatan yang bagus untuk para nasabahnya seperti:

AXA Hospital Plus Life:
AXA Hospital Plus Life adalah sebuah produk asuransi kesehatan dari AXA Indonesia yang memberikan perlindungan terhadap kesehatan lengkap dengan tambahan manfaat penyakit tropis. Asuransi keshatan ini memberikan manfaat santunan harian untuk rawat inap dan santunan untuk perawatan di ruang ICU di rumah sakit. Manfaat tambahan lainnnya adalah pemberian diskon pembayaran premi dimana Anda cukup membayar selama 10 bulan untuk perlindungan 1 tahun. Ausransi ini juga disertai dengan keuntungan pengembalian premi sampai dengan 100% apablia tidak terjadi pengajuan klaim ataupun tidak dalam jangka waktu 1 tahun.

AXA Hospital Plus Life memiliki berbagai macam keunggulan seperti:
  • Pemberian santunan untuk perawatan inap di rumah sakit sampai dengan 1 juta rupiah / hari (maksimal 90 hari per tahun)
  • Pemberian santunan rawat inap untuk di rumah sakit sampai dengan 2 juta rupiah / hari (maksimal 90 hari per tahun) untuk perawatan yang disebabkan penyakit tropis
  • Pemberian santunan untuk perawatan di ruang ICU sampai dengan 3 juta / hari (maksimal 30 hari per tahun)
  • Mendapatkan manfaat perlindungan jiwa selama 12 tahun dengan cukup membayar premi selama 4 tahun
  • Diskon premi tahunan dengan cukup membayar selama 10 bulan untuk 1 tahun
  • Adanya manfaat pemngembalian premi sebesar maksimal 100% apabila tidak terjadi klaim ataupun tidak
  • Fasilitas cicilan 0% untuk pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan
AXA Heart and Save:
AXA Heart and Save adalah sebuah jenis produk asuransi kesehatan dari AXA yang memberikan manfaat perlindungan kesehatan terhadap penyakit jantung dan stroke serta risiko kematian. Asuransi kesehatan ini memberikan pengembalian premi maksimal sebesar 105%.

AXA Heart and Save ini memiliki beberapa macam keunggulan yang bisa Anda nikmati seperti:
  • Adanya pengembalian premi hingga 105% apabila tertanggung terdiagnosa terkena searangan jantung dan stroke
  • Pemberian santunan duka hingga 200% dari uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan
  • Pemberian manfaat uang pertanggungan senilai 250 juta rupiah apabila Anda terdiagnosa terkena penyakit jantung, stroke, atau meninggal dunua karena sebab alami
  • Bonus cahsback sebesar 10% dari total premi yang dibayarkan selama 1 tahun. Pengembalian premi akan dilakukan pada bulan ke 13. 25. dan 37 untuk polis yang aktif. Bonus cashback ini tidak akan mengurangi nilai pengembalian premi pada tahun ke 10
  • Fasilitas cicilan 0% untuk pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan
AXA Cancer and Save:
Asuransi kesehatan AXA Cancer and Save adalah sebuah jenis asuransi kesehatan dari AXA yang memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap risiko penyakit dan meninggal dunia akibat penyakit kanker. Bukan cuma perlindungan saja, asuransi ini juga memberikan berbagai macam manfaat tambahan berupa pengembalian premi secara bertahap yang akan dibayarkan pada tahun ketiga dan kelipatannya selama polis tersebut masih aktif.

AXA Cancer and Save ini sudah memiliki berbagai keunggulan dari manfaat yang diberikan seperti:
  • Pemberian manfaat uang pertanggungan senilai 250 juta rupiah apabila Anda terdiagnosa terkena penyakit kanker atau meninggal dunua karena sebab alami
  • Pengembalian premi sebesar 25% dari total premi selama 36 dari tahun ke 1 sampai dengan tahun ke 3 bila tidak terjadi klaim dan status polis masih aktif
  • Pengembalian premi sebesar 100% dari total premi selama 36 dari tahun ke 7 sampai dengan tahun ke 10 dan setiap 3 tahun berikutnya, bila tidak terjadi klaim dan status polis masih aktif
  • Fasilitas cicilan 0% untuk pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan
AXA International Exclusive:
AXA International Exclusive adalah sebuah produk asuransi kesehatan dari AXA yang memberikan perlndungan dan manfaat kesehatan ke berbagai jarungan rumah sakit di seluruh dunia. Asuransi ini juga memberikan berbagai plan kesehatnan yang sesuai untuk kebutuhan Anda dalam jangka panjang.

AXA International Exclusive memberikan berbagai keunggulan dari manfaat yang diberikan seperti:
  • Pemberian manfaat rawat inap dan perawatan harian (termasuk biaya operasi, konsultasi, bahan habis pakai, transplantasi organ, implan bedah, dan lain-lain)
  • Pertanggungan biaya rawat jalan dan konsultasi dokter (umum dan spesialis) yang termasuk diagnosa, obat resep, bahan habis pakai, dan lain-lain
  • Pemberian manfaat rawat gigi rutin dan perlindungan untuk kerusakan gigi yang tidak disengaja
  • Pemberian manfaat persalianan dan melahirkan
  • Pemberian manfaat mata rutin
AXA ProMedicare:
AXA ProMedicare adalah sebuah produk asuransi kesehatan internasional yang memberikan perlidungan dan ganti rugi di rumah sakit internasional. Asuransi kesehatan ini juga dilengkapi dengan manfaat tambahan berupa asuransi kecelakaan dan perlindungan.

AXA ProMedicare memiliki berbagai macam keunggulan dari manfaat-manfaat yang diberikan seperti:
  • Pilihan plan perawatan medis fleksibel yang bisa dipilih sesuai dengan area pertanggungan yang diinginkan
  • Adanya fasilitas direct billing untuk pengiriman tagihan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AXA
  • Pemberian jaminan perlindungan terhadap penyakit dan penyakit kritis
  • Perlindungan kesehatan komprehensif yang meliputi rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, perawatan mata, dan persalinan
  • Pelayanan kesehatan dan klaim 24-jam untuk kebutuhan Anda setiap saat
AXA SmartCare Executive:
AXA SmartCare Executive adalah sebuah asurasi kesehatan yang memberikan perlindungan untuk Anda dan keluarga Anda secara fleksibel. Dengan asuransi ini, Anda dapat memilih berbagai macam plan kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda. Asuransi kesehatan ini juga memberikan limit tahunan yang cukup besar yaitu hingga 500 juta rupiah dan batasan manfaat ketidakmampuan (disability) hingga 250 juta.

Produk ini memiliki beberapa macam keuntungan berdasarkan beragam manfaat yang diberikan seperti:
  • Pemberian manfaat rawat inap yang tidak memerlukan uang tunai (cashless) dengan cukup menunjukkan kartu peserta saja kepada petugas rumah sakit
  • Pemberian manfaat rawat jalan sesuai dengan plan yang dipilih
  • Pelayanan klaim dan bantuan nasabah 24-jam dari hotline Service AXA
AXA Maestro Elite Care:
AXA Maestro Elite Care adalah sebuah produk asuransi kesehatan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi ini memberikan manfaat ganti rugi kesehatan dan pelayanan medis tepat waktu dari rumah sakit swasta, dokter umum, dan dokter spesialis terbaik di seluruh dunia. Asuransi ini juga akan memberikan Anda hak istimewa untuk menerima tagihan yang akan langsung dibayarkan pleh perusahaan asuransi Anda. Yang tidak kalah menarik adalah asuransi ini memiliki keunggulan untuk memberikan ganti rugi untuk berbagai kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition).

AXA Maestro Elite Care memiliki berbagai macam keunggulan yaitu:
  • Perlindungan rawat inap menyeluruh dari rumah sakit rekanan AXA yang tersebar di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat
  • Plan perlindungan yang tersedia sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar Anda
  • Bebas biaya tambahan perawatan di rumah sakit rekanan AXA kecuali di Amerika Serikat
  • Perlindungan khusus untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition)
  • Pelayanan kesehatan dan klaim 24-jam untuk kebutuhan Anda setiap saat
AXA Maestro Protection Care:
AXA Maestro Protection Care adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kesehatan untuk Anda dan keluarga Anda secara menyeluruh. Asuransi ini memberikan santunan berupa dana tunai apabila Anda atau keluarga Anda dirawat inap di rumah sakit baik karena risiko penyakit atau kecelakaan. Jumlah santunan yang diberikan bisa mencapai 1 juta rupiah per hari dengan perlindungan selama 365 hari / tahun.

AXA Maestro Protection Care memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk para nasabahnya yang memiliki keunggulan seperti:
  • Pemberian santunan untuk perawatan rawat inap di rumah sakit dengan maksimum 365 hari per tahun
  • Pemberian santunan untuk perawatan di ruang ICU
  • Pemberian bonus loyalitas sebesar 50% dari premi yang dibayarkan

Sebagai perusahaan penyedia asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, mengajukan asuransi kesehatan terbaik di AXA memiliki berbagai macam keuntungan seperti:

  • Produk asuransi kesahatan yang beragam sesuai dengan kebutuhan nasabah
  • Pelayanan kesehatan dan klaim 24-jam untuk kebutuhan Anda setiap saat
  • Layanan pembayaran klaim cashless di rumah sakit dengan kartu anggota
  • Layanan jaringan rumah sakit rekanan yang luas dan tersebar di seluruh dunia
  • Fasilitas cicilan premi 0% untuk pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan
  • Pelayanan agen asuransi yang profesional untuk melayani kebutuhan klaim dan pengajuan nasabah
  • Sistem pembayaran asuransi kesehatan yang lengkap yang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara seperti atau Auto-Debet dari bank-bank ternama di Indonesia
  • Proses klaim asuransi kesehatan yang mudah dan cepat

Ada beberapa alasan mengapa Anda lebih baik membeli asuransi kesehatan AXA secara online, yaitu:

  • Proses dilakukan secara online:
    Semua proses yang dilakukan mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online (dalam sistem yang terintegrasi) sehingga dapat menghemat waktu Anda dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen asuransi.
  • Biaya polis lebih murah:
    Pengajuan asuransi secara online memakan biaya yang lebih murah dbanding secara offline karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.
  • Banyak produk yang tersedia secara online:
    Dalam konteks ini karena pengajuan asuransi dilakukan secara online maka calon nasabah dapat dengan leluasa memliih dan membandinkan banyak produk-produk asuransi yang tersedia dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini akan membantu nasabah memahami lebih dalam berbagai produk asuransi yang terseda sehingga calon nasabah dapat menjatuhkan pilihan ke produk yang tepat dibandingkan secara online.
  • Portal asuransi yang menarik dan lengkap:
    sebagian besar website pengajuan asuransi memiliki tampilan yang menarik dan form yang lebih lengkap untuk diisi sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diperlukan dibandingkan harus menyiapkan secara offline.
  • Mendapatkan akses review produk:
    Dengan melakukan pengajuan secara online Anda dapat melihat dan mendengarkan berbagai macam review dari produk asuransi yang Anda inginkan dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tersebut sebagai referensi produk yang tepat.

Untuk mengajukan produk asuransi kesehatan biasa atau asuransi kesehatan di AXA, calon nasabah diwajibkan untuk memenuhi berbagai persyaratan sebagai berikut:

  • Tertanggung / Peserta memiliki usia minimum 6 bulan sampai dengan usia 70 tahun (umur rata-rata, syarat umur akan disesuaikan sesuai dengan produk dan layanan kesehatan yang dipilih)
  • Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti:
    • Fotokopi KTP/KITAS
    • Lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan)
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan AXA

Berikut adalah beberapa pengecualian tanggungan asuransi kesehatan AXA:

  • Penyakit yang timbul atau kondisi yang telah ada sebelumnya (pre-existing condition) (tergantung produk asuransi kesehatan yang dipilih).
  • Pengajuan klaim manfaat yang disampaikan lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalender yang terhitung sejak Tertanggung dan/atau menjalani proses perawatan dengan memberikan formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya.

Pembayaran premi asuransi kesehatan AXA dapat dilakukan melalui beberapa macam metode yang beragam seperti:

  • Pembayaran melalui cek atau giro atas nama PT Asuransi AXA Indonesia
  • Transfer dari bank ke PT Asuransi AXA Indonesia dari salah satu daftar bank Account yang terlampir dibawah ini (atas nama PT Asuransi AXA Indonesia)
    Bank Central Asia – Cab. Bursa Efek Indonesia
    Gedung Bursa Efek Jakarta, Lantai Dasar
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta 12190
    Rp a/c No. 458-3000286 (swift code : CENAIDJA)


    Hongkong & Shanghai Banking Corp.
    World Trade Centre 3rd floor
    Jl. Jend. Sudirman Kav.29-31
    Jakarta 12920
    Rp a/c No. : 001-008465-069
    USD a/c No: 001-008465-115 (swift code : HSBCIDJA)


    Citibank N.A.
    Citibank Tower
    Jl. Jend. Sudirman Kav.54-55
    Jakarta 12190
    USD a/c No: 0-102779-525(swift code : CITIIDJX)


    Setelah proses transfer dilakukan nasabah diharapkan untuk mengembalikan fax bukti transfer ke departemen finance AXA dan mengirimkan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran ke:
    Fax : 021 – 3005 9009 (up. Credit Control AGI)
    Email : credit.control@axa-insurance.co.id
  • Pembayaran secara cash dengan cara bayar langsung ke kasir di salah satu kantor cabang AXA dan meminta kwitansi pembayaran

Sebelum melakukan proses klaim asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pastikan Premi Anda selalu Terbayar Tepat Waktu:
    Jika Anda memiliki polias asuransi ada baiknya Anda selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Pastikan bila Anda selalu membayar premi asuransi kesehatan Anda dengan tepat waktu, karena bila sewaktu-waktu Anda ingin mengajukan klaim kesehatan. Perusahaan asuransi akan mencatat polia asuransi kesehatan Anda sebagai polis yang aktif dan Anda mengumpulkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan.
  • Perhatikan Masa Aktif Asuransi Kesehatan Anda:
    Berbagai perusahaan asuransi secara umum menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari atua 1 bulan. Karena hal tersebut bila kita melakukan klaim atau pengobatan ke rumash sakit sebelum polis kita aktif, kemungkinan besar akan ditolak karena belum memasuki masa aktif polis. Karena itu, penting bagi Anda yang memiliki polis asuransi kesehatan untuk memastikan masa aktif polis Anda sebelum melakukan klaim.
  • Pahami Peraturan Pengecualian Asuransi:
    Dalam polis asuransi ada beberapa peraturan pengecualian yang harus diperhatikan oleh para pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian pertanggungan. Secara umum beberapa peraturan pengecualin itu antara lain adalah:
    • Untuk penyakit yang bersifat kritis seperti jantung koroner dan penyakit kritis lainnya, baru bisa untuk diklaimkan minimal setelah 6 bulan. Dengan begitu jika kita sebelumnya telah memiliki penyakit jantung sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengklaimnya, cobalah menunggu 6 bulan hingga 1 tahun baru kita bisa mengklaim.
    • Untuk penyakit yang memang sudah ada sebelumnya, baik kita ketahui atau tidak maka perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya. Misalnya untuk penyakit penyakit bawaan lahir.
    • Setelah itu pastikan kita untuk mengecek plafon asuransi yang telah disediakan untuk kita. Plafon ini berisi jatah biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh asuransi selama kita dirawat. Jika menggunakan biaya rawat lebih dari yang ditetapkan maka kita harus membayar kembali untuk kekurangannya.

Untuk melakukan klaim asuransi kesehatan, AXA memberikan beberapa macam pilihan prosedur klaim yang perlu dilakukan yaitu:

  • Menghubungi staf klaim AXA di 1500 733 (untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi and Depok) atau nomor toll free line 0800 1402 919 (untuk diluar wilayah diatas)
  • Untuk klaim pembayaran cashless hanya perlu menunjukkan kartu SmartCare Executive Anda pada saat mendaftar. Untuk mengetahui daftar rumah sakit rekanan AXA, Anda dapat menghubungi Nomor direct line: +6221 2355 0288 atau 316 0033 (untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi and Depok). Nomor toll free line: 0800 1402 919 (untuk diluar wilayah diatas)
  • Untuk klaim reimburstment nasabag wajib menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada AXA dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah terjadinya Ketidakmampuan yang menimbulkan biaya yang dapat diklaim, dimana dalam pemberitahuan tersebut diberikan keterangan lengkap mengenai peristiwa tersebut, termasuk:
    • Formulir klaim yang telah dilengkapi
    • Semua kuitansi dan tanda terima asli;
    • Laporan lengkap dari Dokter yang menegakkan diagnosa dari keadaan tersebut dan tanggal mulainya ketidakmampuan
    • Ikhtisar biaya Perawatan dari Dokter tersebut, termasuk biaya obat-obatan dan jasa yang diberikan

Pada dasarnya, asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian, maka dengan demikian hal ini memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dibatalkan bila terjadi beberapa hal seperti:

  • Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).
  • Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).
  • Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).
  • Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
  • Apabila obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).