Kisah & Rahasia Fore Coffee Menjadi Start Up Sukses dalam Waktu Sekejap

Bisnis coffee shop di Indonesia saat ini bisa dibilang sedang berada di titik puncak gairahnya. Tak hanya banyak pebisnis yang mulai merintis gerai kopi, para penikmat kopi beserta hype dan trend-nya pun seakan tak pernah ada habisnya. Oleh sebab itulah, bisnis ini masih meroket hingga sekarang.

Namun, merintis bisnis warung kopi saat ini bukanlah perkara yang mudah untuk digeluti. Pasalnya, selain banyak pesaing yang bermunculan, minuman kopi di Indonesia kini telah memasuki era Third Wave Coffee. Era perkopian ini menyasar target konsumen yang mencari pengalaman tak biasa saat menyeruput segelas kopi serta dapat mencium ‘nagih’nya aroma kopi yang diseduh. 

Meski menjadi lebih rumit, meraih kesuksesan dalam waktu sekejap di bisnis warung kopi masih sangat mungkin terjadi. Hal ini dapat dilihat dari pesatnya perkembangan salah satu start up bisnis kopi di Indonesia bernama Fore Coffee. 

Didirikan di tahun 2018, Fore Coffee berhasil menarik perhatian para penikmat kopi dengan mengusung konsep dan metode promosi yang tepat. Melihat kesuksesan tersebut, Fore Coffee saat ini mampu membuat siapa saja merasa kagum. Terlebih bagi Anda yang bermimpi memiliki warung kopi sendiri. 

Untuk itu, tak perlu berpanjang lebar lagi, yuk simak kisah perjalanan serta rahasia Fore Coffee menjadi bisnis coffee shop yang sukses. 

Tentang Fore Coffee

 

Sumber: fore.coffee

Fore Coffee adalah start up coffee retailer yang berusaha menyajikan seduhan kopi dengan kualitas yang tinggi untuk para penikmatnya. Nama Fore sendiri diambil dari singkatan kata Bahasa Inggris, Forest, yang juga menjadi dasar dari konsep bisnis minuman kopi tersebut untuk berkembang. 

Elisa Suteja sang Deputi CEO Fore Coffee bermimpi untuk bisa memiliki gerai kopinya sendiri. Berbekal pengalaman serta pemahamannya akan karakteristik penikmat kopi di Indonesia, Elisa mampu merealisasikan impiannya tersebut dan mengembangkan Fore Coffee hingga sukses seperti sekarang ini.

Dibantu dengan pesatnya kemajuan masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi online seperti Gojek dan Grab, Elisa mengawali bisnisnya dengan melakukan promosi di dua platform tersebut. Tak hanya itu, warung kopi ini juga gencar melakukan promosi melalui sosial media populer di Indonesia, seperti Instagram dan Facebook. Dengan begitu, produk yang ditawarkan akan lebih cepat dikenali masyarakat.

Hingga kini, Fore Coffee telah memiliki puluhan gerai yang masih aktif menyuguhkan kopi dengan kualitas ciamik. Keseluruhan gerai kopi tersebut rata tersebar di area perkotaan Jakarta. 

Baca Juga: Segera Dapatkan Modal Bisnis Dari KTA

Pelayanan yang Berbeda dari Coffee Shop Biasanya

Sumber: arsitag.com

1. Berteknologi Tinggi

Selain mengusung konsep forest yang eco-friendly, Fore Coffee juga memastikan bahwa pelayanan yang diberikan bersifat futuristik yang praktis dan modern. Hal ini terbukti dengan standar operasional gerai tersebut yang menggunakan mesin berteknologi tinggi. Mulai dari mesin grinder, mesin espresso, hingga alat lain yang digunakan untuk menyeduh kopi semua memiliki western standard yang dikenal canggih.

2. Aplikasi di Smartphone

Proses pemesanan kopi di Fore Coffee juga bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone dengan nama yang sama. Peluncuran aplikasi Fore Coffee ini dianggap sebagai salah satu inovasi penggebrak industri seduhan kopi di Indonesia. Jadi, para penikmat kopi dewasa ini tidak hanya harus datang langsung ke gerai kopi untuk bisa menyeduh minuman favoritnya.

3. Konsep Interior yang Menarik dan Khas

Walau dapat melayani delivery order konsumen melalui aplikasi, Fore Coffee masih memberikan perhatian penuh pada desain gerai yang dimiliki. Terbukti dari konsep interior yang memiliki ciri khas dengan warna serba putih serta dekorasi taman dalam ruangan. Bagi yang pernah ke gerai Fore Coffee, Anda pasti langsung mendapati keunikan gerainya dan tahu bahwa itu adalah ciri khas dari brand tersebut. 

4. Material Produk yang Ramah Lingkungan

Tak hanya berdesain unik, material produk yang digunakan oleh Fore Coffee juga bersifat ramah lingkungan. Selaras dengan konsep bisnisnya, Forest, coffee shop ini selalu berusaha untuk turut serta melestarikan kondisi bumi yang asri dan hijau. 

Oleh karena itulah, Fore Coffee mengusung konsep tambahan dengan nama Forenvironment, Forecosystem, dan juga Forearth. 

5. Menggunakan Biji Kopi yang Berkualitas

Lanjut ke produk seduhan kopi yang dihasilkan, Fore Coffee hanya menggunakan biji kopi pilihan dan berkualitas yang tersebar di Indonesia. Berfokus pada biji kopi dengan jenis Arabica, biji kopi langsung diambil dari pemasok kopi di perkebunan organik. 

Tak hanya perkebunan organik, Fore Coffee juga memilih praktik transaksi pembelian biji kopi secara langsung dan fair trade. Artinya, mereka dapat dengan aktif mengontrol kondisi biji kopi yang diterima agar tidak luput dari standar yang dimiliki. 

Oleh karena itu, sejak dari pemilihan biji kopi, Fore Coffee telah menjamin bahwa kualitas produk yang diterima oleh konsumen memiliki kualitas yang tinggi.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, biji kopi pilihan tersebut akan disangrai agar tetap fresh. Proses sangrai biji kopi dilakukan dengan mesin roasting berteknologi modern oleh roaster yang berpengalaman. 

Masuk ke gerai, biji kopi yang telah disangrai akan diolah oleh para barista terlatih yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Dengan begitu, barulah Fore Coffee mampu memuaskan setiap pelanggannya dengan minuman kopi yang berkualitas dan melebihi ekspektasi. 

6. Beragam Pilihan Minuman

Fore Coffee nyatanya juga tidak mau stuck dalam satu jenis produk kopi saja. Dilihat dari menu yang ditawarkan, mereka juga menawarkan minuman dengan campuran susu dan sirup. Jadi, target pasarnya pun tidak hanya untuk penggemar berat kopi saja. Namun, juga bisa untuk konsumen yang lebih suka dengan minuman dengan rasa yang lebih ramai dan ringan di lidah.

7. Kerjasama dengan Disney

Ingin menjelajahi pasar internasional, Fore Coffee juga baru-baru ini menjalin kerjasama dengan Disney. Melalui kolaborasi tersebut, Fore Coffee menjajakan seduhan kopi dengan gelas bertemakan karakter khas maskot Disney, yakni Mickey Mouse. 

Jadi, meski telah menjulang sukses yang tinggi, Fore Coffee masih terus berusaha meningkatkan popularitas brand agar tidak surut disaingi oleh merek minuman kopi yang terus bermunculan. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Rahasia Dibalik Kesuksesan Fore Coffee

 

Sumber: dailysocial.id

1. Pantang Menyerah dan Terus Berinovasi

Pada dasarnya, rahasia sukses dari brand Fore Coffee adalah sikap pantang menyerah dan giat berinovasi. Rintangan yang sering menghadang para pebisnis industri seduhan kopi di Indonesia adalah ketatnya persaingan. Karena alasan tersebut, setiap pegiat industri harus memiliki integritas yang tinggi untuk mempertahankan bisnisnya dan tidak ragu untuk memberikan gebrakan yang berani.

2. Memiliki Ciri Khas

Namun, semangat untuk terus berinovasi harus dibarengi dengan kemampuan untuk mempertahankan ciri khas gerai kopi yang dimiliki. Artinya, meski terus mengusung ide yang baru, sebuah brand harus bisa menjaga konsep uniknya agar konsumen dapat membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. 

3. Gencar Melakukan Promosi

Sebuah bisnis dapat berkembang dan memiliki banyak pelanggan jika brand tersebut telah dikenal luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, ditengah gencarnya persaingan bisnis kopi, jangan setengah-setengah untuk melakukan promosi. 

Promosi brand sebenarnya tidak harus berbayar dan membakar modal dengan jumlah besar. Cukup dengan memanfaatkan sosial media dan platform moda transportasi online, sebuah bisnis kopi atau kuliner secara umum dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat. 

Bila dirasa masih belum sesuai target, barulah pemilik bisnis dapat melakukan metode promosi konvensional seperti menyebar brosur atau umbul-umbul di pinggir jalan besar. Dengan begitu, bisnis dapat berjalan dengan lebih pesat dan memiliki pangsa pasar yang lebih kuat serta bagus untuk perkembangan usaha dalam jangka panjang. 

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan

Kesuksesan di Industri Minuman Kopi Hanya Bisa Didapat oleh Individu Inovatif dan Pantang Menyerah

Bagi Anda yang memiliki mimpi untuk berbisnis di industri yang sama, tumbuhkan pikiran yang kreatif dan tidak rentan dengan ketatnya persaingan bisnis yang ada. Jangan lupa untuk terus berusaha menggapai semua cita-cita Anda. Semoga bermanfaat!