10 Tips Sukses Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

Kondisi pandemi yang sudah membaik akan membawa peluang besar dalam bisnis yang satu ini. 

Saat ini, keinginan orang untuk bepergian atau menikmati liburan sudah semakin besar. Banyak orang yang membutuhkan layanan travel, baik itu untuk urusan pekerjaan maupun sekedar liburan.

Jika kamu masih akan menjadi pebisnis pemula, maka rencanakan bisnis ini dengan baik sejak awal. Sama seperti jenis bisnis lainnya, bisnis travel juga akan memberikan tantangan tersendiri, terutama saat awal-awal didirikan. 

Selain itu, persaingan dalam bisnis ini juga harus dicermati dengan baik, agar kelak bisnis ini bisa berkembang dengan pesat.

Berikut ini adalah beberapa tips, yang bisa diterapkan pemula untuk sukses dalam bisnis travel:

1. Lakukan Riset secara Mendalam

Riset merupakan bagian penting dalam perencanaan bisnis, ini juga berlaku dalam bisnis travel. Tentukan terlebih dahulu jenis bisnis apa yang akan dijalankan. Selanjutnya, asah kemampuan terkait dengan bisnis tersebut secara mendalam. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi terlebih, lalu mempelajarinya satu persatu. 

Ada banyak sumber informasi yang bisa dijadikan sebagai acuan, seperti: 

  • Majalah khusus yang membahas tentang traveling, 
  • Situs perjalanan,  blog atau 
  • Website yang berkaitan dengan travelling, dan yang lainnya.

2. Lakukan juga Riset Pasar

 Jangan lupa untuk melakukan riset pasar bisnis tersebut. Meski masih akan menjadi pemula, lakukan riset pasar ini secara profesional. Riset pasar sangat dibutuhkan untuk melihat peluang sebuah bisnis. 

Selain itu, ada banyak hal lainnya yang bisa diterapkan dari aktivitas yang satu ini, seperti: 

  • Target pasar yang akan dituju, 
  • Lokasi terbaik untuk membangun bisnis, 
  • Produk/ destinasi apa saja yang akan ditawarkan, dan yang lainnya. 

3. Tentukan Destinasi yang akan Ditawarkan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi mana saja yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Hal ini bisa disesuaikan dengan konsep bisnis yang telah dipilih. 

Misalnya: jika menyediakan jasa khusus untuk paket wisata, maka pilihlah destinasi wisata yang menarik dan saat ini sedang diminati. 

Kumpulkan data yang akurat terkait masing-masing destinasi tersebut, agar lebih mudah untuk menyusun sebuah perjalanan yang nyaman dan tentunya lancar untuk semua pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Bukti Transaksi dalam Bisnis dan Jenisnya

4. Ciptakan Brand yang Tepat dan Menjual

Dalam membangun bisnis, menciptakan brand merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan kesuksesan.  Brand akan menjadi identitas perusahaan, itulah mengapa sangat penting untuk membuat yang terbaik sejak awal.  

Setidaknya ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menciptakan brand yang menjual, antara lain:  

  • memilih nama brand yang menarik dan bisa merepresentasikan bisnis dengan tepat, 
  • menentukan tema warna yang akan menjadi ciri khas perusahaan, 
  • membuat logo bisnis dengan desain menarik dan unik, 
  • menentukan sapaan yang tepat bagi pelanggan.

5. Siapkan Website Bisnis dengan Baik

Jika akan menjalankan bisnis travel ini secara online, maka segera siapkan website bisnis khusus. Website ini akan menjadi “toko”, di mana kamu menjual produk/ layanan kepada para pelanggan. 

Buatlah profil bisnis yang profesional dan bisa mewakili bisnis tersebut secara keseluruhan. Berilah informasi yang akurat tentang apa dan bagaimana bisnis tersebut dijalankan. 

Selain itu, sajikan konten yang berkualitas baik dan menarik. Buat desain konten yang seragam  dan bisa dibagikan juga melalui media sosial bisnis tersebut nantinya.

6. Pelajari Ilmu tentang Keuangan

Ada banyak hal yang harus dipelajari dalam bisnis, namun ilmu tentang keuangan merupakan salah satu yang terpenting. Mulailah asah kemampuan kamu mengelola keuangan bisnis, baik itu terkait pemasukan dan pengeluaran,  maupun perencanaan keuangan secara keseluruhan. 

Kemampuan mengelola keuangan yang baik akan sangat membantu untuk mengawasi dan membangun bisnis dengan baik. Hal ini akan memungkinkan target bisnis tercapai dan keuntungan maksimal bisa didapatkan.

7. Bangun Jaringan dan Relasi yang Lebih Luas

Mulailah membangun jaringan di dalam bisnis tersebut, agar bisnis bisa berkembang dengan baik kedepannya.  Jaringan yang luas akan sangat membantu dalam proses pembangunan bisnis, terutama untuk para pemula. 

Meski tidak dibutuhkan untuk saat ini, jaringan bisnis yang kuat akan sangat berguna di masa yang akan datang. Bangun jaringan dari orang-orang yang berkaitan dengan bisnis itu terlebih dahulu, kelak dengan sendirinya jaringan ini akan meluas.

Baca Juga: Jadi Bukti Bisnis Digandrungi Konsumen, Yuk Kenali Apa Itu Repeat Order dan Tips Mendapatkannya

8. Susun Strategi Pemasaran yang Tepat

Susun strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis ini. Lakukan hal ini dengan mempertimbangkan ketatnya persaingan di luar sana. Jika perlu, susunlah strategi pemasaran  online dan offline sekaligus. 

Hal ini akan memungkinkan kamu menjangkau target pasar yang lebih luas dan tepat. Ada banyak cara yang bisa dipertimbangkan untuk memaksimalkan pemasaran, mulai dari iklan hingga pemberian diskon dan yang lainnya.

9. Lakukan Pendaftaran Brand secara Resmi

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan baik dan konsep sudah benar-benar matang, maka lakukan langkah yang satu ini. Daftarkan bisnis secara resmi ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). 

Hal ini akan memungkinkan kamu memiliki hak penuh atas semua hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Penuhi semua persyaratan yang diminta, agar proses pendaftaran brand ini bisa berjalan lancar. 

10. Urus Izin Usaha untuk Bisnis Kamu

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengurus izin usaha untuk bisnis tersebut. Izin resmi seperti ini akan membuat bisnis bisa berjalan dengan lancar dan dan bebas dari masalah hukum. Hal ini juga akan memberikan kenyamanan dan rasa tenang bagi kamu dalam mengelolanya. 

Memulai Bisnis Travel dengan Perencanaan yang Tepat

Menjalankan bisnis travel bisa menjadi pilihan yang tepat di masa pandemi yang sudah mulai berakhir ini. Peluang bisnis ini terbilang cerah, sebab sudah banyak orang yang mulai senang bepergian. Rencanakan bisnis travel dengan cara yang tepat, agar bisa berkembang dan sukses.

Baca Juga: 15 Tips Terbaik Jadi Pebisnis Sukses