Pahami Lebih Dalam tentang Budgeting dan Beragam Prinsip Dasarnya

Pengelolaan keuangan dalam sebuah bisnis, perusahaan, organisasi, atau aktivitas apa pun sudah seharusnya dilakukan dengan teliti dan mendetail. Salah satu cara yang efektif dalam membantu pengelolaan finansial tersebut adalah dengan melakukan penganggaran atau budgeting. 

Bisa dibilang, budgeting adalah salah satu aktivitas keuangan yang penting untuk dilakukan agar mampu mengontrol pengeluaran, menghemat dana, serta melacak seluruh pengeluaran yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, melalui proses finansial ini pula kamu bisa lebih mudah menentukan keputusan keuangan yang terbaik dan meminimalkan risiko masalah keuangan. 

Walaupun memiliki peran dan fungsi yang amat krusial tersebut, nyatanya masih cukup banyak orang tidak memahami tentang apa itu budgeting, proses penganggaran, dan prinsip dasar pengelolaannya. Nah, buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai budgeting dan beragam hal penting seputarnya, simak penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Fatal Dalam Pengelolaan Usaha

Apa Pengertian Budgeting?

Pengertian Budgeting

Budgeting adalah sebuah proses merancang, mengoperasikan, atau melaksanakan anggaran. Proses keuangan ini bisa disebut juga sebagai proses manajerial perencanaan serta persiapan anggaran, dan pengendalian anggaran serta prosedur terkait. Selain itu, budgeting juga termasuk sebagai tingkat akuntansi paling tinggi pada hal prakiraan untuk pertimbangan dalam mengambil tindakan atau keputusan yang sudah pasti serta bukan sekadar untuk pelaporan. 

Budgeting juga merupakan bagian integral kebijakan manajerial, sebagai contoh, perencanaan keuangan jangka panjang, belanja modal, manajemen proyek, dan arus kas. Jadi, secara sederhana, budgeting adalah sebuah rencana keuangan dan operasi yang menjelaskan target atau tujuan yang tampaknya ingin dicapai oleh pihak manajemen berdasarkan dari perkiraan yang telah dibuat. 

Perlu diingat jika penganggaran ini berbeda dengan peramalan atau perkiraan anggaran. Walaupun memang melibatkan semacam perkiraan, proses ini secara fisik adalah jenis dari analisis serta perencanaan terperinci, dan bukan hanya perkiraan hasil pada masa mendatang. 

Di sisi lain, penganggaran berkaitan dengan situasi yang memang direncanakan, sementara peramalan berhubungan dengan kemungkinan terjadinya sebuah situasi. Tidak hanya itu, penganggaran juga menjadi alat kontrol terhadap sebuah tindakan yang berhubungan dengan situasi yang bisa saja terjadi, sedangkan peramalan tidak ada konotasi sama sekali dengan pengendalian semacam itu. Oleh karena itu, proses budgeting ini wajib dijadikan prioritas ketimbang peramalan atau perkiraan.

Fungsi Budgeting

  • Memperkirakan penjualan perusahaan di masa depan, biaya produksi, serta biaya lainnya guna memperoleh jumlah penghasilan sesuai target serta meminimalkan risiko bisnis mengalami kerugian. 
  • Mengantisipasi kondisi finansial perusahaan serta kebutuhan dana yang digunakan untuk keperluan bisnis di masa mendatang dan bertujuan untuk menjaga likuiditas perusahaan.
  • Menentukan komposisi modal guna memastikan ketersediaan dananya dengan jumlah biaya yang wajar. 
  • Mengoordinasi usaha beragam departemen berbeda di perusahaan untuk mampu mencapai tujuan bersama.
  • Meningkatkan efisiensi operasional di sejumlah departemen, divisi, maupun pusat biaya sebuah perusahaan.
  • Memastikan tanggung jawab dari kepala departemen atau divisi yang berbeda.
  • Memastikan adanya kontrol atau pengelolaan yang efektif terkait kas, inventaris, serta penjualan perusahaan.
  • Memfasilitasi kontrol atau kendali yang terpusat pada sebuah perusahaan melalui sistem budgeting. 

Baca Juga: Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Mudah

Prinsip Dasar Budgeting

Prinsip Dasar Budgeting

Guna memastikan jika budgeting mampu berfungsi secara efektif dan membantu proses pengambilan keputusan pihak manajerial, terdapat 8 prinsip utama yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Dukungan Manajemen Puncak

    Dukungan serta kerja sama dari pihak manajemen merupakan salah satu faktor penting yang mampu menjamin keberhasilan dari implementasi anggaran. Dukungan ini tidak hanya dalam proses penetapan target dan penyelesaian penyusunan anggaran saja. Melainkan, manajemen puncak juga perlu terus mengawasi kinerja aktual bawahannya agar bisa melakukan evaluasi saat terjadi penyimpangan, maupun memberi penghargaan pada karyawan dengan kinerja yang baik.

  2. Keterlibatan Karyawan

    Budgeting perlu ditetapkan pada tingkatan motivasi paling tinggi, dan partisipasi dari seluruh tingkatan manajemen. Dengan begitu, hasil budgeting yang realistis bisa didapatkan. Keterlibatan karyawan ini tidak hanya dalam hal potensi perkembangan di waktu mendatang dan penyesuaian anggaran, tapi juga terkait motivasi karyawan agar dapat bekerja maksimal dalam mencapai target efisiensi dari aktivitas anggaran.

  3. Pernyataan Tujuan Perusahaan

    Selain itu, tujuan organisasi perlu diukur serta dinyatakan secara jelas. Karena itu, tujuan tersebut harus ditetapkan pada kerangka tujuan serta strategi perusahaan. Strategi dan kebijakan perusahaan yang tersusun dengan baik adalah prasyarat pada proses budgeting.

  4. Akuntansi Pertanggungjawaban

    Seluruh karyawan perlu mengetahui ekspektasi dari pihak manajemen terkait kinerjanya. Akuntansi pertanggungjawaban sendiri adalah proses pencatatan, pengumpulan, dan penyajian laporan terkait transaksi maupun data finansial sebuah perusahaan. 

    Melalui laporan ini pihak manajemen mampu mendapatkan informasi terkait pendapatan serta biaya yang menjadi ukuran aktivitas yang sudah dilakukan sesuai tanggung jawabnya. Informasi akuntansi ini juga menghubungkan manajer yang berwenang untuk meminta pertanggungjawaban pada karyawan yang mengemban sebuah tugas tertentu, serta mengendalikan bawahan sesuai kewenangannya, termasuk juga dalam hal aktiva, biaya, dan pendapatan.

  5. Struktur Organisasi

    Struktur organisasi perlu disusun dengan terencana agar wewenang serta tanggung jawab dari setiap tingkat manajemen bisa dipahami dengan jelas. Tanggung jawab dan peran dari pihak yang menyusun anggaran serta manajer keuangan wajib dimengerti oleh seluruh individu dalam perusahaan. 

  6. Fleksibilitas

    Fleksibilitas mengacu pada perubahan penganggaran dengan membandingkannya pada anggaran di tahun berjalan maupun tahun sebelumnya. Dengan begitu, tingkat operasi dapat dibandingkan dengan kinerja atau tujuan yang telah ditetapkan di periode tersebut.

  7. Komunikasi Hasil

    Ketepatan pada sistem komunikasi perlu ditetapkan pada penganggaran sebagai laporan pada manajemen agar informasi terkait kinerja aktual dapat disajikan. Sebagai contoh, ketepatan waktu dan keberhasilan mencapai target bisa diketahui pihak manajer untuk dievaluasi dan diperbaiki jika memang diperlukan. 

  8. Sistem Akuntansi Berkualitas

    Perusahaan sebaiknya mempunyai sistem akuntansi berkualitas agar mampu mendapatkan informasi secara akurat, tepat, cepat, dan andal. Karena dengan hal itulah pelaksanaan sistem budgeting mampu mencapai keberhasilan. 

Miliki Banyak Peran dalam Pengelolaan Keuangan, Jangan Sepelekan Fungsi Budgeting

Menjadi bagian yang krusial dalam pengelolaan keuangan pada bisnis, budgeting sudah sepatutnya disusun dengan semaksimal mungkin. Hal ini karena penganggaran mampu membantu bisnis untuk meraih tujuan finansial, mencegahnya kewalahan mengatur keuangan, serta mengoptimalkan kemampuan dalam melunasi utang. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami pengertian budgeting, termasuk fungsi dan proses mengaplikasikannya di atas, ya! 

Baca Juga: Jenis Laporan yang Harus Ada di Usaha Anda