5 Keuntungan Gadai Zaman Now saat Butuh Uang Cepat

Gadai sudah hadir dan dikenal masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Seiring dengan berkembangnya zaman, kini gadai tak lagi identik hanya untuk orang tua saja. Saat butuh uang cepat, gadai dapat diandalkan sebagai solusi keuangan bagi semua kalangan masyarakat.

Jaminan barang gadai pun semakin beragam. Kamu tak cuma bisa gadai emas (logam mulia dan perhiasan) tapi juga bisa Gadai Pegadaian Tabungan Emas serta gadai non-emas seperti kendaraan baik roda dua maupun roda empat, barang elektronik (smartphone, laptop, kamera, TV dan lain sebagainya), hingga gadai efek (saham, obligasi atau surat berharga lainnya).

Di zaman now ini bisa dibilang memiliki aset bergerak itu penting. Aset seperti logam mulia, emas perhiasan, kendaraan bermotor, hingga barang-barang elektronik termasuk penting dan menguntungkan. Bahkan, sebaiknya setiap orang di zaman now wajib memiliki aset sejak dini agar bisa digadaikan ketika membutuhkan dana cepat di saat mendesak.

Bagi kamu yang kini sedang mengalami kesulitan keuangan, gak perlu stres sebab gadai bisa memberikan solusi berbagai persoalan finansial. Tahukah kamu bahwa ada banyak keuntungan dari gadai di zaman now ini. Mari simak ulasan lengkapnya dari Cermati.com.

1. Gadai, Cara Cepat Dapatkan Uang

Seperti yang kita ketahui, gadai itu menjaminkan barang berharga kepada pihak tertentu untuk memperoleh pinjaman. Sistem gadai bisa diartikan seperti menukarkan suatu barang dengan barang lain dalam jangka waktu tertentu. Kapan saja kamu butuh uang, kamu gak perlu bingung, langsung datang saja ke pergadaian terdekat.

Tips, selalu pilih tempat gadai resmi yang telah terdaftar dan berizin di OJK, seperti Pegadaian , yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyaluran kredit untuk masyarakat berdasarkan hukum gadai.

Untuk menggadai, kamu bisa datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, khusus untuk Gadai Tabungan Emas. Prosesnya cepat dan aman, jadi kamu tak perlu khawatir lagi cari pinjaman cepat dengan cara gadai barang karena uang pinjaman bisa cair hari itu juga.

2. Barang Kesayangan Aman di Gadai, Tidak akan Hilang

Ketika kamu butuh uang cepat dan tidak mau kehilangan barang kesayangan atau menjual barang tapi merugi karena harga jual kurang pas, maka gadai jadi solusi yang tepat. Kamu tak perlu khawatir barang kesayangan hilang karena barang jaminan yang dititipkan di Pegadaian akan tersimpan aman dan diasuransikan.

Barang kesayangan yang digadaikan akan dianggap sebagai jaminan atas pinjaman yang kamu ajukan. Setelah kamu melunasi cicilan pinjaman tersebut, barang kesayanganmu akan kembali lagi kepadamu. 

Ingat ya, jangan pernah tergiur ke tempat gadai ilegal untuk gadai barang karena akan merugikanmu. Hanya pilih tempat gadai resmi seperti Pegadaian, yang bisa dipercaya untuk gadai barang kesayanganmu secara aman, sehingga kamu pun tenang.

3. Gadai Bisa Jadi Solusi Dapatkan Dana Mendesak Jumlah Besar

Saat kamu butuh uang dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup singkat. Misalnya, untuk tambahan modal kerja atau modal renovasi rumah. Kamu tak perlu bingung mencari pinjaman uang ke teman atau saudara. Ingat ya, belum tentu pinjam uang yang ke orang lain dalam jumlah besar itu mudah dan orangnya ikhlas membantumu.

Jadi, daripada pusing mencari pinjaman ke orang lain, lebih baik gadai barang atau aset milik sendiri. Cari pinjaman uang besar dadakan lewat Pegadaian itu lebih pasti, aman dan prosesnya cepat.

Caranya mudah, kamu tinggal datang ke outlet Pegadaian terdekat. Ajukan gadai, lalu petugas Pegadaian akan menaksir harga barang yang akan digadaikan dan memberikan pinjaman uang yang kamu butuhkan dalam bentuk uang tunai atau transfer ke rekening bank.

4. Bisa Diperpanjang atau Dicicil Sesuai Kemampuan

Sistem gadai di Pegadaian memungkinkan kamu untuk membayar gadai sesuai dengan kemampuan. Misalnya, jatuh tempo sudah dekat namun uang belum cukup untuk melunasinya, kamu bisa memilih alternatif memperpanjang masa jatuh temponya dengan membayar sewa modal saja yang ringan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicil uang pinjaman sesuai kemampuan, tanpa ada aturan nominal. Bahkan, uang pinjaman bisa dilunasi sewaktu-waktu. Fleksibel kan dengan kondisi keuangan kamu.

5. Kepemilikan Barang Aman, Tidak Akan Berpindah Tangan

Tahukah kamu bahwa ketika kamu menggadaikan barang untuk mendapatkan pinjaman berupa sejumlah uang, barang yang dijaminkan tersebut tidak akan berpindah tangan kepemilikannya. Artinya, kamu adalah tetap sebagai menjadi pemilik barang yang telah dijaminkan tersebut. Barulah, setelah pinjaman dilunasi, barang jaminan akan kembali kepadamu seperti sedia kala. 

Kepemilikan barang akan berpindah tangan jika kondisinya kamu tidak berhasil melunasi pinjaman gadai. Kemudian, apabila kamu masih gagal melunasi pinjaman gadai dalam kurun waktu tertentu, barulah kamu wajib menyerahkan barang tersebut sebagai pengganti pelunasan pinjaman.

Bisa Gadai Emas hingga Tabungan Emas

Di Pegadaian kamu bisa merasa lebih tenang dalam mendapatkan pinjaman guna memenuhi berbagai kebutuhan finansial, khususnya di saat-saat mendesak.

Salah satu produk Pegadaian yang menjadi favorit masyarakat adalah gadai emas. Di sini, kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas batangan maupun perhiasan. Nilai uang pinjaman yang didapatkan mulai dari Rp. 50.000,- s/d Rp 100.000.000,- atau lebih.

Menariknya lagi, di zaman now ini, Pegadaian telah melakukan inovasi dengan hadirnya produk Gadai Tabungan Emas. Jadi, kamu juga bisa menabung sekaligus investasi dengan cara membuka Tabungan Emas di Pegadaian, lalu saldo tabungan emas tersebut bisa juga digadaikan saat kamu membutuhkan uang. Khusus gadai tabungan emas, proses gadai bisa dilakukan lewat aplikasi Pegadaian Digital selain di cabang Pegadaian di seluruh Indonesia.

Apapun masalah keuanganmu, jangan stres sebab semua masalah keuangan ada solusinya. Ingat, Pegadaian siap membantumu, karena Pegadaian mengatasi masalah, tanpa masalah.