Mengenal Brand Awareness yang Bermanfaat bagi Bisnis

Brand awareness adalah hal yang terbilang sangat penting untuk sebuah perusahaan/ bisnis. Hal yang satu ini bahkan sangat penting bagi orang-orang yang pekerjaannya berkaitan dengan brand itu sendiri.  

Branding awareness adalah sebuah proses yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga produk-produk yang mereka hasilkan bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis yang dijalankan. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pengertian Brand Awareness

loader

Brand awareness adalah sebuah istilah yang dikenal dalam dunia pemasaran, di mana hal ini menggambarkan tingkat pengakuan konsumen pada sebuah produk/ jasa dari brand itu sendiri. 

Brand awareness adalah menurut para pelaku bisnis dapat jadi sebuah tolak ukur yang menunjukkan sejauh mana para konsumen bisa mengingat dan sekaligus mengenali sebuah brand

Manfaat dari brand awareness adalah bisa berpengaruh pada keputusan yang dilakukan oleh calon konsumen. Saat calon konsumen dapat mengenali maupun mengingat sebuah brand tertentu, maka hal ini bisa saja memberi dampak terhadap keputusan mereka dalam melakukan pembelian.

Secara umum orang-orang akan membeli sesuatu yang mereka kenal atau ingat dengan baik. Itulah mengapa proses branding awareness adalah hal yang sangat penting dan seharusnya dilakukan dengan cara yang tepat oleh setiap perusahaan/ bisnis. 

Contohnya: Saat seseorang berbelanja bahan makanan di supermarket dan melewati rak mie instan, maka sudah tentu yang bersangkutan akan langsung mengambil mie instan dari brand yang dikenalnya. Hal ini juga tentu akan berlaku pada berbagai produk bahan makanan lain yang dibutuhkannya. 

Manfaat dari brand awareness adalah sesuatu yang bisa langsung dirasakan di dalam bisnis. Namun meski begitu, cara membangun brand awareness adalah hal yang harus dilakukan dengan hati-hati, agar hasil yang didapatkan dari proses ini bisa sesuai dengan harapan. 

Secara tidak langsung brand awareness adalah menurut para pelaku bisnis seperti sesuatu yang hanya abstrak saja. Namun hal yang satu ini bisa memberikan dampak positif di dalam perkembangan bisnis, sehingga penting untuk membangunnya dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Pentingnya Menentukan 'Brand Personality' dalam Bisnis

Apa saja Manfaat Brand Awareness? 

Brand awareness adalah menurut para pelaku bisnis merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah brand.  Hal ini sekaligus menjadi alasan mengapa proses  branding awareness adalah dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan di dalam bisnis itu sendiri. 

Jika cara membangun brand awareness adalah sudah dilakukan dengan benar, maka hal yang satu ini juga akan memberikan banyak manfaat sekaligus di dalam perkembangan bisnis yang dijalankan. 

Beberapa manfaat dari brand awareness adalah seperti yang dijabarkan berikut ini: 

  • Memperluas pangsa pasar serta penjualan di dalam bisnis. 
  • Meningkatkan loyalitas konsumen terhadap bisnis.
  • Membuat daya ingat konsumen terhadap produk menjadi jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan produk sejenis lainnya di pasaran. 
  • Meningkatkan brand perception.
  • Menjadi fondasi yang baik bagi bisnis, jika sewaktu-waktu akan melakukan ekspansi bisnis.
  • Membantu memperkenalkan produk/ layanan yang baru kepada konsumen.
  • Membangun brand equity di dalam bisnis.

Namun brand awareness adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan secara instan, sehingga dibutuhkan proses untuk bisa mendapatkannya. Cara membangun brand awareness adalah salah satu poin yang akan mempengaruhi hasil yang didapatkan dari proses branding itu sendiri. 

Apa saja Tolok Ukur Brand Awareness?

loader  

Pada dasarnya, Brand awareness adalah sesuatu yang tak bisa diukur dengan angka pasti. Namun sebaliknya, ada sejumlah hal yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan dalam membangun brand awareness itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering dijadikan tolak ukur dalam keberhasilan brand awareness

1. Traffic

Tolak ukur utama yang digunakan dalam branding awareness adalah traffic. Traffic merupakan angka yang menunjukkan berapa banyak dan berapa sering orang berkunjung ke sebuah situs, dalam hal ini tentu yang dimaksud adalah situs milik perusahaan. 

Biasanya orang-orang akan mengetikkan URL situs tersebut secara langsung atau meng-klik link situs tersebut melalui sumber lainnya, misalnya media sosial. Semakin tinggi trafik sebuah situs bisnis, maka akan semakin tinggi juga brand awareness yang mendorong orang-orang untuk mencari tahu bisnis tersebut. 

Traffic sendiri dianggap sebagai salah satu tolak ukur yang penting dalam brand awareness, sebab ada banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial maupun situs bisnis mereka untuk memasarkan produk/ jasa yang dimilikinya. 

2. Social Engagement

Social engagement ini bisa dilihat sebagai tolak ukur jumlah engagement yang masuk ke dalam media sosial sebuah bisnis. Hal ini tentu hanya berlaku bagi bisnis-bisnis yang memiliki sosial media yang aktif dan dikelola dengan cara yang baik sepanjang waktu.

Social engagement sendiri dapat diukur melalui beberapa indikator, seperti: jumlah like, jumlah followers, banyaknya komentar yang masuk, dan berbagai angka lainnya yang berkaitan dengan media sosial. 

3. Social listening

Social listening adalah proses lanjutan dari social engagement itu sendiri. Ini akan menjadi tolak ukur yang menunjukkan berapa banyak orang yang melibatkan sebuah bisnis/ brand di dalam media sosial mereka. 

Contohnya: berapa banyak orang yang men-tag akun bisnis tersebut, berapa banyak orang yang menggunakan hashtag serupa dengan milik perusahaan, berapa banyak yang men-tag akun bisnis tersebut dalam komentar, dan yang lainnya. 

4. Pencarian di Google

Tolak ukur terakhir yang bisa digunakan untuk melihat kesuksesan brand awareness adalah menurut para pebisnis berdasarkan jumlah pencarian di Google. Jumlah ini bisa dilacak untuk melihat berapa banyak orang yang melakukan pencarian atau membicarakan tentang brand tersebut di internet.

Baca Juga: Brand Identity: Pengertian, Keuntungan, hingga Cara Membangunnya

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness?

Proses branding awareness adalah sesuatu yang penting di dalam bisnis. Manfaat dari brand awareness adalah hal yang bisa dinikmati, jika perusahaan melakukan branding itu sendiri dengan cara yang tepat sejak awal. 

Selain cara membangun brand awareness adalah hal yang penting untuk diperhatikan, cara meningkatkan juga tak kalah pentingnya. Brand awareness adalah menurut para pebisnis merupakan hal yang perlu dijaga, sehingga bisa memberikan manfaat jangka panjang di dalam bisnis itu sendiri. 

Untuk meningkatkan manfaat dari brand awareness adalah hal yang bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut: 

1. Membuat Konten yang Menarik

Konten merupakan sesuatu yang penting untuk meningkatkan brand awareness, terutama di era digital saat ini. Ada banyak konten yang bisa diproduksi untuk kebutuhan ini, seperti: tulisan, foto, video, audio, dan yang lainnya. 

Sebuah konten bisa membuat sebuah brand terkoneksi dengan pelanggannya. Namun konten bisa menjadi salah satu cara membangun brand awareness adalah, jika konten yang dihasilkan relevan dengan bisnis yang dijalankan. 

Penting untuk membuat konten yang tepat dan bisa menggambarkan brand tersebut dengan baik. Konten ini harus menampilkan karakter dan kepribadian brand tersebut, termasuk menjelaskan berbagai produk yang ada dalam brand itu sendiri. Selain itu, manfaatkan juga influencer untuk meningkatkan brand awareness ini. 

2. Melakukan Kerjasama sebagai sponsor

Brand awareness juga bisa ditingkatkan dengan cara menjadi sponsor dalam event tertentu, di mana orang bisa melihat keterlibatan brand tersebut di dalam event tersebut. Cara yang satu ini sangat banyak dilakukan oleh brand-brand besar dan ternama dunia. 

Contohnya: menjadi sponsor dalam event olahraga sepak bola, sehingga nama brand bisa terlihat di sekitar lapangan. Hal ini akan membuat lebih banyak orang melihat brand tersebut, sehingga lebih banyak orang yang mengenalnya dan berpeluang untuk membelinya. 

3. Mengadakan Event Marketing

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengadakan event marketing. Hampir sama dengan poin sebelumnya, cara yang satu ini juga akan memungkinkan orang-orang untuk menemukan dan mengenali brand melalui event yang diadakan tersebut. 

Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan mengadakan event tertentu yang memungkinkan promosi brand dilakukan di saat bersamaan, misalnya: mengadakan kompetisi menulis, mengadakan konser sosial, dan yang lainnya. 

Bangun Brand Awareness Bisnis dengan Cara Tepat 

Brand awareness adalah salah satu hal penting yang akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis. Brand awareness memungkinkan bisnis dikenal dengan luas, sehingga peluang untuk mendapatkan penjualan yang tinggi juga semakin terbuka lebar. Bangun brand awareness bisnis dengan cara yang tepat, agar bisa meningkatkan bisnis secara maksimal.

Baca Juga: 7 Tips Buat Brand yang Tepat Agar Bisnis Mudah Dikenal dan Sukses