Jangan Buru-Buru! Ini Keunggulan Bank dan Multi Finance untuk Gadaikan BPKB Mobil

Saat memerlukan uang dalam waktu cepat, seseorang akan melakukan berbagai cara termasuk salah satunya mengajukan pinjaman. Baik melalui bank konvesional maupun koperasi penyedia pinjaman, uang tersebut bisa didapatkan dengan menggadaikan jaminan tertentu, seperti barang mewah atau surat berharga. 

Di antara surat berharga yang biasa dijadikan jaminan adalah Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Jika dana yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar, maka BPKB mobil lebih direkomendasikan dibandingkan motor. 

Namun, seseorang sering dibuat bingung memilih lembaga mana yang mampu membantu proses pencairan pinjaman. Apakah melalui bank atau perusahaan multi finance. Kedua lembaga ini sama-sama melayani proses gadai BPKB mobil, namun ada beberapa perbedaan yang patut dipertimbangkan. 

Apakah kamu juga merasakan kebingungan yang sama? Jika iya, berikut ini ulasan mengenai bank dan perusahaan multi finance yang perlu kamu ketahui. Simak baik-baik, ya.

Baca Juga: Nominal Pengajuan Kredit Multiguna Tidak Disetujui? Pahami 5 Faktor Penentunya

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Pilih Bank atau Multi Finance? 

loader

BPKB Sering dijadikan Jaminan Pinjaman

Mendapatkan pinjaman dana dengan jaminan surat berharga seperti BPKB memang dirasa sangat menguntungkan. Pasalnya, pemilik bisa menerima bantuan dana, tapi tetap bisa memanfaatkan kendaraannya untuk aktivitas sehari-hari. Ini karena lembaga penyedia pinjaman hanya akan menahan BPKB asli, bukan fisik kendaraan. 

Untuk itu, agar manfaat yang didapat bisa dirasakan secara maksimal, pemilihan lembaga penyedia pinjaman haruslah tepat. Untuk BPKB mobil, ada dua jenis lembaga yang bisa membantu, yaitu bank dan perusahaan multi finance. Lalu, apa saja keunggulan kedua lembaga tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Keamanan

    Karena menggadaikan dokumen berharga, maka sangat penting untuk memilih perusahaan yang memberikan jaminan rasa aman, baik untuk pemilik maupun barang jaminan itu sendiri. Pasalnya, jika terdapat kerusakan atau kehilangan, maka akan menimbulkan kerugian yang serius. 

    Nah, bank atau perusahaan multi finance memiliki standart keamanan yang sama. Kedua lembaga ini menjamin kerahasiaan data pemilik kendaraan dan tidak akan menyebarkannya. Tak hanya itu, dokumen fisik kendaraan juga akan dijaga kerahasiaannya dan baru akan dikeluarkan sesuai tempo perjanjian.

  2. Suku Bunga

    Sama-sama bertindak sebagai lembaga penyedia pinjaman, bank dan perusahaan multi finance memiliki kebijakan penerapan suku bunga yang berbeda-beda. Ini berdasarkan ketentuan perusahaan, pun besarnya dana yang dipinjam nasabah. 

    Umumnya, rate suku bunga untuk gadai BPKB mobil berkisar antara 0,9%-2% per bulan. Namun, untuk memastikannya, perlu konfirmasi secara langsung pada lembaga terkait, ya. 

  3. Waktu Pemrosesan

    Saat pengajuan pinjaman, baik bank maupun perusahaan multi finance memiliki jangka waktu yang berbeda untuk memproses pengajuan sebelum akhirnya disetujui. Pada perusahaan multi finance, waktu yang diperlukan relatif singkat, yaitu berkisar 1-2 hari kerja. Lamanya waktu ini sudah mencakup data collect, survei fisik kendaraan, hingga pencairan pinjaman.

    Sedangkan pada bank, waktu yang diperlukan berkisar 3-4 hari kerja. Lumayan lama karena memerlukan proses BI-checking, yaitu pemeriksaan riwayat kredit dari nasabah yang mengajukan pinjaman. Jika skor kredit nasabah tersebut tidak bagus atau pernah blacklist, maka proses pengajuan tak akan bisa dilanjutkan. Sebaliknya, jika riwayatnya tidak bermasalah, maka proses bisa dilanjutkan. 

  4. Pelayanan

    Untuk pelayanan, baik bank maupun perusahaan multi finance sama-sama memiliki pelayanan yang baik. Semua nasabah dilayani sesuai dengan SOP, tanpa memandang fisik maupun status sosial. Kedua lembaga ini hanya ingin melayani nasabah dengan baik dan memberikan penjelasan sedetail mungkin, agar ke depannya bisa sama-sama merasakan manfaat dari proses gadai BPKB mobil ini. 

    Baiknya pelayanan dari kedua lembaga ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya kantor cabang di berbagai daerah. Apalagi di era yang  semakin modern ini, upgrade layanan pembayaran secara online juga sudah mulai dicanangkan di banyak lembaga yang mana semakin memudahkan masyarakat. 

    Tidak hanya itu, banyaknya penghargaan yang diraih lembaga bank maupun perusahaan multi finance atas kinerjanya dalam melayani masyarakat juga menjadi tanda bahwa kedua lembaga berhasil memberikan pelayanan maksimal untuk setiap nasabahnya. 

    Baca Juga: Tips Cerdas Menentukan Pilihan Kredit Multiguna Untuk Modal Usaha

  5. Syarat Ajukan Gadai BPKB Mobil

    Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk memilih lembaga mana yang akan membantu proses gadai BPKB mobil, maka saatnya persiapkan dokumen persyaratan agar prosesnya bisa lebih cepat. Di antara dokumen yang diperlukan yaitu:

    • KTP
    • KK
    • Slip Gaji
    • BPKB mobil asli dan fotokopi
    • STNK 

    Jika dokumen persyaratan di atas sudah siap, maka pengajuan gadai bisa segera dilakukan. Namun, pastikan bahwa setiap dokumen sudah sesuai dengan ketentuan dan masih panjang masa berlakunya. Jika kamu termasuk pekerja swasta atau pemilik UMKM, maka slip gaji bisa diganti dengan surat keterangan usaha atau penghasilan dari lembaga terkait. 

    Ingat, semakin lengkap dokumen yang diserahkan, semakin cepat pula proses pengajuan dilakukan. 

Bijak Pilih Lembaga Penyedia Pinjaman dan Aman dan Terpercaya

loader

Sebelum menentukan lembaga mana yang bisa membantu proses pengajuan pinjaman, penting untuk memastikan bahwa lembaga tersebut benar-benar aman dan kredibel. Kamu bisa mengeceknya melalui laman resmi OJK atau melalui website resmi lembaga yang bersangkutan. 

Ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya transaksi ‘bodong’ yang merugikan. Apalagi, dalam proses gadai ini melibatkan dokumen penting seperti BPKB. Jadi, bersikap bijak dan hati-hati menjadi sebuah keharusan agar tak menimbulkan penyesalan.

Baca Juga: Memahami Risiko Gadai Sertifikat Rumah Sebelum Ajukan Kredit Multiguna