Waran Terstruktur, Solusi Investasi Lindung Nilai yang Menarik Minat Banyak Investor

Di dunia investasi, instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan reksa dana tentu sudah tidak asing lagi dipahami investor. Tapi, tahukah kamu jika selain ketiga instrumen tersebut, ada banyak produk investasi lain yang tidak kalah menarik untuk mengisi portofolio investasimu. 

Salah satunya adalah waran terstruktur atau bisa juga disebut sebagai structured warrant. Tergolong produk baru di pasar modal Indonesia, bukan hal yang mengherankan jika instrumen ini masih jarang dikenal investor pada umumnya. 

Lalu, apa itu waran terstruktur? Juga, apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh investor yang membeli waran terstruktur dan strategi ideal untuk mengoptimalkan potensinya? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan tentang waran terstruktur dan segala hal penting seputarnya berikut ini. 

Pengertian Waran Terstruktur

loader

Bisa disebut juga sebagai structured warrant, waran terstruktur adalah instrumen atau efek turunan saham yang dikeluarkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia. Produk ini diterbitkan Perusahaan Efek yang menjadi Anggota Bursa, di mana pembelinya memiliki hak untuk menjual atau membeli underlying security atau saham di harga serta waktu yang sudah ditentukan. 

Aset dasar atau underlying security yang dimaksud tersebut mencakup seluruh saham pada Indeks IDX30. Adapun waran terstruktur mempunyai 3 aspek yang membedakannya dengan instrumen investasi lain, yaitu:

Jenis Aspek Keterangan
Hak Kepemilikan Berbeda dengan investasi saham, investor waran tak termasuk sebagai pemilik emiten atau perusahaan penerbitnya. Dalam kata lain, ketika membeli waran, kamu tak mempunyai hak untuk memperoleh dividen maupun ikut pada ajang RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.
Harga Dari aspek harga, saham mengikuti mekanisme batas bawah atau batas atas. Sedangkan pada waran terstruktur, harganya bisa meningkat atau menurun tanpa ada batas perubahan harga. Waran terstruktur juga memiliki mekanisme auto rejection terbatas sampai harga produk yang diperdagangkan setara atau lebih besar dari harga saham yang menjadi aset dasarnya.  
Waktu Jatuh Tempo

Sementara itu, dari aspek jatuh tempo, investor saham memiliki kebebasan untuk menahan kepemilikan sahamnya tanpa batas waktu. Sementara pemilik waran terstruktur diberi waktu jatuh tempo dengan durasi mulai dari 2 bulan sampai 24 bulan. Jika ada keuntungan ketika jatuh tempo, pihak Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI bakal mentransfer dana dari hasil keuntungan ini pada rekening investor secara otomatis. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Keuntungan Investasi Waran Terstruktur

Sebagai instrumen investasi, ada 4 keuntungan utama jika kamu memiliki waran terstruktur, yaitu;

Jenis Keuntungan Keterangan
Leverage Membutuhkan modal yang relatif terjangkau, kamu bisa mendapatkan hak beli atau call, maupun hak jual atau put pada underlying security di harga serta tanggal tertentu. Alhasil, peluang keuntungan dari waran terstruktur bisa menjadi lebih tinggi ketimbang aset dasarnya. Tapi, pahami jika kondisi ini juga dapat terjadi sebaliknya sehingga perlu diantisipasi dengan strategi yang tepat. 
Peluang Keuntungan Tanpa Batas Peluang keuntungan yang mampu diperoleh investor structured warrant bisa dibilang tidak terbatas menyesuaikan pergerakan harga dari underlying security. Sementara risiko kerugian maksimal dari investor instrumen ini hanya sebatas harga dari waran terstruktur. 
Sarana Investasi Lindung Nilai Keuntungan lain dari investasi waran terstruktur adalah bisa menjadi sarana lindung nilai melalui penguncian harga saham menyesuaikan posisi yang ingin diambil, baik itu call ataupun put. Jadi, ketika jatuh tempo, waran terstruktur bisa dikonversikan dengan uang tunai atau underlying security. 
Tingkat Likuiditas Tinggi Selain itu, investasi waran terstruktur juga menguntungkan karena likuiditasnya yang tinggi. Kemudahan dalam mencairkan aset ini dikarenakan perusahaan penerbitnya wajib menunjuk Liquidity Provider dari pihak pembeli atau penjual. 

Risiko Investasi Waran Terstruktur

Meski menawarkan beragam keuntungan di atas, tapi investasi waran terstruktur juga mempunyai beberapa risiko yang harus kamu waspadai, antara lain:

Jenis Risiko Keterangan
Risiko Pasar Adanya potensi perubahan harga pada aset dasar atau underlying security membuat waran terstruktur mempunyai risiko pasar. Perubahan harga aset dasar yang menjadi penggerak harga pasaran dari waran terstruktur membuat instrumen ini mempunyai risiko premium yang mana harga dari pasar sekunder bisa diperdagangkan di harga diskon ketimbang estimasi harga wajarnya. 
Risiko Penerbit dan Kredit

Risiko ini muncul karena kegagalan pihak penerbit untuk memenuhi kewajiban finansialnya maupun kewajiban pada kontrak yang sudah disepakati. Selain itu, jenis risiko lainnya yang berhubungan dengan kesalahan pihak penerbit adalah risiko aturan, hukum, strategis, kepatuhan, operasional, sampai reputasi penerbit.

Delisting Delisting adalah risiko yang disebabkan karena tak adanya jaminan pasar akan terus aktif bagi waran terstruktur pasca tercatat di BEI. Ketika underlying security dari instrumen ini disuspensi oleh BEI, transaksi dari aset tersebut juga bisa dihentikan. Begitu juga ketika waran ini mengalami penghapusan dari papan saham BEI, instrumen ini akan kehilangan nilainya meski belum mencapai jatuh tempo dan merugikan investornya. 

Jenis Waran Terstruktur

Terkait jenisnya, waran terstruktur bisa dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu call warrant dan put warrant. Berikut adalah penjelasan terkait kedua jenis waran terstruktur tersebut. 

Call Warrant Put Warrant
Pada waran terstruktur jenis ini, investor mempunyai hak membeli aset dasar atau underlying security, baik itu indeks efek atau saham di harga serta tanggal yang sudah ditentukan.  Untuk put warrant, investor mempunyai hak menjual aset dasar atau underlying security, baik itu indeks efek atau saham di harga serta tanggal yang sudah ditentukan. 

Strategi Investasi Waran Terstruktur

Berdasarkan dari jenis waran terstrukturnya, kamu bisa mengambil langkah atau strategi khusus untuk mengoptimalkan keuntungan investasi. Sebagai contoh, jika mempunyai perkiraan harga aset dasar meningkat, maka ada baiknya kamu membeli call warrant. Sebaliknya, jika diperkirakan harga aset dasar menurun, artinya lebih bijak untuk membeli put warrant. 

Faktor yang Pengaruhi Harga Waran Terstruktur

Harga dari waran terstruktur bisa berubah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu, mulai dari harga aset dasar, tingkat volatilitas, hingga suku bunga. Berikut adalah penjelasan dari faktor yang mampu mempengaruhi harga structured warrant. 

Jenis Faktor Penjelasan
Harga Underlying Security Perubahan harga underlying security bisa mempengaruhi harga waran terstruktur. Kenaikan harga aset dasar akan membuat harga waran beli meningkat sebab potensinya untuk jatuh tempo di kondisi in the money lebih tinggi, sedangkan harga waran jual akan menurun sebab potensinya jatuh tempo di kondisi in the money lebih kecil. Sebaliknya, saat harga aset dasar menurun, harga dari call warrant menurun dan harga dari put warrant akan meningkat. 
Exercise Price Jika memiliki harga exercise tinggi, call warrant berpotensi lebih kecil jatuh tempo dengan status in the money, pun sebaliknya. Di sisi lain, pada put warrant, harga exercise lebih tinggi membuat harganya lebih mahal. 
Volatilitas Underlying Security

Faktor lain yang mempengaruhi harga waran terstruktur adalah volatilitas underlying security. Riwayat volatilitas menggambarkan fluktuasi harga underlying security pada kurun waktu tertentu. 

Ekspektasi volatilitas pada aset dasar yang lebih tinggi membuat risiko fluktuasi harganya meningkat. Semakin tinggi potensi waran jatuh tempo pada status in the money dan besarnya implied volatility akan membuat harganya lebih mahal. Hal ini berlaku pada waran jenis put ataupun call. 

Masa Berlaku  Selain itu ada faktor masa berlaku di mana semakin lama durasinya, harga waran akan lebih mahal.  Hal ini dikarenakan potensi harga aset dasar untuk bergerak ke harga yang diinginkan investor ketika jatuh tempo menjadi lebih tinggi.
Yield Dividen

Walaupun dampaknya tidak secara langsung dirasakan, tapi yield dividen mampu mempengaruhi harga waran terstruktur. Tingginya yield dividen membuat harga aset dasar lebih rendah di periode ex-div. Perubahan harga aset dasar agar berdampak pada aset turunannya.

Tapi, pada praktiknya, yield dividen kemungkinan sudah dimasukkan pada harga waran oleh pihak perusahaan penerbitnya. Karenanya, aspek ini sering kali tak termasuk sebagai faktor penyebab perubahan harga waran jenis ini. 

Suku Bunga  Terakhir ada suku bunga yang mempengaruhi harga waran via holding cost dari pembelian aset dasar. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi harga waran yang dijual. Kenaikan suku bunga memicu kenaikan harga aset dasar dan membuat harga call warrant meningkat, pun sebaliknya. 

Punya Daya Tariknya Tersendiri, Apakah Kamu Tertarik Investasi Waran Terstruktur?

Itulah penjelasan tentang waran terstruktur, keuntungan, risiko, dan faktor yang mempengaruhi harganya. Meski masih jarang diketahui oleh investor, instrumen ini memiliki potensi yang menarik karena mampu meningkatkan nilainya sekaligus menjadi aset lindung nilai. Nah, setelah mengetahui karakteristiknya tersebut, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di waran terstruktur?