Harta Berharga Jadi Aman, Simak Cara Pilih Safe Deposit Box dan Brankas

Setiap orang pasti memiliki harta benda yang sangat berharga. Harta benda ini beragam bentuknya, bisa berupa sertifikat tanah, rumah, atau properti lain, kendaraan mobil mewah, emas batangan atau logam mulia, perhiasan, dokumen penting dan masih banyak lagi.

Meski harta benda bernilai tinggi, namun masih ada saja orang yang meremehkan tempat penyimpanan harta benda tersebut. Di dalam Lemari atau dibawah tumpukan pakaian, masih menjadi tempat pilihan untuk menyimpan harta benda.

Padahal, tempat penyimpanan tersebut sangat tidak aman karena mudah ditemukan oleh kawanan pencuri. Belum lagi jika terjadi bencana seperti kebakaran, banjir besar, gempa bumi dan lainnya, harta benda tentunya sulit untuk diselamatkan.

Maka dari itu, tempat paling aman untuk menyimpan berbagai harta benda yang Anda miliki adalah di sefe deposit box di bank atau juga dengan menggunakan brankas di rumah

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda perlu menyimak ulasan mengenai safe deposit box atau brankas berikut ini agar bisa memilih tempat penyimpanan harta benda yang tepat dan tentunya aman.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Safe Deposit Box

Safe Deposit Box atau SDB atau kotak simpanan adalah suatu wadah atau kotak penyimpanan harta atau surat berharga dan dokumen penting lainnya, yang biasanya ditempatkan pada suatu ruang khazanah yang dirancang secara khusus dari bahan baja yang kokoh, tahan bongkar dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan kenyamanan penggunanya.

Kotak simpanan atau SDB ini biasanya berada di bank, kantor pos, atau institusi lainnya. Umumnya penyewa atau nasabah membayar sejumlah biaya per tahun kepada bank sebagai biaya sewa kotak tersebut, yang hanya dapat dibuka dengan kombinasi kunci khusus, tanda tangan yang valid dari penyewa, dan mungkin kode-kode tertentu yang ditetapkan oleh bank.

Beberapa bank bahkan menggunakan fasilitas keamanan dual-kontrol biometrik untuk melengkapi prosedur keamanan konvensional yang sudah ada.

Pilihan Safe Deposit Box di Bank

Berikut ini ada beberapa pilihan Safe Deposit Box di Bank lengkap dengan syarat pengajuan hingga harga sewanya yang telah Cermati.com rangkum dari beberapa bank, antara lain:

1. Safe Deposit Box di BCA

Biaya Sewa dan Uang Jaminan per Tahun

bca
Harga sewa safe deposit box di Bank BCA via bca.co.id

Keterangan:

  • Biaya sewa (per tahun) dalam ribu Rupiah (IDR 000)
  • Untuk Nasabah Solitaire bebas biaya sewa untuk kotak pertama, potongan 50% untuk kotak kedua dan harga normal untuk kotak ketiga dan seterusnya
  • Untuk Nasabah Prioritas potongan harga 50% untuk kotak pertama dan harga normal untuk kotak kedua dan seterusnya
  • Uang jaminan hanya dibayar sekali saja, dikembalikan apabila penyewaan dihentikan.
  • Denda : Biaya yang harus dibayar karena keterlambatan pembayaran perpanjangan sewa yaitu 5%
  • PPN SDB : 10% Dari biaya sewa SDB pertahun

2. Safe Deposit Box di Bank Mandiri

mandiri
Harga sewa safe deposit box di Bank Mandiri via mandiri.co.ig

3. Safe Deposit Box di BNI

BNI
harga sewa safe deposit box di Bank BNI via bni.co.id

Persyaratan:

  • Hanya dengan mengisi formulir aplikasi, melampirkan fotokopi KTP atau bukti identitas lain, mengisi perjanjian sewa SDB dan memiliki rekening di BNI
  • Jangka waktu sewa 6 dan 12 bulan serta dapat diperpanjang secara otomatis
  • Tersedia bagi penyewa perorangan maupun non perorangan
  • Dapat memberi kuasa kepada pihak lain untuk mengambil/menyimpan barang simpanan
  • Tersedia berbagai ukuran box sesuai dengan keutuhan Anda

4. Safe Deposit Box di Bank CIMB Niaga

cimb niaga
Harga sewa safe deposit di bani CIMB Niaga via cimbniaga.co.id

5. Safe Deposit Box di BTN

btn
Harga sewa safe deposit box di Bank BTN via btn.co.id

Baca Juga: Identik dengan Harta Milik Perusahaan, Inilah Makna Sebenarnya dari Aset dan Jenisnya

Safe Deposit Box di Rumah Menggunakan Brankas

brankas
Brankas

Selain menyewa tempat penyimpanan di bank, Anda juga bisa menyimpan harta dan surat berharga yang Anda miliki secara mandiri di rumah, yaitu menggunakan brankas.

Saat ini banyak jenis-jenis brankas yang memiliki kualitas terbaik. Agar tidak salah pilih dalam memilih brankas, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Kenali Jenis Brankas

Sekarang ini ada banyak jenis brankas. Bagi Anda yang ingin membelinya, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis brankas tersebut, yaitu:

  • Steel Safes, brankas yang terbuat dari pelat besi atau besi baja yang biasa digunakan untuk menyimpan uang yang hanya sedikit. Namun, sayangnya brankas ini tidak bisa menahan api.
  • Fire Safes, brankas ini tahan terhadap api dan dari ketebalannya saja berbeda dengan jenis brankas yang lainnya.
  • Fire and Regular Safes, brankas yang memiliki keamanan tinggi karena tahan terhadap api dan dobrakan keras. Brankas jenis ini juga ada fitur penguncian otomatis dengan desain khusus.

Baca Juga: Mau Uangmu Tetap Aman? Simpan dengan Cara Berikut!

2. Pilih Ukuran dan harga Brankas yang Tepat

Brankas juga hadir dengan berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, dan besar. Pilihlah brankas yang sesuai dengan banyaknya harta benda yang Anda miliki.

  • Brankas Kecil

Brankas kecil ini umumnya berukuran 35cm X 25 cm X 25 cm. Biasanya brankas kecil digunakan hanya untuk menyimpan harga berharga personal berupa uang tunai, perhiasan dan logam mulia saja. Brankas kecil ini dibandrol mulai dari harga Rp300 ribu hingga Rp2 jutaan.

  • Brankas Sedang

Brankas sedang ini, ukurannya dimulai dari 42cm X 35cm X 43cm. Ukuran brankas ini bisa digunakan untuk di rumah ataupun di kantor. Biasanya untuk menyimpan harta benda berharga mulai dari uang tunai, perhiasan, logam mulia, hingga dokumen penting lainnya. Brankas ukuran sedang ini dijual mulai dari harga Rp4 jutaan hingga Rp8 juta

  • Brankas Besar

Setiap merek brankas menghadirkan berbagai macam ukuran brankas besar. Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga banyak dan ingin harta bendanya disimpan jadi satu brankas, ukuran besar ini bisa jadi pilihan. Biasanya brankas ukuran besar dimulai dari 67cm X 56cm X 122cm. Harga jual brankas ukuran besar dimulai dari Rp9 jutaan hingga ada yang puluhan juta dengan ukuran brankas yang sangat besar.

3. Pilih dengan Kunci Keamanan yang Tinggi

Brankas pastinya memiliki kunci keamanan, tapi setiap brank brankas tentunya memiliki karakteristik kunci keamanan yang berbeda. Agar harta benda Anda aman di dalam brankas, pilihlah brankas dengan kunci kombinasi dan kunci panjang.

4. Pilih Brankas dengan Pelayanan Service Terbaik

Tak bisa dipungkiri, brankas juga bisa mengalami kerusakan, baik pada kunci keamanan atau lainnya. Maka, sangat penting Anda memilih brankas yang juga memiliki pelayanan service yang terbaik mulai dari kecepatan datang perbaikan hingga hasilnya.

5. Pilih Merek Brankas dengan Harga Terjangkau

Berbagai jenis brankas tentunya memiliki harga yang berbeda di setiap ukuran. Untuk itu, Anda perlu melakukan survei brankas terlebih dahulu dengan berkunjung ke toko offline ataupun melalui toko online di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Pilihlah brankas dengan merek yang terbaik dan juga harga yang terjangkau di kantong Anda.

Keduanya Aman Dipilih

Mengingat harta benda diperolehnya tidak mudah dan bernilai sangat tinggi, maka Anda perlu menyimpan harta benda yang Anda miliki, baik di safe deposit box di bank ataupun secara mandiri di rumah dengan brankas. Kedua tempat penyimpanan harta benda tersebut sangat aman dipilih karena sudah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Dengan begitu, harta benda akan terlindungi dari kejadian yang tidak diinginkan, seperti pencurian, kebakaran, bajir dan lainnya.

Baca Juga: Biar Aman, Begini Cara Simpan Dokumen Penting dengan Benar