Makin Canggih, Ini Penggunaan Teknologi Internet yang Bakal Booming di 2021

Selamat tinggal 2020, selamat datang 2021.

Setelah berbagai momen yang tidak terduga yang terjadi pada tahun 2020, mulai dari pandemi Covid-19, kebakaran di berbagai negara, sampai resesi ekonomi karena pemberlakuan dari lockdown hingga shutdown di banyak negara yang terdampak virus corona menjadi cerita yang paling banyak mewarnai sepanjang tahun 2020.

Menyambut tahun yang baru ini, diharapkan tidak hanya banyak hal baru yang positif terjadi di tahun ini tapi juga berbagai prediksi mengenai apa yang akan tren di tahun baru ini adalah tradisi tahunan yang tidak bisa lepas setiap tahunnya.

Mulai dari pembahasan tren make up, fashion sampai makanan akan banyak mewarnai tahun 2021 sampai beberapa minggu kedepan dan tentu saja tidak ketinggalan yaitu tren teknologi internet.

Sejak masa pandemi Covid-19 menghampiri banyak negara, internet pun menjadi penopang utama segala kegiatan mulai dari pendidikan sampai bisnis selama musim pandemi. Jadi tidak aneh dong jika pembahasan mengenai tren teknologi internet untuk 2021 juga layak untuk dijadikan bahan obrolan bersama rekan-rekan sejawat kamu.

Ini dia tren teknologi internet yang diprediksi semakin bersemi di 2021 yang Cermati sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cyber Security Makin Relevan

loader

selama pandemi berlangsung, keamanan siber menjadi semakin relevan dan dibutuhkan. Telah banyak laporan yang menyatakan telah terjadi peningkatan serangan siber di seluruh dunia selama pandemi dalam jumlah yang besar.

Tidak pandang bulu, berbagai data yang diserang oleh para pelaku cyber crime ini tidak hanya data pribadi saja tapi juga sejumlah website dan e-commerce besar. Apalagi saat pandemi seperti ini dimana terdapat kebijakan pemerintah yang mengimbau beberapa sektor perusahaan yang melakukan sistem bekerja dari rumah.

Dengan sistem bekerja dari rumah ini sangat penting bagi perusahaan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan strategi keamanan siber, dan memperluasnya ke jaringan rumah dan perangkat seluler untuk bekerja dari rumah.

2. Belanja di E-commerce Bisa Lewat Media Sosial

loader

Semakin meningkatnya kebutuhan berbelanja online membuat beberapa media sosial, misalnya Instagram dan WhatsApp yang menyematkan pilihan berbelanja pada fitur-fiturnya.

Bisa jadi di tahun 2021 nanti kita bisa saja menjadi saksi adanya live video shopping. Dimana kegiatan jual-beli sebuah e-commerce bisa dilakukan via media sosial. Dengan memanfaatkan fitur akun khusus bisnis pada setiap media sosial kegiatan belanja online kedepannya akan semakin canggih dan mulus.

Baca Juga:  Welcome 2021, Cek Peruntungan Karir dan Keuanganmu di Tahun Ini

3. Konsultasi Kesehatan dan Penyakit Cukup dalam Genggaman

loader

Mengikuti imbauan pemerintah mengenai pengurangan kegiatan keluar rumah dan mengutamakan penggunaan internet sebagai media utama untuk pemenuhan kebutuhan dan keperluan juga berlaku untuk konsultasi kesehatan dan penyakit.

Mengingat rumah sakit merupakan tempat paling rawan tertular penyakit dan virus. Urusan konsultasi kesehatan hingga pengobatan dengan Dokter umum sampai spesialis pun diutamakan melalui aplikasi kesehatan online seperti alodokter, Halodoc, Hi Dok, Yes Dok, PakDok dan masih banyak lagi.

Dengan masi berlanjutnya musim pandemi dan diprediksi masih akan berlanjut selama tahun 2021, bisa dikatakan tren konsultasi kesehatan dengan Dokter melalui aplikasi online masih akan banyak dipilih sebagai pengganti kunjungan langsung ke Rumah Sakit.

4. TikTok Masih Jadi Aplikasi Media Sosial Paling Sensasional

  loader

Kepopuleran aplikasi dari negara bambu Cina, TikTok di tahun 2021 ini diprediksi tetap menjadi primadona. Setelah menjadi platform online bagi para creator dan pecinta konten terpopuler berikutnya setelah Youtube dan Instagram, TikTok telah banyak memberikan banyak momen tidak terlupakan selama 2020 yang sepertinya akan berlangsung awet sampai tahun ini.

Setelah diancam akan diblokir di banyak negara seperti Amerika, TikTok pun menjadi alat utama dalam mengekspresikan diri setiap generasi baik mulai dari yang tua sampai yang muda baik dalam isu politik sampai budaya.

Jagonya dalam menciptakan tren baru di dunia media sosial, internet dan teknologi. TikTok sepertinya masih akan memberikan banyak cerita menarik selama 2021 ini.

5. Internet Masih Jadi Penopang Utama Industri Perfilman

loader

Banyaknya pemberlakukan lockdown di banyak negara dan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di Indonesia menyebabkan banyak kerugian di setiap sektor bisnis termasuk industri perfilman.

Diberlakukannya penutupan sejumlah tempat rekreasi umum, bioskop di banyak tempat membuat para pembuat film harus banyak putar otak untuk tetap memproduksi film dengan hasil keuntungan yang sama dengan yang didapat dari penayangannya di bioskop, dan tentu saja media streaming berbayar menjadi pilihan yang paling menguntungkan.

Aplikasi streaming berbayar seperti Netflix, Iflix, We Tv, VIU, Mola TV selama masa pandemi 2020 menjadi pilihan paling populer untuk menikmati film secara online. Bahkan pengguna Netflix di Indonesia sendiri sangat tinggi membuat Netflix menjadi aplikasi streaming berbayar paling banyak digunakan saat ini di Indonesia.

Jadi, diperkirakan penayangan perdana film-film nantinya masih akan banyak dilakukan di aplikasi streaming berbayar sebagai konten original yang bisa dinikmati dimana saja tanpa perlu pergi ke bioskop lagi.

Baca Juga: Mau Investasi Cuan di 2021? Buruan Serok Saham Pilihan Ini

6. Bekerja dari Rumah Masih Akan Banyak Dilakukan

loader

Mengingat tidak ada yang bisa memprediksi kapan musim pandemi akan berakhir, diprediksi budaya bekerja dari rumah masih akan berlangsung sepanjang tahun 2021.

Sistem bekerja dari rumah yang semakin bersemi karena pandemi ini sepertinya masih akan diterapkan oleh banyak badan usaha, terutama badan usaha yang bergerak di sektor digital. Bahkan perusahaan besar seperti Twitter dan Google saja sudah menerapkan bekerja dari rumah secara permanen untuk setiap karyawan mereka yang menginginkannya.

Tidak ketinggalan, Gojek pun masih memperpanjang masa bekerja dari rumah mereka yang diperkirakan akan berlangsung sampai pertengahan 2021 nanti.

Dengan banyaknya perusahaan besar yang mengaplikasikan sistem bekerja ini artinya ada kemungkinan perusahaan lainnya juga mengikuti jejak yang sama nantinya.

7. Aplikasi dengan Fitur Audio jadi Favorit Baru

loader

Pernah dengar rumor kalau ngetweet di twitter tidak usah lagi diketik cukup pake suara?

Sepertinya tidak akan jadi rumor belaka lagi, dikabarkan Twitter akan segera mengaplikasikan tweeting dengan suara sebentar lagi.

Masih misterius, tapi dengan bekerja sama dengan club house dan spaces. Fitur terbaru ini dikabarkan dipastikan akan diluncurkan pada tahun 2021 ini. Wah jadi tidak sabar yah!

8. Jaringan 5G yang Siap Mendunia

loader

Beberapa tahun terakhir ini kita sudah sering mendengar tentang manfaat 5G, diantaranya adalah tersedianya konektivitas dan bandwith internet yang bandel. Kita pun menjadi semakin tergantung dengan ponsel dan perangkat pintar lainnya. Perubahan perilaku ini lah yang jadi ladang bisnis baru para provider telekomunikasi.

Tidak hanya individu saja saat ini, bisnis juga harus terus terhubung, dan penerapan 5G menjadi solusi penting dalam hal ini. Berdasarkan kondisi ini, maka nilai 5G akan semakin mainstream di tahun 2021.

Manfaatkan secara Bijak

Banyak dari tren teknologi di atas yang dampaknya bisa menguntungkan dan baik untuk kita jika kita memanfaatkannya secara positif. Untuk itu, kita sebagai pengguna juga harus bisa jago dalam urusan menyaring mana yang baik atau buruk.

Jangan sampai dengan memanfaatkan teknologi internet yang sembarangan menjadi pemicu negatif untuk dirimu sendiri dan merugikan kamu baik secara materi atau non-materi. Terus berhati-hati yah, canggih boleh ceroboh jangan dong!

Baca Juga: Tips Ampuh agar Resolusi 2021 Kamu Jadi Nyata, Dijamin Bukan Kaleng-kaleng