Jangan Panik, Begini Cara Tepat Mengatasi HP yang Disadap

Penyadapan HP merupakan suatu tindakan kriminal yang kerap terjadi di era serba digital seperti saat ini dan jadi momok yang cukup meresahkan. Bagaimana tidak, hampir setiap orang begitu mengandalkan smartphone yang dimiliki untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari, berkomunikasi, melakukan transaksi perbankan, hingga berbelanja online

Ada banyak sekali oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penyadapan hanya untuk meraup keuntungan pribadi. Tentu saja, tindakan semacam itu sangat merugikan bagi para korbannya. Oleh sebab itu, sebagai bentuk upaya mawas diri, maka penting untuk tahu bagaimana langkah tepat mengatasi HP yang disadap demi menghindari berbagai hal yang tak diinginkan di masa mendatang.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus di HP dan Laptop

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Tepat Mengatasi HP yang Disadap 

loader

Cara Tepat Mengatasi HP yang Disadap

HP yang disadap bisa mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi pemiliknya, mulai dari masalah kebocoran data pribadi hingga impersonate atau berpura-pura menjadi pemilik HP tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang mengalami penyadapan oleh oknum tidak bertanggung jawab, seperti:

1. Mendeteksi Upaya Penyadapan Melalui Kode *#21#

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat ponsel yang digunakan sedang disadap atau tidak adalah dengan langsung memeriksanya. Ada beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek langsung, yaitu *#21#. Melalui kode USSD tersebut, pengguna bisa mengetahui dengan cepat apakah terjadi penyadapan ponsel ataukah tidak. 

Selain dengan kode di atas, ada kode lain yang juga bisa digunakan, yakni kode *#06#. Cukup masuk ke menu panggilan (phone), lalu ketik kode tersebut lalu tekan panggil atau klik ikon telepon. Beberapa saat kemudian akan muncul pemberitahuan tentang ponsel tersebut.

2. Mengatasi HP yang Disadap dengan Menggunakan Kode #002#

Selain menggunakan kode USSD yang telah dijelaskan sebelumnya, disarankan juga untuk menggunakan kode rahasia lain yaitu, #002#. Cukup tekan kombinasi angka dan simbol tersebut di menu panggilan telepon, lalu tekan panggil.

Diketahui, kode tersebut berperan untuk menonaktifkan segala bentuk pengalihan panggilan pada ponsel yang kamu gunakan. Dengan kata lain, kode ini bisa digunakan untuk menghentikan aksi penyadapan yang dilakukan oknum tidak dikenal. 

3. Perhatikan Penggunaan Aplikasi VPN yang Terpasang pada HP

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi aksi penyadapan pada HP yang digunakan adalah dengan memerhatikan penggunaan aplikasi VPN yang terpasang pada perangkat tersebut. Perlu diketahui, bahwa VPN memiliki kemampuan untuk mengenkripsi seluruh jaringan internet pada ponsel. 

Hal ini kemudian memperbesar kemungkinan pengambilalihan data-data yang ada di dalamnya. Bukan hanya sekadar disadap, bahkan seluruh informasi yang terdapat di dalam perangkat HP tersebut cenderung lebih berisiko mengalami peretasan dan pencurian data pribadi pengguna. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya penyadapan pada perangkat HP pribadi yang digunakan, coba perhatikan lagi penggunaan aplikasi VPN selama ini. Alangkah baiknya, jika bisa lebih cermat lagi saat menggunakan aplikasi tersebut disesuaikan untuk kebutuhan yang memang penting saja. 

4. Factory Reset Adalah Solusi Terbaik untuk Mengatasi HP yang Disadap

Pilihan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah perangkat HP yang mengalami penyadapan adalah dengan melakukan reset pabrik atau factory reset. Sesuai dengan namanya, langkah ini memaksa kamu untuk mereset ulang perangkat agar kembali seperti perangkat awal ketika baru membelinya dari konter hp. Atau mengembalikan semua pengaturan yang sudah dilakukan menjadi pengaturan pabrikan. 

Langkah yang satu ini dipercaya mampu mengatasi tindak penyadapan pada HP dengan cukup ampuh. Karena langkah factory reset ini akan menghapus segala bentuk data sekaligus aplikasi yang terinstall dalam perangkat yang digunakan. Terutama menghapus aplikasi rahasia yang tersembunyi di dalam perangkat tersebut. 

Perlu diketahui, sebagian besar aplikasi untuk menyadap HP dibuat dengan kecanggihan tertentu. Bahkan, di antaranya tidak bisa dideteksi dengan cara yang mudah. Oleh sebab itulah, satu-satunya cara paling praktis dan tepat untuk mengatasi permasalahan penyadapan tersebut adalah dengan menghapus semua pengaturan sekaligus data yang tersimpan pada HP ke pengaturan pabrik.

5. Menghubungi Call Center Sesuai Operator yang Digunakan pada HP

Bisa dibilang, cara untuk mengatasi HP yang disadap satu ini adalah cara paling mudah dan anti repot daripada cara sebelumnya. Pasalnya, pengguna hanya perlu menghubungi layanan call center sesuai provider atau operator seluler yang digunakan. 

Namun, tetap perlu untuk selalu berhati-hati saat menghubungi layanan tersebut. Sebab, tak sedikit pula tindak penipuan yang mengatasnamakan call center perusahaan provider tertentu. Sehingga mereka lebih leluasa menipu korbannya dengan iming-iming penyelesaian masalah terkait.

Bukan mendapat penyelesaian masalah atas penyadapan yang terjadi, kamu malah justru tertipu dan jadi korban tindak kriminal lainnya. Jika sudah begitu, kamu harus melakukan upaya lebih supaya tidak mengalami kerugian yang lebih fatal di kemudian hari. 

Artinya, jika kamu memang tidak ingin mengalami kerugian yang lebih fatal dalam bentuk apa pun terkait penipuan yang dilakukan dengan penyadapan HP ini, maka jadilah pribadi yang ekstra hati-hati terhadap situasi dan masalah apa pun. Terlebih soal penggunaan ponsel.

Baca Juga: Cara Telusuri HP Hilang, Jangan Dulu Panik!

Selalu Waspada, Karena Tindak Penipuan Bisa Datang Kapan Saja

Tahukah kamu, bukan hanya perangkat ponsel atau gadget lain saja yang bisa dilakukan penyadapan secara keseluruhan. Para oknum kriminal tak bertanggung jawab ini juga mampu menyadap perangkat pribadi tersebut melalui beberapa aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Salah satunya adalah aplikasi untuk saling berkirim pesan, seperti misalnya WhatsApp. 

Ada banyak isu yang beredar, bahwa tak sedikit orang mampu menyadap isi percakapan WhatsApp atau pengiriman file APK. Bahkan, sejumlah penipuan yang dilakukan secara masif terjadi pada aplikasi satu ini. Jadi, ada baiknya jika kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan segala jenis aplikasi yang terpasang di HP. 

Semoga cara untuk mengatasi HP yang disadap tadi bisa membantu kamu terbebas dari incaran para pelaku kejahatan cyber yang memang sedang marak terjadi saat ini. Penyadapan adalah tindakan ilegal karena merenggut setiap hak asasi manusia. Sebab, tindakan kriminal ini bertujuan untuk sekadar mendapat keuntungan pribadi di atas kerugian yang diderita oleh orang lain.

Baca Juga: Modus Penipuan KTA yang Wajib Diwaspadai